Eksperimentasi Model Pembelajaran SSCS Dengan Pendekatan Metafora Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP

Arsy Shanhita Insani, Ana Setiani, Aritsya Imswatama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa  yang menggunakan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) dengan pendekatan Metafora, model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) dan model pembelajaran konvensional 5M (Mengamati, Menanya, Menalar, Mencoba, Mengasosiasi, dan Mengkomunikasikan) Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII SMPN 1 Cisaat yang berjumlah 97 siswa  dengan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa tiga butir soal kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi Bangun Ruang Sisi Datar, lembar observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang menggunakan model Pembelajaran SSCS dengan pendekatan metafora lebih baik dari  siswa yang menggunakan model pembelajaran SSCS serta Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang menggunakan model Pembelajaran SSCS dengan pendekatan metafora lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional 5M kurikulum 2013. 


Keywords


kemampuan pemecahan masalah; model pembelajaran sscs; pendekatan metafora

References


Afriyani. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pola Bilangan Pada Siswa Kelas VIII SMP UNISMUH Makassar. 26(2), 173–180. http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf

Amalia, S. N., Kusdiwelirawan, A., & ... (2019). Pengaruh keterampilan metakognitif melalui metode quantum learning terhadap hasil belajar fisika di SMA. Nasional Fisika (SNF). https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/111

Diyastanti, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan pemecahan masalah dan Self esteem Matematis Siswa Kelas VII Dengan Model Eliciting Activities.

Fitriani. (2020). Penerapan Pembelajaran Metaphorical Thinking pada Siswa SMP. Mega:Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 8–15. https://e-

journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mega/article/view/177

Fransiska, N., Nursit, I., & Khairunnisa, G. F. (2022). Efektivitas Pendekatan Metaphorical Thinking Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Resiliensi Matematis Pada Materi Segiempat Di SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Jp3, vol.17(7).

Hidayah, L. N., Kusumaningsih, W., & Happy, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa. PRISMA, 11(1), 221. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2124

Karima, R., Aniswita, A., & Firmanti, P. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share Di Kelas VIII Putri Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia. JURING (Journal for

Research in Mathematics Learning), 2(3), 265.

https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7746

Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 10(1), 17. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098

Kraeng, Y. F. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 5(1), 72–80. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v5i1.2366

Lai, M. Y. (2013). Constructing meanings of mathematical registers using Metaphorical reasoning and models. Mathematics Teacher Education and Development, 15(1), 29–47. https://www.merga.net.au/documents/MTED_15_1_Lai.pdf

Malik, R. F. (2015). Pendekatan Methaporical Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 7 No 1, 47–55. https://doi.org/10.23969/pjme.v7i1.2702

Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran SSCS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 383–390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.388

Payadnya, I. P. A. A. (2020). Pengaruh Metaphorical Thinking Skills Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(1), 12–19. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i1.191

Rahayu, N. S., & Afriansyah, E. A. (2021). Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17–32. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1023

Rahmat, S. K., & Arham, H. R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik pada Materi Peluang. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1), 27. https://doi.org/10.30983/lattice.v2i1.5542

Sari, M. Y., Rohana, R., & Ningsih, Y. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (Sscs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Negeri 28 Palembang. Jurnal Perspektif Pendidikan, 13(2), 92–102. https://doi.org/10.31540/jpp.v13i2.611

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813

Setiani, A., Lukman, H. S., & Suningsih, S. (2020). Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. PRISMA 9(2), 128. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.958

Setiani, A., Sari, N. M., Lukman, H. S., & Rahmawati, I. (2022). Students ’ Mathematical Problem-Solving Ability in Mobile Learning with Microsoft Kaizala Application. 6(2), 89–100.

Sugiandi, A., Imswatama, A., & Setiani, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di MTs Asshohibiyah. VIII, 72–81. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/1661/988

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yaumil, S. S., Yuhana, Y., & Rafianti, I. (2020). Post Solution Posing dengan Cooperative Tipe Berkirim Salam dan Soal terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 9(1), 77. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.922




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.