Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar

Atik Nur Mawadah, Riky Mandar Sary, Ari Widyaningrum

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi mengenai pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi pecahan siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Sembungharjo 01. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri Sembungharjo 01 dengan jumlah 27 siswa yang terdiri dari dari 12 siswa putra dan 15 siswi putri. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen dalam penelitian ini meliputi angket kemandirian belajar sebanyak 35 skala pernyataan dan tes kemampuan berpikir kreatif materi pecahan sebanyak 4 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis uji regresi linier sederhana dengan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 43,1% sedangkan sisanya 56,9% dipengaruhi oleh faktor lain selain kemandirian belajar.


Keywords


kemandirian belajar; kemampuan berpikir kreatif; pecahan; sekolah dasar

References


Agustiana, I. G. A. T., Agustini, R., Ibrahim, M., & Tika, I. N. (2020). Efektivitas Model OPPEMEI untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Journal of Education Technology, 4(2), 150–160. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25343

Astuti, F. S., Bintang, T. B., Utami, R. V., & Akbar, P. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Matematik Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Journal On Education, 2(3), 297–305. https://doi.org/10.33772/jpbm.v5i2.15749

Atiyah, A., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 103–112. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1920

Badjeber, R. (2020). Kemandirian Belajar Mahasiswa Tadris Matematika Ftik Iain Palu Selama Masa Pembelajaran Daring. Koordinat Jurnal MIPA, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.24239/koordinat.v1i1.1

Hamalik, O. (2022). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta :PT Bumi Aksara.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2021). Hard Skill dan

Soft Skill Matematik Siswa. PT Refika Aditama.

Herawati, A., Zamzaili, & Sumardi, H. (2023). Analisis Pencapaian Level Berpikir Geometri Van Hiele Siswa ditinjau dari Kemandirian Belajar dan Kepercayaan Diri. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 116–125. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14207

Hidayat, M. A., & Sutirna. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 809=817. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1641

Hidayat, M. R. (2022). Peningkatan Kreatifitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Tingkat Dasar melalui Project Learning Berbasis Merdeka Belajar. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(2), 90–102.

Huliatunisa, Y., Wibisana, E., & Hariyani, L. (2019). Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Elementary Education, 1(1), 56–65.

Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388

Khaerunnisa, A., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 84–95.

Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 10(1), 17–29. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 112.

Labibah, N., Damayani, A. T., & Sary, R. M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pecahan Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 208–216.

https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.842

Maratusyolihat, Adillah, N., &, & Ulfah, M. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pelajaran Matematika. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 20(2), 235–248. https://doi.org/10.15408/kordinat.v20i2.21408

Maryati, I., & Suryaningsih, F. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri. PRISMA, 10(2), 244–254. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1308

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Novita, R., & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kratif Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Kemampuan Awal. MAJU, 8(2), 119–129.

Nurhaedah, Atjo, S. E. P., & Meksi. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Nubin Smart Journal, 2(2), 1–15.

Pratiwi, G. D., Supandi, & Harun, L. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Kategori Tinggi. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 78–87.

https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.7184

Pratiwi, I., Amaliyah, A., & Rini, C. P. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di Kelas Iv Mi Al-Kamil Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.43

Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Aanalisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa di SMPN 62 Surabaya. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 242–246.

Rahayu, I. F. R., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 789–798. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.789-798

Septian, A., & Maghfirah, D. (2021). Mathematical Literacy Skills using Google Classroom on Trigonometry. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2515–2525. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4263

Septian, A., & Soeleman, M. (2022). Asosiasi Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi dan Koneksi Matematis pada Kalkulus Integral. PRISMA, 11(1), 71. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2074

Setiawan, E., Jusniani, N., & Sutandi, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. PRISMA, 1(2), 21–30. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.175

Siregar, R. N., Mujib, A., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Increasing Students ’ Creative Thinking Abilities Through. 4(1), 56–62.

Sopiah, E. S., Effendi, A., & Sunaryo, Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ( SPLDV ). 1(2), 1–10.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta: Bandung.

Sumarsih, I., & Muhtar, T. (2022). Best Practice Siswa Kelas 4C Berdasarkan Film Pendek Inspiratif “Kisah Anak Penjual Es Nanas†Berbasis Karakter dan Nilai Profil Pelajar Pancasilaâ€. Jurnal Basicedu, 6(5), 8268–8284. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3221

Susilawati, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 512–525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.244

Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The Ability of Understanding Mathematical Concept and Self-Regulated Learning using Macromedia Flash Professional 8. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012074

Virnanda, A. H., Gani, R. A., & Laihad, G. H. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Pada Peserta Didik Tunarungu. Jurnal Elementary Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 84–89.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.