Analisis Proses Jawaban Tes Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

R.Maisaroh Rezyekiyah Siregar, Sahat Saragih, E.E Napitupulu, Mulyono Mulyono, Aidil Susandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kemampuan komunikasi matematis siswa Kelas X SMA yang berada di Kota Pariaman. Pendekatan yang dilakukan menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas X semester ganjil 2022/2023 sebanyak 20 orang yang ditentukan dengan purposive sampling. Teknis analisis data menggunakan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data terdiri dari dua bagian: tes tertulis dan wawancara. Tes tulisan digunakan dalam pengukuran kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara dilaksanakan untuk mendapatkan data yang lebih akurat dan detail tentang kemampuan komunikasi matematis siswa. Menurut analisis peneliti, taraf kesuksesan keterampilan komunikasi siswa pada indikator pertama berada pada level sedang yaitu sebesar 55%. Kemampuan siswa terhadap indikator kedua sebesar 32,5%, termasuk dalam level rendah dan pada indikator ketiga pencapain kemampuan siswa sebesar 30% berada di level rendah. Kesimpulan hasil wawancara terhadap siswa berkemampuan rendah, mendeskripsikan bahwa matematika suatu pelajaran yang sukar, jenuh, tidak asik, dan penuh hafalan.

Keywords


analisis; komunikasi matematis; proses jawaban

References


Ansari M.Pd, P. D. B. I. (2018). Komunikasi Matematik, Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar: Konsep dan Aplikasi. Penerbit PeNA.

Ashim, M., Asikin, M., Kharisudin, I., & Wardono, W. (2019). Perlunya Komunikasi Matematika dan Mobile Learning Setting Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan 4C di Era Disrupsi. Seminar Nasional Matematika, 2.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.

Hanifah, A. M., & Sumardi, S. (2022). PENGARUH KESULITAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DI MTS NEGERI 4 WONOGIRI. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.165-170

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment). Jurnal Golden Age, 4(01).

Indriani, M. N., & Imanuel. (2018). Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Permainan Edukasi Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Membangun Komunikasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1.

Indriani, N., Purwanto, C. A., Sari, D. P., & Rofi’ah, I. (2021). Rumus Matematika Yang Dianggap Sebagai Momok Bagi Peserta Didik. Jurnal Amal Pendidikan, 2(3). https://doi.org/10.36709/japend.v2i3.23018

Lestari, E. P., & Lestari, N. P. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2315

Ma’rifah, C., Sa’dijah, C., Subanji, S., & Nusantara, T. (2020). PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2). https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1991

Monariska, E., Jusniani, N., & Sapitri, N. H. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine. PRISMA, 10(1), 130–140. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1228

NCTM. (2000). Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics Overview. National Council of Teachers of Mathematics, 29(5).

Noor, F., & Ranti, M. G. (2019). Hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.33654/math.v5i1.470

Nurhasanah, R. A., Waluya, & Kharisudin, I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

OECD. (2019). Pensions at a Glance 2019: OECD and G20 Indicators. In OECD and G20 Indicators.

Paramita, D., Jeniffer, Natasya, T., Hafsyah, R., Syofyan, H., & Ratnawati, S. (2020). Kompetensi Pedagogik Melalui Kemampuan Berkomunikasi Secara Efektif, Empatik Dan santun dengan Peserta Didik. Seminar Nasional Multi Disiplin 3 (SNIPMD3), 3(3).

Purba, J., Maimunah., Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(1), 13–21. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.1-8

Rahmawati, A., Cholily, Y. M., & Zukhrufurrohmah, Z. (2023). Analyzing Students’ Mathematical Communication Ability in Solving Numerical Literacy Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.1938

Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Journal On Education, 1(2).

Ramadhan, I., & Minarti, E. D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2). https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.624

Refwalu, M., Mataheru, W., & Laamena, C. M. (2022). Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(4). https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i4.7154

Rohmah, W. N., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Materi Bangun Ruang Ditinjau Gaya Kognitif Siswa Menengah Pertama. PRISMA, 9(2), 179–191. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1043

Salahudin, Akos, M., & Hermawan, A. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Sumber Daya Manusia dan Sarana Prasarana di MTsN Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 2(1).

Samuel Urath, Jakobus Nifanngelyau, & Jakobus Dasmasela. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Kepulauan pada Tanjung Kormomolin untuk Membuktikan Geometri Eliptik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.84

Shafira, R., Suanto, E., & Kartini, K. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berorientasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 401–410. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.416

Siregar, V., Suyadi, S., & Dian purnama Putri, R. (2021). Penerapan Humanistik Melalui Non Verbal Reinforcement ditinjau Dari Percaya Diri Siswa Dalam Pembelajaran. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.31479

Sugiarni, R., & Ifanda, A. R. (2020). Peningkatan Keaktifan Mahasiswa pada Perkuliahan Sejarah dan Filsafat Matematika melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. Prisma, 9(1), 57. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.387

Suhenda, L. L. A., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.