Systematic Literature Review: Penggunaan Augmented Reality (AR) pada Pembelajaran Matematika

Nurfaidah Nurfaidah, Emi Pujiastuti, Adi Nur Cahyono, Sugiman Sugiman

Abstract


Definisi media pembelajaran itu sendiri adalah suatu alat yang digunakan sebagai perantara antara guru dan siswa pada saat pembelajaran yang memiliki tujuan untuk memberi informasi dan menyalurkan pesan sehingga dapat mencapai pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melakukan kajian literatur tentang media pembelajaran berupa Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini yaitu metode SLR (Systematic Literature Review) yang mengarah untuk mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan artikel-artikel yang relevan. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi semua artikel yang memiliki penelitian serupa pada laporan penelitian ini. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 20 artikel, yang bersumber dari jurnal nasional dan jurnal internasional yang diambil dari database Google Schoolar. Temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran berupa Augmented Reality dapat membentu dan baik diterapkan  pada saat pembelajaran matematika, mampu meningkatkan hasil belajar dan dapat meningkatkan kemampuan matematika siswa.


Keywords


augmented reality; pembelajaran matematika

References


Afifi, F. C., Chrisnawati, H. E., & Kuswardi, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Argo (Augmented Reality Of Geometric Objects) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Negeri 3 Batang. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 5(6), 271-280.

Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59-73.

Billa, R. F. S., & Siregar, T. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 294-302.

Farisi, O. I. R., & Pratamasunu, G. Q. O. (2018). Mobile Augmented Reality sebagai media pembelajaran interaktif jaring-jaring kubus dan balok. NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications), 3(2), 96-104.

Hanan, R. A., Fajar, I., Pramuditya, S. A., & Noto, M. S. (2018). Desain Bahan Ajar Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Bidang Datar. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SNMPM) (Vol. 2, No. 1, pp. 287-299).

Hardiyanti, D., Rosyadi, R., & Mellawaty, M. (2020). Implementasi Augmented Reality (AR) untuk membantu siswa belajar geometri dimasa pandemi di SMPN 1 Sindang. Jurnal Int∑ gral, 11(2), 40-50.

Kartini, K., Sudirman, S., & Lestari, W. D. (2020). Pembelajaran Geometri Berbantuan Aplikasi Mobile Augmented Reality Pada Siswa Ekstrovert Dan Introvert. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 139-156.

Khairunnisa, S., & Aziz, T. A. (2021). Studi Literatur: Digitalisasi Dunia Pendidikan dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 53-62.

Khotimah, K., & Satiti, W. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin (Vol. 2, No. 1, pp. 99-105).

Kustiyowati, K., & Pradana, P. H. (2022). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk SMP/MTS. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 10(2), 141-150.

Larasati, N. I., & Widyasari, N. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality terhadap Peningkatan Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(1), 45-50.

Meilindawati, R., Zainuri, Z., & Hidayah, I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL e-DuMath, 9(1), 55-62.

Nurhaliza, S. M., Mudrikah, A., & Hakim, L. L. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Media Pembelajaran Geometry with Augmented Reality (GO-AR). PRISMA, 11(2), 467-477.

Nurwijaya, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality Terhadap Kemampuan Spasial Siswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 107-116.

Pambudi, K. H. B., Buchori, A., & Aini, A. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(1), 61-69.

Pramuditya, S. A., Pitriayana, S., Subroto, T., & Wafiqoh, R. (2022). Implementation of Augmented Reality-Assisted Learning Media on Three-Dimensional Shapes. Jurnal Elemen, 8(2), 480-493.

Saputri, S., & Sibarani, A. J. (2020). Implementasi Augmented Reality Pada Pembelajaran Matematika Mengenal Bangun Ruang dengan Metode Marked Based Tracking Berbasis Android. Komputika: Jurnal Sistem Komputer, 9(1), 15-24.

Sudirman, S., Kusumah, Y. S., & Martadiputra, B. A. P. (2021). Augmented Reality Blended Learning Instruction: The Impact On Growing Motivation, Attitudes, and Knowledge in 3D Geometry. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(4), 674-683.

Sudrajad, B.Santoso, P. H., Aswiya, T. A., & Ramadhan, A. D.P. (2013). Bubbar (Buku Belajar Berbasis Augmented Reality) sebagai media pembelajaran Kreatif dan Inovatif untuk Mengembangkan Model Belajar Kontruktivisme pada siswa SMA. Diaksesdarihttps://www.scribd.com/document/345806305/BUBBAR-

Buku-Belajar-Berbasis-Augmented-Reality-PKMKC

Suganda, M. S., & Fahmi, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 50-57.

Sungkono, S., Apiati, V., & Santika, S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459-470.

Suwito, A., Astuti, N. I., Sunardi, S., & A’yun, Q. (2023). Implementasi Augmented Reality dalam Pengajaran Mata Pelajaran Matematika di SDN Rambigundam 1. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 223-227.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77.

Waliyansyah, R. R., Handayanto, A., & Setyawan, B. W. (2020). Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar (Barsida) Menggunakan Augmented Reality (AR) Berbasis Android. Journal of Informatics Information System Software Engineering and Applications (INISTA), 3(1), 1-12.

Widiadnyana, P., Wiharta, D. M., & Widyantara, I. M. O. (2021). Penerapan Strategi React Berbantuan Augmented Reality Bangun Ruang terhadap Hasil Belajar Matematika. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(12), 6271-6279.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.