Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Aplikasi Maple dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Melinda Yusri Rizki, Dian Fitra, Agung Tralisno

Abstract


Kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam mempelajari integral menjadi latarbelakang dilakukannya penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Selain itu, penggunaan aplikasi dalam proses pembelajaran juga dapat mengatasi beberapa masalah yang dihadapi mahasiswa. Untuk itu dalam penelitian ini digunakan pula aplikasi Maple. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kemampuan pemecahan masalah setelah dilakukannya proses perkuliahan menggunakan model problem based learning dan aplikasi Maple. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini akan mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemecahan masalah mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model problem based learning dan aplikasi Maple. Penelitian ini dilakukan pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Adiwangsa Jambi semester 2. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik tes dan wawancara. Selanjutnya dalam menganalisis data dilakukan berdasarkan tahapan 1) melakukan reduksi data, 2) melakukan penyajian data, 3) melakukan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah mahasiswa mengalami peningkatan. Walaupun demikian, masih terdapat kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam memanfaatkan aplikasi Maple. Kesulitan yang dihadapi mahasiswa adalah kesulitan dalam menerjemahkan fungsi yang diberikan menjadi bentuk fungsi yang dapat dipahami dan diproses oleh aplikasi Maple.


Keywords


aplikasi maple; integral; kemampuan pemecahan masalah; problem based learning

References


Anisa, J., Sayidiman, & N, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Penisi: Journal of Teacher Professional, 1(3), 244–252.

Auliya, A. ., & Siswono, T. Y. . (2021). Pengaruh Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Aplikasi Maple untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 10–18.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40–47.

Fitriana, R., Rinaldi, A., & Suherman, S. (2021). Geogebra pada Aplikasi Sigil sebagai Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika. PRISMA, 10(1), 106–120. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1118

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118.

Hidayati, T. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus Mahasiswa Teknik Informatika. Prosiding Seminar Nasional Informatika Dan Sistem Informatika, 175–178.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The Effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Pakpahan, S. ., & Sapta, A. (2020). Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Maple Terhadap Hasil Belajar Fungsi Invers. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 174–181.

Paradesa, R., & Ningsih, Y. (2017). Pembelajaran Matematika Berbantuan Maple pada Mata Kuliah Kalkulus Integral terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 70–81.

Puspitasari, N., & Hardjono, N. (2019). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD kelas 4 melalui Model Problem Based Learning. MAJU, 6(1), 32–46.

Ramdhani, V. (2021). Penggunaan Software Maple pada Pembelajaran Persamaan Diferensial Biasa. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70–80.

Samaray, S. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Kalkulus Mahasiswa Teknik Informatika Selama Perkuliahan Online. Prosiding Seminar Nasional CORISINDO, 435–441.

Saparwadi, L., & Yuwono, T. (2019). Pembelajaran Kalkulus Berbantuan Software Maple: Studi Perbedaan Hasil Kerja Mahasiswa dengan Menggunakan Maple dan Tanpa Menggunakan Maple. Jurnal Elemen, 5(1), 23–30.

Septian, A. (2022). Student’s Mathematical Connection Ability through Geogebra Assisted Project-Based Learning Model. Jurnal Elemen, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4323

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Geogebra in Integral Areas to Improve Mathematical Representation Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1), 012035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. PRISMA, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438

Septian, A., Suwarman, R. F., Monariska, E., & Sugiarni, R. (2020). Somatic , Auditory , Visualization , Intellectually Learning Assisted by Geogebra to Improve Student’s Mathematical Representation Skills. Journal of Physics : Conference Series, 1657(1), 012023. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012023

Setiani, A., Lukman, H. S., & Suningsih, S. (2020). Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. PRISMA, 9(2), 128–135. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.958

Setyaningsih, V. P., & Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus. PRISMA, 11(1), 10-21. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2048

Sumargiyani, B., & Nafi’ah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Diferensial. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 3, 591–599.

Sumartini, T. . (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.

Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. TECNOSCIENZA, 2(1), 43–52.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.