Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Kelas X ditinjau dari Gender

Epriliana Nur Laily, Alpha Galih Adirakasiwi, Iyan Rosita Dewi Nur

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial berdasarkan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Kelas X di salah satu sekolah yang berada di Kabupaten Sukabumi. Pemilihan subjek menggunakan purposive sampling, subjek penelitian dipilih berdasarkan gender dan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Metode pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu penjodohan pola dan eksplanasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan gender terdapat perbedaan. Siswa perempuan telah mampu menuntaskan setiap indikator kemampuan pemahaman konsep matematis karena cenderung mampu memahami soal serta mampu memberikan informasi dan mampu menyusun rencana penyelesaian soal, sedangkan siswa laki-laki hanya mampu menuntaskan dua dari empat indikator yang digunakan karena cenderung mampu memahami soal akan tetapi kurang teliti dan kurang mampu menjelaskan lebih rinci dalam menentukan metode penyelesaian soal.

Keywords


analisis; gender; kemampuan pemahaman konsep

References


Afrizal, M. A. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Diah P. 2021. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau Dari Gender. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN): Batusangkar.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32-44.http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073

Khairunnisa, N. C., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV Pada Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2814/1893.

Khasanah, M., Utami, R. E., & Rasiman, R. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Berdasarkan Gender. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(5), 347-354. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6517

Mardhita, S. A., Faradiba, S. S., & Hasna, S. N. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 4 Payung Berdasarkan Gender dan Hasil Belajar pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 16(19), 58-63.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8-18.

Nurfadila, D., Setiani, Y., & Hadi, C. A. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Perspektif Gender. Jurnal Educatio, 8(4) , 1434-1443.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, 346

Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171-176.https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7521

Setiani, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2286- 2297.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Syaifar, M. H., Maimunah, & Roza, Y. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 519-532.

Utami, C., & Anitra, R. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Gender pada Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan Alat Peraga PANDU. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 6(3), 475-489. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2872

Wulandari, T., & Hidayati, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri Karawang Barat dalam Menyelesaikan Soal Cerita dengan Materi Aritmatika Sosial. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika , 1078-1087.

Yeti J. L. 2022. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure Of Observed Learning Outcome). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Tadris. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno: Bengkulu.

Yin, R. K. (2015). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.