Analisis Miskonsepsi Matematika Siswa pada Materi Aljabar Berdasarkan Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice

Yasvialan Arianta, Kartini Kartini, Putri Yuanita, Mimunah Maimunah

Abstract


Penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui miskonsepsi dan persentase miskonsepsi yang dialami peserta didik kelas VIII SMPN 37 Pekanbaru (23 orang) dalam konsep materi aljabar pada April 2023. Lembar tes diagnostik Three Tier yang digunakan sudah valid dan layak digunakan. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Tes diagnostik Three Tier yang diberikan terdiri atas 12 soal materi. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan persentase data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat miskonsepsi dalam menentukan unsur-unsur aljabar.  Miskonsepsi dalam melakukan operasi aljabar yang dalam pengerjaannya siswa tetap melanjutkan perhitungan ketika variabel yang ditemukan tidak sejenis. Miskonsepsi dalam operasi perkalian dan pembagian terlihat dari kesulitan siswa dalam mengikuti tahapan penyelesaian yang panjang dalam operasinya. Miskonsepsi pemfaktoran bilangan aljabar dan substitusinya terlihat dari siswa yang kurang memahami proses pemfaktoran aljabar. Hal ini menyebabkan miskonsepsi siswa yang dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan motivasi serta pemahaman siswa yang masih minim.

Keywords


miskonsepsi aljabar; tes diagnostik; three tier multiple choice

References


Abbas, M. L. H. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Tadris Fisika Menggunakan Four Tier Diagnostic Test pada Mata Kuliah Kalkulus II. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 7-16.

Artiawati, P. R., Muliyani, R., & Kurniawan, Y. (2018). Identifikasi Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi Menggunakan Three Tier-Test Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 5. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i1.331

Astuti, F., Redjeki, T., & Nurhayati, N. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Dan Penyebabnya Pada Siswa Kelas Xi Mia Sma Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016 Pada Materi Pokok Stoikiometri. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 5(2), 10–17.

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129.

Hakim, A. R., Supratman, S., & Madawistama, S. T. (2022). Proses Berpikir Representasi Matematis Siswa Berdasarkan Tipe Kepribadian Guardian dan Rasional. PRISMA, 11(1), 193. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2150

Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 10(1), 17–29. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098

Lumbantoruan, J. H., & Male, H. (2020). Analisis Miskonsepsi Pada Soal Cerita Teori Peluang Di Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal EduMatSains, 4(2), 153–168.

Nurulwati, N., & Rahmadani, A. (2020). Perbandingan Hasil Diagnostik Miskonsepsi Menggunakan Threetier Dan Fourtier Diagnostic Test Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 101–110. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14436

Nurwahida, N., & Munir, N. P. (2022). Analisis Miskonsepsi Calon Guru Sekolah Dasar pada Matakuliah Konsep Dasar Matematika dengan Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test Dilengkapi Certainty …. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar …, 1(3), 153–164.

Putri, G. P., Maison, M., & Huda, N. (2021). Studi Struktur Kognitif Miskonsepsi Siswa pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3097–3110. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.820

Rusilowati, A. (2015). Development of Diagnostic Tests as an Evaluation Tool for Physics Learning Difficulties. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6, 1–10.

Rusmana, I., & Isna, I. (2012). Efektivitas Penggunaan Media ICT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Formatif, 2(3), 3.

Rohmah, W. N., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Materi Bangun Ruang Ditinjau Gaya Kognitif Siswa Menengah Pertama. PRISMA, 9(2), 179–191. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1043

Septian, A., Ramadhanty, C. L., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2021). Mathematical Problem Solving Ability and Student Interest in Learning using Google Classroom. Prosiding International Conference on Education of Suryakancana, 1(1), 155–161.

Septian, A., & Soeleman, M. (2022). Asosiasi Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi dan Koneksi Matematis pada Kalkulus Integral. PRISMA, 11(1), 71-81. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2074




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.