Penerapan Model Blended Learning Berbantuan Aplikasi Koco Schools untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Maksi Miliani Ndelos, Elsa Komala, Erma Monariska

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model blended learning berbantuan aplikasi Koco Schools lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran biasa serta untuk mengetahui respon siswa terhadap model blended learning berbantuan aplikasi Koco Schools. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan Control Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Mardi Yuana Cianjur. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas Vlll A sebagai kelas eksperimen dan kelas Vlll B sebagai kelas kontrol yang dipilih secara purposive, dengan pertimbangan bahwa materi yang digunakan ada di kelas Vlll, dan siswa bersifat homogen. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap model blended learning berbantuan aplikasi Koco Schools. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif berupa hasil soal tes menggunakan uji mann whitney dan dikategorikan, sedangkan untuk  data angket yang diperoleh dan ditabulasi lalu diinterpretasi dalam kalimat berdasarkan jumlah persentase jawaban positif siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model Blended Learning berbantuan aplikasi Koco Schools lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa, dan berada pada kategori sedang sebesar 0,133. Respon siswa pada pembelajaran matematika dengan model Blended Learning berbantuan aplikasi Koco Schools adalah hampir seluruhnya positif sebesar 82%.


Keywords


aplikasi koco schools; blended learning; kemampuan pemecahan masalah matematis

References


Anggraini, N., Suana, W., & Sesunan, F. (2020). Pengaruh Penerapan Blended Learning pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 22–36.

Darma, I K., Karma, I G. M., & Santiana, I M., A. (2020). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 3, 527-539

Darmawan. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak dan Perpindahan. GEOGRAPHY Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–18.

Dewi, N. S., Sugiarta, M., & Suharta, I. P. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Sawan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Portofolio. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(1), 61-70.

Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Harefa, D & Laia, H.T . (2021). Media Pembelajaran Audio Video

Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 329-338

Hidayah, N. (2020). Efektifitas Blended Learning dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pencerahan, 14(1), 1-15

Inayah, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Kuantum untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Multipel Matematis Siswa. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-16

Indriani, T. M., Fathoni, T., & Riyana, C. (2018). Implementasi Blended Learning dalam Program Pendidikan Jarak Jauh pada Jenjang Pendidikan Menengah Kejuruan. Educational Technologia, 2(2), 129-139.

Isrokatun, I., Hanifah, N., Maulana, M., & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning. UPI Sumedang Press.

Komala, E., & Monariska, E. (2023). Mathematics Content Knowledge Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 419-424.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Lestari, H. (2020). Literasi sains siswa melalui penerapan model pembelajaran blended learning dengan blog. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 597-604.

Lismawati, L., Ermawati, I. R., Nazmia, M. R., & Adilah, F. (2023). Pelatihan Aplikasi KOCO. SCHOOLS Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di SMA Muhammadiyah 25 Pamulang. Jurnal Indonesia Mengabdi, 5(1), 1-6.

Maskar, S., & Wulantina, E. (2019). Presepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Inomatika, 1(2), 110-121.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nindi, T. A. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Schoology Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Smk (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Ningrum, E. C., & Prastowo, A. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning Melalui Aplikasi Whatsapp Dapat Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Jombang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 807-821.

Nurizni, F. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Concept Siswa Sma Melalui Modl Blended Learning Berbantuan Google Classroom (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

OECD. (2018). Programme for International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2018.

Pamungkas, I. A., & Dwiyogo, W.D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning untuk Aktivitas Kesegaran Jasmani Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruhan. Sport Science and Health, 2(5), 272-278.

Pratiwi, R & Musdi, E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 10(1), 85-91.

Purwitasari, D. ., Astawa, I. W. ., & Sudiarta, I. G. (2019). Penerapan Blended Learning Berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii a1 Smp Negeri 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 50–59.

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187-202.

Rismawati, R., & Komala, E. (2018). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 129-136.

Santi, A. (2022). Analisis Penerapan Blended Learning Pada Mata Kuliah Ekonomi Pembangunan Di Era New Normal. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 6(2), 65-78.

Saragih, N. R., Manurung, S., & Purba, Y. O. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning menggunakan Google Classroom terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 1248-1259.

Sari, L. I., Bintoro, H. S., & Purwaningrum, J. P. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Knisley Berbantuan Media Jing-jing Bar. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 1-6.

Septiyan, I., Anriani, N., & Hendrayana, A. (2019). Perbandingan Model Discovery Learning dan Blended Learning Terhadap Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(2), 75-93.

Wirahadie. (2022). Koco Schools LMS terlengkap Buat Bantu Kegiatan Belajar Guru dan Siswa. Diakses dari https://wirahadie.com/koco-schools/.

Yusuf, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Google Classroom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah matematis Siswa SMP. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.