Analisis Pemahaman Konseptual Perta Didik Ditinjau dari Perbedaan Gender

Deddy Nugroho, Aripin Aripin

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pemahaman konseptual ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode think aloud. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian meliputi tes pemahaman konseptual dan wawancara tidak terstruktur. Sumber data dari penelitian ini adalah 6 subjek terdiri dari 3 laki-laki dan 3 perempuan yang dipilih dari peserta didik SMA Negeri 1 Sidareja Kabupaten Cilacap. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan pemahaman konseptual antara laki-laki dan perempuan dengan perempuan lebih unggul dalam penguasaan indikator. Hasil penelitian meliputi: (1) Pemahaman konseptual peserta didik subjek laki-laki menguasai dua indikator dari lima indikator pemahaman konseptual. (2) Pemahaman konseptual peserta didik subjek perempuan menguasai tiga indikator dari lima indikator pemahaman konseptual.

Keywords


pemahaman konseptual; perbedaan gender

References


Alsades, Riska. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika di Madrasah Tsanawiyah. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA S1FUDDIN: Program Studi Tadris Matematika.

Andamon, Jocelyn C. & Tan, Denis A. (2018). Pemahaman konseptual, Attitude And Performance In Mathematics Of Grade 7 Students. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH VOLUME 7, ISSUE 8, AUGUST 2018.

Andayani, Y dkk. (2018). Analysis of The Level of Pemahaman konseptual. Journal of Physics: Conf. Series 1095 (2018) 012045.

Arikunto, Suharsimi. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Oendidikan (Edisi 3). Jakarta. Indonesia: PT. Bumi Aksara.

Asfar, AMIT & Asfar, AMIA. Case Based Games Learning Strategis to Improve Conseptual Understanding in Mathematics. Jurnal of physics: Confreance Series 1663(2020) 012060.

Bendriyanti, Rita P. dkk. (2021). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Kul1tas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan : Volume 6, Nomor 2, September 2021 E-ISSN:2527-6891.

Cicek, Seyma. (2017). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Pendekatan Visualisasi. UIN Syarif Hidayatullah: Pendidikan Matematika.

Claudia, Lidya F.(2018). Pemahaman konseptualdan Ketrampilan Prosedural Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Media Flash Player pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Simki-Techs1n Vol. 02 No. 07 Tahun 2018 ISSN : 2599-3011.

Fathiyah. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Kelas X Pokok Bahasan Bilangan Berpangkat (Eksponen) Ditinjau dari Perbedaan Gender Di SMA N 1 Banguntapan Bantul. Universitas Islam Negeri Yogyakarta: Pendidikan Matematika.

Mahendra, I Wayan E. & Purwati, Ni Kadek R. (2019). Factor Analysis at Item Tes Pemahaman Konseptualof Numerical Method. Jurnal: JPI, Vol 8 No. 1.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (cetakan ke-36). Bandung, Indonesia : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyawati, Kowiyah. (2019). Pemahaman konseptualdan Analisis Representasi Matematis Pendidikan Matematika Realistik Berdasarkan Tipe Kepribadian. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 10, No. 2, 2019, Hal 201 – 210.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi 3). Bandung, Indonesia : Alfabeta.

Utami, Hanifah P. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa Kelas VIII MTs Darul Ulum Suruh pada Materi Pola Bilangan. I1N Salatiga: Pendidikan Matematika.

Ummah, Dewi M. dkk. (2020). 15 Warna Psikologi Untuk Moloku Kie Raha.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.