Pengembangan Local Instruction Theory Berbasis Model Pace untuk Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Frida Marta Argareta Simorangkir, Sahat Saragih, E. Elvis Napitupulu

Abstract


Tujuan pengembangan Local Instrction Theory (LIT) berbasis model PACE (Project, Activity, Cooperative and Exercise) adalah untuk menghasilkan RPP dan LKPD yang valid, praktis dan efektif serta untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran model PACE (Project, Activity, Cooperative and Exercise). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengkombinasikan model yang dikemukakan Plomp dan model Gravemeijer dan Cobb yang terdiri dari tiga fase yaitu fase pendahuluan, fase pembuatan produk/prototipe dan fase penilaian. Ujicoba dilakukan yaitu (1) one-to-one evaluation kepada 3 orang siswa dan (2) ujicoba pada kelompok kecil (small group) kepada 5-10 orang siswa. Hasil ujicoba pada kelompok kecil (small group) diujicobakan pada tahap field test (uji lapangan). Teknik pengumpulan data yaitu teknik catatan lapangan, teknik observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kevalidan alur belajar (HLT) sebesar 0,76 dan indeks ICC sebesar 0,56 dengan kategori valid. Hasil validasi RPP sebesar 0,86 (sangat valid), dan LKPD sebesar 0,88 (sangat valid). Hasil kepraktisan RPP dan LKPD rata-rata validator memberi nilai A (dapat digunakan tanpa revisi). Hasil observasi menunjukkan aktivitas aktif siswa terjadi peningkatan dari setiap pertemuan yaitu pertemuan 1 sebesar 85,92%, pertemuan 2 sebesar 90,66% dan pertemuan 3 sebesar 93,72%. Selain itu, rata-rata postest lebih tinggi dari pretest. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah pembelajaran model PACE lebih tinggi dari pada sebelum mengikuti pembelajaran model PACE.


Keywords


LIT; model PACE; pemecahan masalah

References


Armiati, Fauzan, A., Harisman, Y., & Sya’Bani, F. (2022). Local instructional theory of probability topics based on realistic mathematics education for eight-grade students. Journal on Mathematics Education, 13(4), 703–722. https://doi.org/10.22342/jme.v13i4.pp703-722

Armiati, A., & Sari, R. P. (2022). Local Instructional Theory of Derivative Topics Based on Realistic Mathematics Education For Grade XI Seniro High School Students. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 5(2), 71–82. https://doi.org/10.30598/jupitekvol5iss2pp71-82

Dwiyani, S., Studi Magister Pendidikan Matematika, P., Pascasarjana, F., Jambi, U., Jambi-Muaro Bulian, J. K., & Indah Muaro Jambi, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik. 05(02), 1675–1686.

Fauzan, A., Yerizon, Y., Tasman, F., & Yolanda, R. N. (2020). Pengembangan Local Instructional Theory Pada Topik Pembagian dengan Pendekatan Matematika Realistik. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 4(1), 01. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/417

Fadlurreja, R., Dewi, N., & Ridlo, R. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran PACE. PRISMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 616–621. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Gumanti, G., Maimunah, M., & Roza, Y. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kecamatan Bantan. PRISMA, 11(2), 310. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2301

Noviyanti, M. (2018). Learning Trajectories Based Inquiry untuk Membangun Mathematical Knowledge for Teaching Guru Anak Usia Dini. In PRISMA (Vol. 123, Issue 2). https://jurnal.unsur.ac.id/prisma

Palendra, P., & Zetriuslita, Z. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Materi Relasi & Fungsi Kelas VIII. PRISMA, 11(1), 165. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2103

Plomp, Tj. (Tjeerd), & Nieveen, N. M. (2010). An introduction to educational design research : proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), November 23-26, 2007. SLO.

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika (Vol. 5, Issue 2). http://e-mosharafa.org/Jurnal"

Suryabayu, E. P., Fauzan, A., & Armiati, A. (2022). Pengembangan Hypothectial Learning Trajectory Topik Pola Bilangan Berbasis Realistic Mathematic Education. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 1(1), 13. https://doi.org/10.30983/lattice.v1i1.4634

Yanrizawati, Y., Armiati, A., Musdi, E., & Syafriandi, S. (2023). Pengembangan Alur Belajar Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Barisan dan Deret.. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 105. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6319




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.