IMPLEMENTASI PILAR-PILAR BUDAYA CIANJUR DALAM PEMBELAJARAN MULTILITERASI MATEMATIS BERBANTUAN TEKNOLOGI SMARTPHONE (GEOGEBRA VERSI ANDROID) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISWA SEKOLAH KEJURUAN

Gustaf Carel, Rani Sugiarni, Egi Alghifari, Harum Yastrib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Implementasi Pilar Budaya Cianjur dalam Pembelajaran Multiliterasi Matematis Berbatuan Teknologi Smartphone Menggunakan Aplikasi Geogebra Versi Android  Untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Matematis Sekolah Kejuruan. Desain yang digunakan The Static-Group Pretest-Posttest Design. Untuk kelas eksperimen diberikan perlakuan yaitu dengan pembelajaran multiliterasi berbantuan geogebra versi android, dan kelas kontrol mendapatkan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah kelas X OTKP SMK Al Madina Cianjur dengan sampel 30 siswa kemudian dibagi kedalam 2 kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dlakukan dengan instrumen tes dan angket. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji keamaan/perbedaan dua rata-rata, dan presentase nilai sikap. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan HOTS siswa  dengan pembelajaran multiliterasi matematis lebih baik dari pembelajaran konvensional. Dan sikap siswa positif akan adanya pembelajaran dengan mengimplementasikan pilar-pilar budaya cianjur.

Kata Kunci : Pembelajaran Multiliterasi, Kemampuan HOTS, Teknologi Smartphone.


Full Text:

PDF

References


Abidin Yunus, Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). PEMBELAJARAN LITERASI Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi; Sebuah Jawaban Atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: PT Refika Aditama.

Budiman , A., & Jailani. (2014). Pengembangan Instrumen Assesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VII Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 142.

Budiman , H., & Ramdhani , S. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SMA BERBASIS GEOGEBRA VERSI ANDROID. Jurnal Sciences, 75.

Chuzaimah, Mabruroh, & Dhian, F. N. (2010). Smartphone : Antara Kebutuhan dan E-Lifestyle. Telematika, 316.

Laiily, N. R., & Wisudawati, A. W. (2015). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 28.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Noornia , A., Hadiyan W, A., & Hadi , I. (2015). Mengembangkan Kemampuan Guru Matematika Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Dengan Bantuan Software Geogebra Di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Sarwahita, 104.

Russfendi, E. T. (2002). Dasar-Dasar Matematika Modern dan Komputer untuk Guru. Bandung: Tarsito.

Supriady, D. (2017, July 7). Implementasi 7 Pilar Budaya Cianjur. Retrieved from Dravide.com: http://www.dravide.com




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.342

Refbacks



Copyright (c) 2018 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.