Analisis Proses Jawaban Siswa Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran dan untuk menganalisis masing-masing jawaban berdasarkan tingkat kemampuannya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematis. Subjek pada penelitian ini adalah siswa/i kelas X SMA Negeri 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah memberikan soal tes komunikasi matematis siswa untuk mengumpulkan informasi dari hasil tes tersebut. Tes komunikasi matematis siswa yang diberikan sebanyak 4 soal tes. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat 4 indikator kemampuan komunikasi matematis yang dikembangkan dan menjadi acuan analisis jawaban siswa yaitu (1) menuliskan situasi atau ide-ide matematika ke dalam gambar (drawing), (2) menuliskan ide matematika ke dalam model matematika, (3) menjelaskan secara tertulis gambar ke dalam ide matematika, dan (4) menjelaskan prosedur penyelesaian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa siswa yang memiliki kemampuan tinggi sebanyak 7 orang (19,44%), siswa yang memiliki kemampuan sedang sebanyak 10 orang (27,78%), dan siswa yang memiliki kemampuan rendah sebanyak 19 orang (52,78%). Sedangkan hasil análisis dapat disimpulkan bahwa jawaban siswa ditinjau dari indikator kemampuan komunikasi matematis siswa.Â
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ani. M, & S. D. L. & A. (2018). Kemampuan Berpikir Matematis dan Aspek Afektif Siswa. Harapan Cerdas Publisher.
Fadillah, A. (2015). Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan komunikasi matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(2), 1–12.
Gordah, E. K., & Astuti, R. (2013). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dasar Berbasis Model Reciprocal Teaching di STKIP PGRI Pontianak. In Makalah disajikan pada (Vol. 9, No. 2, pp. 227-232). Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, 9(2), 227–232.
Inayah, S., Septian, A., & Suwarman, R. F. (2020). Student Procedural Fluency in Numerical Method Subjects. Desimal: Jurnal Matematika, 3(1), 53–64.
Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa pada Kemampuan Pemahaman Matematis melalui Pembelajaran Kontekstual. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika 4, 7(1), 82.
Kania, N. (2018). Software Geogebra untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis pada Materi Graf. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 3(1), 22–31.
Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).
Maryati, I., & Suryaningsih, F. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri. PRISMA, 10(2), 244–254. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1308
Maskur, D. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383.
Monariska, E., Jusniani, N., & Sapitri, N. H. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine. Prisma, 10(1), 130. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1228
Nahdi, D. S. (2019). Efektivitas pendekatan brainstorming teknik round-robin dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 11–22.
Nopiyani, Dian; Turmudi & Prabawanto, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa, 5(2), 45–52.
Nunu, N. (2017). Pengembangan perangkat bahan ajar pada pembelajaran matematika realistic Indonesia untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika mahasiswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 121–135.
Permata, dkk. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Model Pembelajaran TSTS dengan Pendekatan Scientific. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2).
Rosita, C. . (2014). Kemampuan penalaran dan komunikasi matematis: Apa, mengapa, dan bagaimana ditingkatkan pada mahasiswa. Euclid, 1(1).
Septian, A., Setiawan, E., Noersapitri, Y., & Artikel, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Menggunakan GeoGebra. Jurnal Padegogik, 6(1), 1–9. http://doi.org/10.35974/jpd.v6i1.2905
Septian, A., & Soeleman, M. (2022). Asosiasi Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi dan Koneksi Matematis pada Kalkulus Integral. PRISMA, 11(1), 71. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2074
Septiani, D. T., Septian, A., & Setiawan, E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa pada Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran yang Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 65–80.
Soleh, E. R. A., Setiawan, W., & Haqi, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning. Prisma, 9(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.798
Sondang, N. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PMR untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP N 2 Sidikalang. Indonesian Digital Journal of Mathematicss and Education., 4(3), 240–254.
Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13. Bahastra, 5(1), 89. https://doi.org/10.26555/bahastra.v37i1.5641
Sumarmo, U. dan Hendriana, H, . (2010). Penilaian Pembelajaran Matematika. Refika Aditama.
Sun, Z., Xie, K., & Anderman, L. H. (2018). The role of self-regulated learning in students’ success in flipped undergraduate math courses. The Internet and Higher Education, 36, 41–53.
Tommy, T. W & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan komunikasi matematika siswa SMK. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(1), 53–60.
Triwibowo. (2018). Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan daya juang siswa melalui strategi trajectory learning. Prosiding Seminar Nasional Matematika Yang Diselenggarakan Oleh Jurusan Matematika FMIPA UNS, Bulan Februari 2018.
Wardani, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Menggunakan CTL di MTS Nurul Hakim Tembung. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 25–31.
DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3236
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 PRISMA
Prisma Indexing :Â
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.