Pengaruh Model PjBL Berbasis TPACK dan Gaya Kognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Titin Rezeki Saputri, Kamid Kamid, Mujahidawati Mujahidawati

Abstract


Saat membuat rencana pelajaran, guru harus mempertimbangkan kemampuan pemecahan masalah siswa, metode pengajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa, serta gaya belajar siswa. Pembelajaran melalui Project Based Learning (PjBL) berbasis TPACK dengan mempertimbangkan gaya kognitif siswa merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran PjBL berbasis TPACK dan gaya kognitif mempengaruhi kemampuan siswa MTs Nurul Falah Kota Jambi dalam menyelesaikan masalah dengan materi Pola Barisan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan faktorial . Teknik Simple Random Sampling digunakan untuk proses pengambilan sampel. Instrumen yang digunakan adalah 18 soal Group Embedded Figure Test (GEFT) dan 10 soal Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan variansi (ANAVA) dua jalur. Berdasarkan temuan penelitian, terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL berbasis TPACK dan gaya kognitif terhadap kemampuan siswa MTs Nurul Falah Kota Jambi dalam menyelesaikan masalah dengan materi Pola Barisan dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05.


Keywords


gaya kognitif; kemampuan pemecahan masalah; PjBL; TPACK

References


Anwar. (2015). Efektifitas Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa Materi Tiga Dimensi. Masters, Universitas Terbuka.

Chikmawati, M. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Berdasarkan Gaya Kognitif Field Dependent-Field Independent Se-Kecamatan Cerme [PhD Thesis]. [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Depdiknas. (2006). kurikulum standar kompetensi matematika sekolah menangah atas dan madrasah aliyah.

Dewi. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran. Volume 2 Nomor 1 April 2018 Hal 44-52.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2008). Introducing technological

pedagogical content knowledge. Annual Meeting of the American Educational Research Association, 1–16.

Purwandari, E. P. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pengolahan Citra Digital pada Program Studi Teknik Informatika menggunakan Model Project Based Learning. Jurnal Rekursif, 2(1), 53–62.

Ranesa, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA. Vol. 2, No. 3: 214-224.

Trianto. (2014). Penentuan Peminatan Peserta Didik Menggunakan Metode Ahp-Topsis (Studi Kasus Sma Negeri 6 Semarang). Skripsi, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Udiyono, U., & Yuwono, M. R. (2018). The correlation between cognitive style and students’learning achievement on geometry subject. Infinity Journal, 7(1), 35–44.

Wena. (2011). Strategi pembelajaran Inovatif Kotemporer: Suatu Tinjauan konseptual Operasional. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.