Pengembangan Tes Diagnostik Matematika Kurikulum Merdeka
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan tes diagnostik pada kurikulum merdeka pada mata pelajaran Matematika yang layak bagi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Depelovement. Prosedur pengembangan menggunakan lima tahap yaitu: tahap awal, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kayen - Pati sebanyak 32 siswa. Objek penelitian ini adalah kelayakan tes diagnostik materi bilangan bulat. Sedangkan Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif dan kuantitatif untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil Penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa pengembangan tes diagnostik sangat layak dan efektif diterapkan pada kurikulum merdeka mata pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 1 Kayen - Pati. Terbukti dari hasil validasi konten atau materi  rata- rata nilai 3,25 dalam kategori sangat layak, dari validasi ahli bahwa keterampilan proses diperoleh nilai rata-rata 3,3 dalam kategori sangat layak, kemudian validasi ahli produk diperoleh nilai rata-rata 4,0 dalam kategori sangat layak.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andayani, F., Widodo, S. A., & Agustito, D. (2021). Perancangan Media Pembelajaran Berbentuk Pop Up Book untuk Pencapaian Kemampuan Memecahkan Masalah Matematis pada Materi Aritmatika Sosial. Prisma, 10(2), 156. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1838
Arikunto. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta (p. 172). PT Rineka Cipta.
Astuti, P. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMPN 4 Batang Gansal dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Prisma, 10(1), 121. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.962
Cahya, G. (2022). Modul Asesmen Diagnostik.
Hendriawan, M. A., & Septian, A. (2019). Pengembangan JiMath Sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 45. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.2785
Irdhina, D., Suwarma, irma R., Anggreni, Purba, M., Purnamasari, N., & Saad, Y. (2021). pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar di SD Cikal Cilandak (M. F. Anggraeni, Mariati Purba (ed.); 1st ed.). Jakarta.
Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Prayitno, A. T., Taufik, A., & Muawanah, P. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Jurnal Prisma, 11(2), 291. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2140
Purwowidodo, Z. (2008). Teori dan Praktik model pembelajaran berdeferensiasi implementasi kurikulum merdeka belajar (M. Fathurrohman (ed.); 1st ed.). Penebar Media Pustaka.
Rohmah, W. N., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Prisma, 9(2), 179–191.
Septian, A., Fahrisyal, M. L., & Jusniani, N. (2022). Pengembangan GeoGebra Classroom Pada Materi Transformasi Geometri. PRISMA, 11(2), 504–514. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2483
Septian, A., & Gustiana, M. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis E-Learning. UNION : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 81–92.
Septian, A., Inayah, S., & Pelani, J. I. (2021). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI BANGUN DATAR. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 97–107. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.697
Setiani, A., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2022). Validitas Media Pembelajaran Matematika Berbentuk Video pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Prisma, 11(2), 538–547. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2523
Sugiyono, 2019. (2019).
Prof_dr_sugiyono_metode_penelitian_kuant.pdf (10th ed.). Alfabeta,CV.
Tanjungsari Dewi, R., Soedjoko, E., & Mashuri. (2012). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus. UJME: Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1), 52–57.
Tomlinson, C. A. (2017). How To Differentiate instruction In Academically Calssrooms (3rd ed.). studocu
DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3250
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 PRISMA
Prisma Indexing :Â
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.