Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustina, T. B., & Sumartini, T. S. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model STAD dan TPS. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 315–326.
Akhmad, F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan RIngan. Jurnal Pendidikan Vokalis Otomotif, 2(2), 35–48.
Annajmi, A., & Afri, L. E. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 95–106.
Arcat, & Subchan, A. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap Kemampuan Representasi matematis Siswa kelas VIII SMPN 2 Tambusai Utara. Jurnal BSIS, 2(1), 104–112.
Asri, E. W., Rinaldi, A., Putra, R. W. Y., Leni, N., & Sodiq, A. (2021). Efektivitas Model Reciprocal Teaching dengan Heuristik-KR: Pengaruh Terhadap Kemampuan Representasi dan Self Confidence. PRISMA, 10(2), 182. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1542
Budiwibowo, S. (2018). Manajemen Pendidikan. Andi.
Dewi, A., & Syahputra, E. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik di MTS Swasta Cerdas Murni Tembung. Jurnal Karismatika, 5(3), 30–40.
Fathurrohman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
Femisha, A., & Madio, S. S. (2021). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran CTL dan BBL. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 97–112.
Fincham, E., Gasevi, D., Jovanovic, J., & Pardo, A. (2019). From Study Tactics to Learning Strategies: An Analytical Method for Extracting Interpretable Representations. IEEE Transaction On Learning Technologies, 12(1), 59–72.
Fitriana, D. A., & Supahar, S. (2019). Developing an Assessment Instrument of Mathematical Problem-Solving Skills in Senior High School. International Journal of Trends Mathematics Education Research, 2(3), 138–141.
Kresma, E. N. (2014). Perbandingan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Titik Jenuh Siswa Maupun Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. . Educatio Vitae, 1(1), 17–28.
Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education , 3(2), 1–10.
Maryati, I., & Suryaningsih, F. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri. PRISMA, 10(2), 244–254. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1308
Moleko, Matshidiso, M., & Mogege, M. (2021). Flexible Teaching of Mathematics Word Problems through Multiple Means of Representation. Journal of the Association for Mathematics Education of South Africa, 2(2), 1–10.
Netti, S., Khairul, K., & Amelia, P. (2019). Student’s Mathematical Communication Skill Based on The Assimilation and Accommodation Framework. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(3), 133–1137.
Rahmayanti, I., & Maryati. I. (2021). Kesalahan Siswa SMP pada Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Tahapan Teori Newman. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 61–70.
Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Geogebra in Integral Areas to Improve Mathematical Representation Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613, 012035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035
Septian, A., & Soeleman, M. (2022). Asosiasi Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi dan Koneksi Matematis pada Kalkulus Integral. PRISMA, 11(1), 71-81. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2074
Sugandi, A. I. (2018). Penerapan Pendekatan Problem Posing terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP. Jurnal PRISMA, 7(1), 38–52.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234.
Suryadi, G., & Simanjuntak, H. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di MTs Hifzil Quran Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8082–8100.
Suryana, Y. R., & Somadi, T. J. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(2), 133–145.
Sutarsa, D. A., & Puspitasari, N. (2021). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa antara Model Pembelajaran GI dan PBL. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 169–182.
Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344–350.
Trianto. (2018). Model-mode Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrukvistik . Prestasi Pustaka.
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4(1), 17–23.
Yusriyah, Y., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Penyajian Data di Desa Bungbulang. 1(1).
DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3393
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 PRISMA
Prisma Indexing :Â
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.