Systematic Literatur Review: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika

Putri Zuliyanti, Novaliyosi Novaliyosi

Abstract


Motivasi belajar sangat berpengaruh dalam peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis. Selain itu dengan motivasi belajar yang dimiliki peserta didik juga akan membuat pemahaman konsep matematisnya baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur review terkait dengan kemampuan pemahaman konsep matematis yang ditinjau dari motivasi belajar matematika peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi atau menelaah semua artikel yang memiliki topik penelitian yang sama pada penelitian ini. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 14 artikel jurnal nasional yang diperoleh dari google scholar dan Sinta. Teknik analaisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik meta-sintesis yang bertujuan untuk menyimpulkan banyak informasi dari artikel yang didapat sehingga memiliki analisis yang baik.Sehingga dari artikel-artikel tersebut didapatkan hasil bahwa motivasi belajar matematika mempunyai peranan penting terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Peserta didik yang memiliki motivasi belajar matematika yang rendah akan berdampak pada pemahaman konsep matematisnya sehingga hal ini membuat hasil belajar yang didapat kurang maksimal. Rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik disebabkan karena kebiasaan mereka yang hanya menghafal rumusnya saja sehingga mudah lupa dengan materi yang sudah pernah dipelajari sebelumnya. Selain itu disebabkan juga karena peserta didik masih kebingungan ketika menyelesaikan soal yang berbeda dari contoh guru.

Keywords


pemahaman konsep matematis; motivasi belajar matematika; SLR

References


Agustin, S., Fitraini, D., Rahmi, D., & Fitri, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 43.

Amalia, S., Ainin, N., Quamila, N. N., & Pramuditya, S. A. (2020). Analisis Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa SMK Pada Materi Matriks. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 2, 221–231.

Astuti, P. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMPN 4 Batang Gansal dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Prisma, 10(1), 121–129.

Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Ditinjau dari Motivasi Belajar. Edupedia, 5(2), 145–154. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia/article/view/555/415

Ernawati, Sari, I. P., & Permatasari, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Materi SPLDV Siswa Kelas X Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 2(1), 232–237.

Fazri, M., Studi, P., Matematika, P., & Pekalongan, U. (2022). Pengaruh motivasi terhadap kemampuan pemahaman konsep. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 4(Sandika IV).

Hadi, S., & Umi Kasum, M. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 59–66. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630

Hikmah, S. N., Saputra, V. H., & Indonesia, U. T. (2022). Studi pendahuluan hubungan korelasi motivasi belajar dan pemahaman matematis siswa terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 3(1), 7–11.

Ismawati, Y., & Hartono, Y. (2019). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 31 PALEMBANG. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 46–52.

Khairunnisa, N. C., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1(1), 546–554.

Lisnani, L., & Pranoto, Y. H. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Melalui Cerita Si Unyil Berbasis ICT. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 215–226. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.645

Marlena, L., & Nugrheni, E. A. (2019). Probit Regression Analysis in Estimating the Effect of Learning Assisted by Cabri 3D on Students’ Mathematical Understanding Ability. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 319–326. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.4729

Murtiyasa, B., & Amini, A. D. (2021). Corresponding author. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 57162, Surakarta, Indonesia. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1554–1563.

Muthoharoh, M., Kirna, I. M., & Indrawati, G. ayu. (2017). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 13. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12805

Ningsih, S., Farida, N., & Linuhung, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 54–61. https://doi.org/10.24127/emteka.v1i1.409

Prahmana, R. C. I. (2013). Designing division operation learning in the mathematics of gasing. The First South East Asia Design/Development Research (SEA-DR), April 2013, 391–398.

Pujiati, Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 37–41. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2278

Ridia, N. S., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Auditory Intellectualy Repetition dan Student Teams Achievement Division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 515–526. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.509

Rismawati, M., & Khairiati, E. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 295–306. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i1.1129

Said, M. S. (2021). Kurangnya Motivasi Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring Di Man 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 7–11. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1047

Tata, & Haerudin. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX pada Materi Aljabar. Jurnal Prisma, 11(2), 363–370. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2385

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. 1(2).

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.