Identifikasi Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Numerasi

Rofiqo Rahmawati, Wardono Wardono, Mulyono Mulyono, Walid Walid, Sugiman Sugiman, Emi Pujiastuti, Iqbal Kharisudin

Abstract


Kemampuan peserta didik dalam memiliki kecakapan global menjadi tantangan pendidikan pada abad 21. Numerasi menjadi salah satu kecakapan global yang perlu dikembangkan karena berkaitan erat dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan pengkajian literatur tentang pembelajaran tematik terhadap kemampuan numerasi dari tahun 2019-2023 yang berfokus pada: (1) jenis penelitian; (2) model atau metode pembelajaran; dan (3) trend penelitian yang digunakan dalam pembelajaran tematik terhadap numerasi. Systematic Literature Review (SLR) adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan mereview artikel tentang numerasi dalam pembelajaran tematik yang diterbitkan dalam rentang tahun 2019-2023 dengan menggunakan teknik analisis data, deskriptif dan tematik. Berdasarkan kata kunci yang relevan dari Google Scholar, diperoleh 9 artikel yang terdiri dari 7 artikel jurnal dan 2 artikel proceeding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan numerasi dalam pembelajaran tematik membutuhkan kreativitas seorang guru dan penelitian semacam ini paling banyak telah dilakukan dengan model Problem Based Learning (PBL) pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Oleh karena itu, penelitian terkait pembelajaran tematik terhadap kemampuan numerasi melalui model pembelajaran masih relevan untuk dilaksanakan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk penelitian selanjutnya.

Keywords


numerasi; pembelajaran; tematik

References


Ashri, D. N., & Pujiastuti, H. (2021). Literasi Numerasi pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 1. https://doi.org/10.26714/jkpm.8.2.2021.1-7

Barrett, T. (2016). W HAT IS PROBLEM – BASED LEARNING ? April.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Hafidhoh, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. At-Tahdzib: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(01), 50–58.

Hamidah, H., Rina, N., Rizma, D., & Puspita, A. (2020). Panduan Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang Sekolah Dasar Penerbit: SEAMEO QITEP in Language.

Indonesia, M. P. (2020). Permendikbud No. 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Randang Tana - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 33–41.

Kemendikbud. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, i–45.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88

Munahefi, D. N., Lestari, F. D., Mashuri, & Kharisudin, I. (2023). Pengembangan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Pembelajaran Tematik Terintegrasi Berbasis Proyek. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 663–669.

Nazillah, H. I., & Fajar, A. (2023). Peningkatan Budaya Literasi Dan Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Melalui Proyek Kreatif Pada Siswa Kelas V Di Mi Al-Barokah …. Abdi Widya: Jurnal Pengabdian …, 2(1).

Ndakularak, I. L., Randjawali, E., Nggaba, M. E., Bima, S. A., Ina, Y. T., Ishak, D. D., & Rinawati, Y. (2023). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi Di Malumbi Kabupaten Sumba Timur. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i1.2383

Nurjanah, M., Dewi, D. T., Al Fathan, K. M., & Mawardini, I. D. (2022). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 87.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Rahmwati, A. N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 4(1), 59–65.

Sanjaya, H. W. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Prenadamedia.

Septian, A., & Maghfirah, D. (2021). Mathematical Literacy Skills using Google Classroom on Trigonometry. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2515–2525. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4263

Setiawan, A. R. (2019). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1), 51–69. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298

Sudarti, S. (2022). Penerapan pembelajaran literasi numerasi pada anak usia dini. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, 130–139.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.

Warsidah, W., Ashari, A. M., Amir, A., Satyahadewi, N., & Tavita, G. E. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Berbasis Tematik pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri No 16 Pontianak Utara. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 663–669. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.977

Wijaya, A. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum ( Akm ). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–107.

Yudha, C. B., Budiono, B., Diniarti, N., & ... (2022). Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Negeri Kaliabang Tengah 1 Bekasi Utara. … Sultan Agung IV, November, 88–95.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.