Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Trigonometri Tipe AKM

Evan Dari Kristianto Simarmata, Yenita Roza, Nahor Murani Hutapea

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan literasi numerasi siswa yang masih dalam kategori rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan kesalahan siswa dalam penyelesaian soal trigonometri tipe Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Metode pada penelitian ini adalah metode kualitiatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan subjek siswa kelas 11 SMA. Data dikumpulkan melalui teknik tes. Tes terdiri dari 4 soal trigonometri tipe AKM yang sudah divalidasi dan reliabel. Data hasil pengujian (tes) dianalisis menggunakan analisis data kualitatif. Jawaban siswa dianalisis berdasarkan jenis kesalahan Newmann’s Error Analysis (NEA), yaitu kesalahan: (1) membaca, (2) memahami, (3) transformasi, (4) kemampuan memproses dan (5) penulisan jawaban akhir. Data diolah dengan menghitung persentase jenis kesalahan siswa terhadap setiap jenis kesalahan pada NEA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada siswa melakukan kesalahan membaca. Pada jenis kesalahan memahami, ditemukan kesalahan sebesar 18%. Pada jenis kesalahan transformasi, ditemukan kesalahan sebesar 36%. Pada kesalahan memproses (keterampilan memproses), ditemukan kesalahan sebesar 44%. Pada penulisan jawaban akhir, ditemukan kesalahan sebesar 47%. Kesalahan memahami terjadi karena siswa belum memahami konsep jarak. Kesalahan transformasi diakibatkan ketidakmampuan menuliskan model matematis dari soal. Kesalahan memproses terjadi karena siswa mengabaikan sebagian informasi dalam soal. Kesalahan penulisan jawaban akhir terjadi karena kesalahan perhitungan. Berdasarkan temuan tersebut, disimpulkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa adalah kesalahan memahami, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir.


Keywords


analisis kesalahan; NEA; soal AKM; trigonometri

References


Agustyaningrum, N., Abadi, A. M., Sari, R. N., & Mahmudi, A. (2018). An Analysis of Students’ Error in Solving Abstract Algebra Tasks. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012118

Alhassora, N. S. A., Abu, M. S., & Abdullah, A. H. (2017). Newman Error Analysis on Evaluating and Creating Thinking Skills. Man In India, 97(19), 413–427.

Andika, R., Juandi, D., & Rosjanuardi, R. (2017). Analysing Diagnostic Assessment on the Ratio of Sine in a Right Triangle. Journal of Physics: Conference Series.

Anugrah, T. M., & Kusmayadi, T. A. (2019). An Error Analysis: Problem Solving of the Maximum and Minimum Derivative Values with Newmann’s Error Analysis. JMME Journal of Mathematics and Mathematics Education, 09(1), 44–53. https://doi.org/10.20961/jmme.v9i1.48288

Apriatni, S., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan Instrumen Literasi Numerasi Materi Trigonometri Kelas X SMA. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 185. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i2.13720

Aulia, J., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendikia Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 484–500. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.195-202

Boonen, A. J. H., Koning, B. B. De, Jolles, J., & Schoot, M. Van Der. (2016). Word Problem Solving in Contemporary Math Education : A Plea for Reading Comprehension Skills Training. Frontiers in Psychology, 7(February), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.00191

Boonen, A. J. H., Schoot, M. Van Der, Wesel, F. Van, Vries, M. H. De, & Jolles, J. (2013). What Underlies Successful Word Problem Solving ? A Path Analysis in Sixth Grade Students. Contemporary Educational Psychology, 38(3), 271–279. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2013.05.001

Bray, W. S. (2013). How to Leverage the Potential of Mathematical Errors. NCTM Teaching Children Mathematics, 19(7), 424–431. http://www.jstor.org/stable/10.5951/teacchilmath.19.7.0424.

Cahyani, A., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 365–372. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.365-372

Clements, M. A. K. (1980). Analyzing Children’s Errors on Written Mathematical Tasks. Educational Studies in Mathematics, 11(1), 1–21. https://doi.org/10.1007/bf00369157

Dewanto, D. (2018). Students ’ Error Analysis in Solving The Math Word Problems of High Order Thinking Skills ( HOTS ) Type on Trigonometry Application. Atlantis Press Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 218, 195–200.

Fitni, Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman Pada Materi Statistika Ditinjau dari Gaya Belajar. Ilmu Pendidikan Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 5(2015), 1–10.

Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa Pada Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pembelajaran Kontekstual. Prisma, 7(1), 82. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.361

Kapur, M. (2014). Productive Failure in Learning Math. Cognitive Science, 38, 1008–1022. https://doi.org/10.1111/cogs.12107

Kemendikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Kemendikbud.

Kementerian PPN. (2020). Pedoman Teknis Penyusunan Rencana Aksi - Edisi II Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (TPB/SDGs). In Kementerian PPN. Kementerian PPN.

Mariani, Hutapea, N. M., & Maimunah. (2023). Analysis Of Students ’ Mistakes In Completing Exponent Materials Based On Castolan Theory. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 7(1), 135–145.

Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713–726.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. National Council of Teachers Mathematics.

NCTM. (2014). Principles to Actions Principles to Actions Ensuring Mathematical Success for All. National Council of Teachers Mathematics.

Pradini, W. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear dua variabel. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 33–45.

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL, 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890

Savitri, D. A., & Yuliani, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Trigonometri Ditinjau Dari Gender Berdasarkan Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 463–474. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.463-474

Setiawan, E., Jusniani, N., & Sutandi, A. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Interpolasi Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Prisma, 10(2), 221. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1596

Siskawati, E., Zaenuri, & Wardono. (2021). Analysis of Students ’ Error in Solving Math Problem-Solving Problem Based on Newman Error Analysis ( NEA ). Journal of Physics: Conference Series, 1918, 1–4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042108

Smith, M. S., & Stein, M. K. (2018). 5 Practices for Orchestrating Productive Mathematics Discussions (Second Ed.). National Council of Teachers Mathematics.

Sumartini, T. S., & Safitri, L. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Prisma, 11(2), 302. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2193

Sutama, & Indriyani, Y. P. (2021). Newmann Error Analysis (NEA): Detection of Student Learning Barriers in PPKM in Mathematics Subjects. AKSIOMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2901–2912.

Usqo, U., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Watson ’ s Error Category dan Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 505–518.

Yustinaningrum, B. (2021). Deskripsi Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Menggunakan Polya Ditinjau Dari Gender. Jurnal Sinektik, 4(2), 129–141.

Zain, A. N., Supardi, L., & Lanya, H. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Materi Trigonometri Kelas X. Sigma, 3(1), 12–16. http://ejournal.unira.ac.id

Zamzam, K. F., & Patricia, F. A. (2018). Error Analysis of Newman to Solve the Geometry Problem in Terms of Cognitive Style. Atlantis Press Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 160, 24–27.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.