Analisis Strategi Metakognitif dalam Pengambilan Keputusan pada Model Pembelajaran Matematika

Euis Noor Faoziah, Emi Pujiastuti, Walid Walid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas metakognitif siswa pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pengambilan keputusan dalam menyelesaikan masalah geometri ruang pada siswa berkemampuan rendah, sedang dan tinggi, bagaimana efektifitas strategi metakognitif pada model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pengambilan keputusan dalam menyelesaikan masalah geometri ruang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian berupa siswa kelas VII di SMP N 3 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pengambilan keputusan, kuesioner strategi metakognitif, observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi metakognitif memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan siswa dalam menyelesaikan masalah geometri ruang melalui model Problem Based Learning. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan pengambilan keputusan siswa dari sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung oleh strategi metakognitif. Harapan dari penelitian ini agar dapat memberikan manfaat untuk praktisi pendidikan dalam mengembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan siswa.


Keywords


metakognitif; kemampuan pengambilan keputusan

References


Asari, T. R., Balkist, P. S., & Imswatama, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence. PRISMA, 11(2), 447–456. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2440

Asnawati, S., & Dewi, I. L. K. (2016). Penggunaan Teknik Murder Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Matakuliah Geometri Analitik. TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i1.535

Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591

Hornby, G., & Greaves, D. (2022). Essential Evidence-Based Teaching Strategies: Ensuring Optimal Academic Achievement for Students. In Essential Evidence-Based Teaching Strategies: Ensuring Optimal Academic Achievement for Students (1st ed., pp. 1–146). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-96229-6

Khan, L. A. (2015). What is Mathematics - an Overview. International Journal of Mathematics and Computational Science, 1(3), 98–101. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3626.8967

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Maulana, A. K., & Rochintaniawati, D. (2021). Analisis Keterampilan Pengambilan Keputusan Siswa Kelas XI SMAN 1 Cihaurbeuti. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 2(2), 83–89.

Monariska, E., Jusniani, N., & Sapitri, N. H. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine. PRISMA, 10(1), 130–140. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1228

Morris, & Morris, J. (2016). Proofs and Concepts The Fundamentals of Abstract Mathematics (1st ed.). Creaative Commons License.

Muhammad, G. M., Septian, A., & Sofa, M. I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 315–326.

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.140

Murni, A. (2019). Metakognisi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i2.23

Ozsoy, G., & Ataman, A. (2009). The effect of metacognitive strategy training on mathematical problem solving achievement. International Electronic Journal of Elementary Education, 1(2), 68–82.

Rofiq, A. A. (2016). Pentingnya Keterampilan Pengambilan Keputusan Sosial Bagi Siswa Smp. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 175–184. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.458

Rohaeti, E. E., Hendriana, H., & Sumarno, U. (2019). Pembelajaran Inovatif Matematika Bernuansa Pendidikan Nilai dan Karakter (1st ed.). PT Refika Aditama.

Royadi, D., Susiana, N., & Khumaida, F. A. (2019). Effectiveness Management of Qualitative Research in Writing Scientific Papers. Aptisi Transactions on Management (ATM), 3(1), 84–90. https://doi.org/10.33050/atm.v3i1.848

Septian, A., Fahrisyal, M. L., & Jusniani, N. (2022). Pengembangan GeoGebra Classroom Pada Materi Transformasi Geometri. PRISMA, 11(2), 504–514. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2483

Septian, A., Setiawan, E., Noersapitri, Y., & Artikel, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Menggunakan GeoGebra. Jurnal Padegogik, 6(1), 1–9. http://doi.org/10.35974/jpd.v6i1.2905

Septiani, N., & Hidayah, N. (2022). Pengembangan LKPD dengan Pendekatan PMRI pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Konteks Bangunan Bersejarah Lawang Sewu. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3, 87–100.

Sugiyono. (2020). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta Bandung.

Sumartini, T. S., & Safitri, L. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Prisma, 11(2), 302. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2193

Supriyadi, E., Septian, A., Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2022). GeoGebra Research in Indonesia: A Bibliometric Analysis. PRISMA, 11(2), 559–575. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2572

Yarmayani, A., & Fitriani, S. (2015). Analisis Metakognisi Siswa Tipe Melancholis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 15(3), 70–78.

Zuliyanti, P., & Pujiastuti, H. (2020). Model Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. PRISMA, 9(1), 98–107. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.899




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.