Analisis Penalaran Adaptif Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan ILL Structured Problems pada Materi Trigonometri

Tantri Oktriani, Supratman Supratman, Khomsatun Nimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemamuan penalaran adaptif siswa dalam menyelesaikan ILL structured problem pada materi trigonometri. Jenis penelitian ini merupakan penelitin kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah think aloud. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Ciawi Kabupten Tasikmalaya. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 peserta didik kelas X-3. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu soal penalaran adaptif matematis, Teknik pengumpulan data berupa melalui tes dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis hasil penalaran daptif matematis peserta didik dalam menyelesaikan ILL structured problem yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) S1 dapat menyelesaikan soal penalaran adaptif matematis pada indikator memberikan jawaban dengan penarikan kesimpulan. 2) S2 dapat menyelesaikan soal penalararan adaptif matematis pada indikator menyusun dugaan (conjecture); menilai kebenaran jawaban dari suatu permasalahan; dan memberikan jawaban dengan penarikan kesimpulan. Selanjutnya 3) S3 dapat menyelesaikan soal penalaran adaptif matematis pada semua indikator yaitu menyusun dugaan (conjecture); merencanakan dan menyelesaikan masalah matematika; memberikan penjelasan terkait prosedur yang digunakan; menilai kebenaran jawaban dari suatu permasalahan; dan memberikan jawaban dengan penarikan kesimpulan.


Keywords


ILL Structured Problems; penalaran adaptif; trigonometri

References


Abdillah., Gloria Mastuti, A. (2018). Munculnya Kretivitas Siswa Akibat ILL Structured Mathematical Problem. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 6(1). 48-59.

Anggraeni, I. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model ILL- Structured Problem Solving dengan Strategi Cubes untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Creswell, J. (2012). Educational Research: Planing, Conducting, and Evaluating Qualitative and Quantitative Research (4th ed.). Boston, MA: Person.

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Trigonometri Dilihat dari Learning Obstacles. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 9-16.

Kilpatrick., Jeremy, & Swafford, J. (2001). Adding It Up Helping Children Learn Mathematics.Washington DC: National Academiy Press. Retireved from http://www.nap.edu/catalog/9822/html

Moleong. L. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. [Online]. Tersedia: http://bookzz.org.

Nurjanah, S., Hidayanto, E., & Rahardjo, S. (2019). Proses Berpikir Siswa Berkecerdasan Matematis Logis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis “Ill Structured Problemsâ€. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(11), 1441-1447.

Saniyyah, F., & Winiati, I. (2020). Analisis Penalaran Adaptif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Adversity Quotient (AQ). Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 121-129.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yee, F. P. (2002). Open Ended Problems for Higher Order Thinking in Mathematics. Institute of Education (Singapore), 20, 49–57.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.