Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung

Desi Kurnia Wati, Sehatta Saragih, Elfis Suanto, Yenita Roza

Abstract


Kemampuan pemahaman matematis (KPM) dapat membangun pemahaman matematika yang lebih kompleks, namun siswa cenderung hanya menghafal konsep matematika tanpa membangun pemahaman yang kuat terhadap konsep tersebut. Gaya belajar merupakan cara siswa dalam memproses informasi diperoleh sehingga mampu membangun pemahaman matematika yang lebih kompleks, maka dari itu penelitian ini bermaksud untuk menganalisis KPM dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung dengan mempertimbangkan preferensi gaya belajar siswa, baik itu visual, auditorial, atau kinestetik. Penelitian ini dapat dikategorikan sebagai studi deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IX di SMP Negeri 8 Pekanbaru. Data dikumpulkan dengan metode tes, kuesioner, serta wawancara, menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar kuesioner dan lembar tes. Proses analisis data melibatkan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Penelitian ini memperlihatkan bahwa pada indikator mengemukakan kembali konsep, siswa dengan gaya belajar auditorial, visual, dan kinestetik dikategorikan tinggi dengan rata-rata 82%, 93%, dan 86%. Pada indikator menyajikan contoh dan bukan contoh, siswa dengan gaya belajar auditorial dikategorikan tinggi dengan rata-rata 77%, visual dikategorikan sedang dengan rata-rata 67%, dan kinestetik dikategorikan rendah dengan rata-rata 50%. Untuk indikator menghubungkan berbagai konsep, siswa dengan gaya belajar auditorial, visual, dan kinestetik dikategorikan rendah dengan rata-rata 32%, 36%, dan 19%. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya pendidik memahami tipe gaya belajar siswa agar konsep yang diajarkan dapat diakomodasikan sesuai dengan kebutuhan setiap gaya belajar siswa.


Keywords


bangun ruang sisi lengkung; gaya belajar; kemampuan pemahaman matematis

References


Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229–239. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872

Ginting, I. R. F., & Sutirna. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Maju, 8(1), 350–357. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). hard skills dan soft skills matematik siswa (N. Atif (ed.)). PT Refika Aditama.

Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa pada Kemampuan Pemahaman Matematis melalui Pembelajaran Kontekstual. PRISMA, 7(1), 82. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.361

Khairani, B. P., Maimunnah, & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1578–1587.

Khasanah, M., Utami, R. E., & Rasiman, R. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Berdasarkan Gender. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 347–354. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6517

Khoerunnisa, A., & Hidayati, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis. π (Phi) Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–7.

Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 10(1), 17–29. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098

Khoirunnisa, A., & Soro, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2398–2409. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.869

Larasati, N. I., & Widyasari, N. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Peningkatan Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 45–50. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24853/fbc.7.1.45-50

Mahtuum, Z. A., Nurhayati, A., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMP Budi Luhur pada Materi Perbandingan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p137-144

Mulyani, A., Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. 7(2), 251–262.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Nurjanah, A., Nurcahyono, N. A., & Imswatama, A. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP. PRISMA, 11(2), 406–414. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2420

Oktoviani, V., Widoyani, W. L., & Ferdianto, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 09(01), 39–45.

Praja, E. S., Setiyani, S., Kurniasih, L., & Ferdiansyah, F. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smk Kelas Xi Pada Materi Vektor Selama Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 12. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4539

Putri, N. R., Nursyahban, E. A., Kadarisma, G., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 157–170. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36

Radiusman. (2020). Studi literasi: pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Salsabila, G., Septian, A., Inayah, S., Hanifah, N., & Komala, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Visualization , Auditory , Kinesthetic ( VAK ) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Intellectual Mathematics Education (IME), 1(1), 33–39.

Septian, A., Agustina, D., & Maghfirah, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 10–22. https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.652

Septian, A., Suwarman, R. F., Monariska, E., & Sugiarni, R. (2020). Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually Learning Assisted by Geogebra to Improve Student’s Mathematical Representation Skills. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012023

Setianingrum, M. A., & Novitasari, D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Fibonacci Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(2), 59–70.

Tata, & Haerudin. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX pada Materi Aljabar. PRISMA, 11(2), 363–370. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2385

Tianingrum, R., & Sopiany, H. N. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 440–446.

Wati, D. K., Saragih, S., & Murni, A. (2022). Kevalidan dan Kepraktisan Bahan Ajar Matematika Berbantuan FlipHtml5 untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP/MTs pada Materi Koordinat Kartesius. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(3), 177–188. https://doi.org/10.24014/juring.v5i3.17424

Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 19–28. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2076

Winata, R., & Friantini, R. N. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Dan Gender. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.35438/e.v10i1.567

Yani, C. F., Maimunah, Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203–214.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.