MENGAKSES DAN MEMONITOR KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Nia Kurniawati

Abstract


Pengembangan kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu fokus dalam pembelajaran matematika. Melalui pembelajaran matematika, siswa diharapkan memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang sikap dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas V SD Negeri Jambudipa I dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif ini dipilih karena, lebih sensitif dan adaftif terhadap peran dan pengaruh yang ditimbulkan, disamping itu peneliti mencoba menggali, mengeksplorasi, menggambarkan serta mengembangkan bagaimana pengetahuan itu dibentuk maka peneliti menggunakan penelitian kualitatif, dengan metode Grounded Theory. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Jambudipa I, yang terletak di komplek Lapang Jagaraksa Desa Jambudipa Kecamatan warungkondang Kabupaten Cianjur. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian dua orang tenaga pengajar (guru kelas V) dan siswa. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A dengan jumlah siswa 35 orang, terdiri dari 15 laki –laki dan 20 perempuan.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dari perencanaan pembelajaran guru sudah terbiasa membuatnya, untuk menggungkap kemampuan berpikir kreatif matematis guru mengunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) juga menngunakan berbagai alat peraga yang diharapkan mampu menjembatani kemunculan berpikir kreatif matematis. Adapun indikator dari berpikir kreatif matematis adalah; kemapuan berpikir lancar, kemampuan berpikir luwes, kemampuan berpikir orisinal, kemampuan merinci dan kemampuan mengevaluasi. Dalam kegiatan pembelajaran siswa terlihat antusias, dan senang ketika mengikuti pelajaran, ini dikarnakan cara mengajar guru yang berbeda dengan hari-hari sebelumnya / konvensional.

 

Kata Kunci: pembelajaran, pendidikan, berpikir kreatif matematis


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2006). Kerangka Dasar dan Struktural Kurikulum Tingkat Sekolah Dasar/Marasah Ibtidaiyah. Jakarta: Media Pustaka.

Pehnoken, E. (1997). The State-of-Art in Mathematical Creativity. Zentralblatt für Didaktik der Mathematik (ZDM)–The International Journal on Mathematics Education. [Online] Tersedia:http://www.emis.de/journals/ZDM/zdm 973a1.pdf. [13 Desember 2011]

Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. Zentralblatt für Didaktik der Mathematik (ZDM) – The International Journal on Mathematics Education. [Online]. Tersedia di: http://www.emis.dejournals/ZDM/zdm973a3.pdf. ISSN 1615-679X. [15 Januari 2011].

Worthington, M. (2006). Creativity Meets Mathematics. [Online] Tersedia: http://www.childrens-mathematics.net/creativity_meets_mathematics.pdf. [15 Desember 2011].




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.