Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis dan Disposisi Matematis Peserta Didik

Saepul Milah, Nani Ratnaningsih, Puji Lestari

Abstract


Pembelajaran matematika sebagai upaya dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik untuk keterampilan menulis sebagai penambahan pengetahuan, pembentukan sikap dan pengembangan keterampilan. Kemampuan pemahaman matematis sebagai aspek sangat penting dalam pembelajaran matematika. Keberhasilan belajar matematika, tidak hanya ditentukan oleh kemampuan pemahaman matematis peserta didik, perhatian dan minat dalam pembelajaran, sikap ulet dan percaya diri dalam dalam memecahkan masalah matematika. Pengembangan aspek sikap dalam matematika ini, pada dasarnya adalah untuk menumbuhkembangkan disposisi matematika. Metode penelitian ini menggunakan sistematika literature review. Sebanyak 30 jurnal direview, dari empat database dicari untuk pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama, kemampuan pemahaman matematis, disposisi matematis dan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil review ini akan memberikan informasi tentang kemampuan pemahaman matematis dan disposisi matematis peserta didik, sehingga dapat mengembangkan pembelajaran apa saja dapat dikembangkan dalam konteks pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama.


Keywords


disposisi matematis; kemampuan pemahaman matematis; problem based learning

References


Abdullah, D. N. Y., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Journal On Education, 01(02), 207–214.

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(11), 68–78.

Ardiana, N. A., Pardimin, & Wijiayanto, Z. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Volume, 8(2), 193–203.

Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Problem Based Learning ( PBL ) untuk Kelas VII SMP / MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1011–1024.

Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 36–43.

Farisyah, C. M. (2019). Mengembangkan Disposisi Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 2(1), 1–7.

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100.

Femisha, A., & Madio, S. S. (2021). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran CTL dan BBL. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 97–112.

Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri. (2021). Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. Qalamuna, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871

Hakim, A. R., Supratman, S., & Madawistama, S. T. (2022). Proses Berpikir Representasi Matematis Siswa Berdasarkan Tipe Kepribadian Guardian dan Rasional. PRISMA, 11(1), 193. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2150

Indriyani, M., Izzati, N., & Muchyidin, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Disposisi Matematika Siswa melalui Pembelajaran STAD. Jurnal Pena Edukasi, 8(2), 87–94.

Kurniawan, A., & Kadarisma, G. (2020). Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 99–108. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p99-108

Lestari, I., & Luritawaty, I. P. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Model Think Pair Share dan Problem Based Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 353–362.

Mayratih, G. E., LetonIr, S. I., & Uskono, mina V. (2019). Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 41–49.

Monariska, E., Jusniani, N., & Sapitri, N. H. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine. PRISMA, 10(1), 130. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1228

Muflihatusubriyah, U., Utomo, R. B., & Saputra, N. N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Disposisi Matematis. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 7(1), 49–56.

Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Representasi Matematis. JPPM, 11(2), 17–31.

Nurdiyana, R. A., Pujiastuti, H., & Anriani, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(03), 2735–2748.

Nursiddik, I., Noto, M. S., & Hartono, W. (2017). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Keyakinan Diri Siswa SMP. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 151–160.

Oktoviani, V., Widoyani, W. L., & Ferdianto, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 09(01), 39–45.

Pitoyo, A. (2015). engaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Percepatan Pembelajaran Tim, Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Percepatan Pembelajaran Tim, dan Bermain Peran terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari dan Bermain Pera. N Usantara of Research, 2(1), 57–66.

Prafianti, R. A. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematik, 1(1), 36–43.

Qodariyah, L., & Hendriana, H. (2015). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematik Siswa SMP melalui Discovery Learning. Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 241–252.

Rahlan, I., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa Melalui CTL dan SAVI. 1(November), 493–504.

Rahmalia, R., Hajidin, & Ansari, B. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Disposisi Matematis. Jurnal Numeracy, 7(1), 137–149.

Ridwan, R., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aritmetika Sosial Berbasis Problem Based Learning di Kelas VII SMP. Jurnal Elemen, 2(2), 95–115. https://doi.org/10.29408/jel.v2i2.180

Rohmah, W. N., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Materi Bangun Ruang Ditinjau Gaya Kognitif Siswa Menengah Pertama. PRISMA, 9(2), 179–191. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1043

Samosir, B. S., & Fuady, A. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger di SMA Negeri 1 Angkola Barat. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(2), 54–61.

Septian, A. (2022). Student’s mathematical connection ability through GeoGebra assisted project-based learning model. Jurnal Elemen, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4323

Septian, A., Fahrisyal, M. L., & Jusniani, N. (2022). Pengembangan GeoGebra Classroom Pada Materi Transformasi Geometri. PRISMA, 11(2), 504–514. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2483

Setialesmana, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Melalui Metode Inkuiri Model Alberta. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 13–20.

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42.

Sriwati, I. G. A. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Indonesian Journal of Educational Development Volume, 2(2), 302–313. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244635

Suwanti, & Maryati, I. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning dan Probing Prompting Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 303–314.

Syahrir, & Susilawati. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1(2), 162–171.

Syakir. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Aljabar Dengan Pendekatan Saintifik Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 18 Bukukumba Kabupaten Bulukumba. YUME: Journal of Management, 2(1), 1–32.

Tata, T., & Haerudin, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX pada Materi Aljabar. PRISMA, 11(2), 363. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2385

Thalib, A., Rusli, & Syarifatunnisa. (2022). Kontribusi Disposisi Matematis dan Metakognisi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 10(1), 21–38.

Tianingrum, R., & Sopiany, H. N. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 440–446.

Widayanti, R., & Dwi, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema Journal, 2(1), 12–23.

Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, luvy S. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 209–219.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.