Efektivitas Manajemen Kelas pada Pembelajaran Matematika terhadap Kurangnya Peningkatan Konsentrasi Minat Belajar Siswa

Dhea Juwita Ananda Supa, Sakinah Ubudiyah Siregar, Risma Delima Harahap

Abstract


Penelitian ini memuat tentang analisis konsentrasi belajar matematika yang terjadi pada berbagai jenjang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pentingnya efektivitas manajemen kelas terhadap kurangnya peningkatan konsentrasi minat belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan melakukan pendekatan kualitatif. Seluruh siswa kelas X IPS1 yang berjumlah 20 siswa digunakan sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket (kuesioner), dan tes wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor berkonsentrasi terhadap minat pembelajaran matematika memberikan kontribusi paling tinggi terhadap kemampuan  matematis siswa, ini diakibatkan karena pembelajaran yang dilakukan peneliti menuntut siswa untuk mengingat kembali materi yang telah dipelajari dan mampu mengkoneksikannya dengan materi yang sedang dipelajari. Hasil penelitian ini memberi implikasi untuk guru dan sekolah sebagai acuan guna meningkatkan hasil belajar siswa yang optimal.


Keywords


konsentrasi matematika; manajemen kelas; minat belajar

References


Afsari, S., Siregar, S. U., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh Manajemen Kelas dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Basicedu, 7(1), 535–543. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4577

Amelia, R., & Siregar, S. U. (2022). Efektivitas Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Matematika. Jurnal Basicedu, 6(2), 2361–2369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2443

Ameliana, Y., Rosyana, T., & Purwasih, R. (2022). Analisis Minat

Belajar Siswa Kelas VIII pada Sub Materi Kubus dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan Software GeoGebra. PRISMA, 11(1), 230. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2127

Annisa, R. R., Pratisti, W. D., & Uyun, Z. (2019). Efektivitas Manajemen Kelas untuk Menurunkan Gangguan Kosentrasi Belajar Matematika pada Siswa SD. Jurnal Psikologi Sains Dan Profesi (Journal Psychology of Science and Profession), 3(2), 123–130.

Annisa, V. (2019). Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Peserta Didik Kelas VIIIA di MTS Al Hikmah Kedaton Bandar Lampung. Universitas Islam Raden Intan Lampung.

Awang, I. S. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekola DasarAwang, Imanuel Sairo. Vox Edukasi, 6(2), 211–221.

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800

Fatma, N. (2020). Efektivitas Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTS Muallimin Univa Medan Kecamatan Medan Amplas. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Hastuti, D. D., Sutama, & Fuadi, D. (2018). Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Managemen Pendidikan, 13(2), 139–146.

Ikbal Barlian. (2013). Begitu Pentingkah Strategi Belajar Mengajar Bagi Guru. Jurnal Forum Sosial, 6(1), 241–246.

Lintang, A. C., & Wardani, S. (2017). PBL dengan APM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Percaya Diri. Journal of Primary Education, 6(1), 27–34.

Maharani, M., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun untuk Menurunkan Kecemasan Siswa PENDAHULUAN Pada era kemajuan ilmu pengetahuan di abad ini , pendidikan terus menjadi topik menarik untuk diperbincangkan oleh banyak pihak . Tanpa pendidikan , manusia yang hi. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 101–106.

Munawarrah, L. (2018). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus I Upt Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul.

Narimo, S., Hastuti, D. D., & Sutopo, A. (2019). Konsekuensi Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal VARIDIKA, 30(2), 1–6. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i2.7568

Poerwodarminto. (2010). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII A SMP.

Prasetyo, I. (2014). Teknik Analisis Data Dalam Research and Development. UNY: Fakultas Ilmu Pendidikan, 6, 11.

Pratiwi, Y. (2017). Pengaruh Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pedamaran Ogan Komering Ilir. UIN Raden Patah Palembang.

Priyaningsih, S., & Suyono, S. (2020). Penerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Siswa SMP. PRISMA, 9(2), 146. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1069

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna, 03, 285–311.

Sanusi, A. M., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(September), 511–520.

Septian, A., Adawiyah, A., Hasanah, A., Jusniani, N., Khaerunisa, T. A., Nisa, D. Z., Yuana, D., Adetia, E., Mustopa, F. F., Tyas, M. D., Palwa,

N., Fauzyah, R., Devi, D., & Ahmad, Z. (2023). Implementasi Dukungan Psikososial, Literasi dan Numerasi untuk Siswa Korban Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 3(1), 51–59. https://doi.org/10.37640/japd.v3i1.1742

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. PRISMA, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438

Septian, A., & Monariska, E. (2021). The Improvement of Mathematics Understanding Ability On System Of Linear Equation Materials And Students Learning Motivation using Geogebra-Based Educational Games. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 371–384. https://doi.org/10.24042/ajpm.v12i2.9927

Syafutra, W., Ramadan, S., & Akhyar, Y. (2020). Metodelogi Penelitian Pendidikan.

Yuliana, Y., Anindita, H. A., & Syaifuddin, M. W. (2021). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pembelajaran Daring. PRISMA, 10(2), 141–155. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1732




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.