Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Fira Roziaturizkoh, Yanti Mulyanti, Ana Setiani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Palabuhanratu pada bulan Mei tahun 2023. penelitian ini mempergunakan metode eksperimen kelompok kontrol post-test only. Populasi yang digunakan pada penelitian yang dilaksanakan ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII yang terdaftar di SMP Negeri 1 Palabuhanratu. Sampel yang dipergunakan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode random sampling, dan ditentukan bahwa yang akan menjadi sampel penelitian adalah kelas VII-K kelas eksperimen yang berjumlah 29 siswa, sedangkan kelas kontrol kelas VII-I berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test, dimana data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes. Dalam analisis data, maka ada beberapa analisis data yang digunakan, yaitu analisis deskriptif dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, maka hipotesis nol (H0) ditolak yang Ha diterima, artinya pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan representasi matematis siswa.

Keywords


kemampuan representasi matematis; student team achievement division (STAD); konvensional

References


Agustina, T. B., & Sumartini, T. S. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model STAD dan TPS. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 315–326.

Akhmad, F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan RIngan. Jurnal Pendidikan Vokalis Otomotif, 2(2), 35–48.

Annajmi, A., & Afri, L. E. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 95–106.

Arcat, & Subchan, A. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap Kemampuan Representasi matematis Siswa kelas VIII SMPN 2 Tambusai Utara. Jurnal BSIS, 2(1), 104–112.

Asri, E. W., Rinaldi, A., Putra, R. W. Y., Leni, N., & Sodiq, A. (2021). Efektivitas Model Reciprocal Teaching dengan Heuristik-KR: Pengaruh Terhadap Kemampuan Representasi dan Self Confidence. PRISMA, 10(2), 182. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1542

Budiwibowo, S. (2018). Manajemen Pendidikan. Andi.

Dewi, A., & Syahputra, E. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik di MTS Swasta Cerdas Murni Tembung. Jurnal Karismatika, 5(3), 30–40.

Fathurrohman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.

Femisha, A., & Madio, S. S. (2021). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran CTL dan BBL. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 97–112.

Fincham, E., Gasevi, D., Jovanovic, J., & Pardo, A. (2019). From Study Tactics to Learning Strategies: An Analytical Method for Extracting Interpretable Representations. IEEE Transaction On Learning Technologies, 12(1), 59–72.

Fitriana, D. A., & Supahar, S. (2019). Developing an Assessment Instrument of Mathematical Problem-Solving Skills in Senior High School. International Journal of Trends Mathematics Education Research, 2(3), 138–141.

Kresma, E. N. (2014). Perbandingan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Titik Jenuh Siswa Maupun Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. . Educatio Vitae, 1(1), 17–28.

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education , 3(2), 1–10.

Maryati, I., & Suryaningsih, F. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri. PRISMA, 10(2), 244–254. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1308

Moleko, Matshidiso, M., & Mogege, M. (2021). Flexible Teaching of Mathematics Word Problems through Multiple Means of Representation. Journal of the Association for Mathematics Education of South Africa, 2(2), 1–10.

Netti, S., Khairul, K., & Amelia, P. (2019). Student’s Mathematical Communication Skill Based on The Assimilation and Accommodation Framework. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(3), 133–1137.

Rahmayanti, I., & Maryati. I. (2021). Kesalahan Siswa SMP pada Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Tahapan Teori Newman. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 61–70.

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Geogebra in Integral Areas to Improve Mathematical Representation Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613, 012035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035

Septian, A., & Soeleman, M. (2022). Asosiasi Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi dan Koneksi Matematis pada Kalkulus Integral. PRISMA, 11(1), 71-81. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2074

Sugandi, A. I. (2018). Penerapan Pendekatan Problem Posing terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP. Jurnal PRISMA, 7(1), 38–52.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234.

Suryadi, G., & Simanjuntak, H. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di MTs Hifzil Quran Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8082–8100.

Suryana, Y. R., & Somadi, T. J. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(2), 133–145.

Sutarsa, D. A., & Puspitasari, N. (2021). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa antara Model Pembelajaran GI dan PBL. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 169–182.

Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344–350.

Trianto. (2018). Model-mode Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrukvistik . Prestasi Pustaka.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4(1), 17–23.

Yusriyah, Y., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Penyajian Data di Desa Bungbulang. 1(1).




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.