Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa terhadap Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Solving

Eva Romaulina Sormin, Laili Habibah Pasaribu

Abstract


Meskipun kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa telah ditetapkan sebagai tujuan utama mata pelajaran matematika, namun hasilnya cenderung kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah (PBL). Desain quasi-experimental digunakan dalam penelitian ini yang melibatkan 78 (31 laki-laki dan 47 perempuan) siswa kelas V sebagai sampel. Siswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (n = 39) dan kelompok kontrol (n = 39). Penelitian ini dilakukan di sebuah sekolah dasar di Indonesia pada semester pertama tahun pelajaran 2019/2020. Tes Keterampilan Pemecahan Masalah (PSST) dan Tes Keterampilan Berpikir Kritis (CTST) diberikan untuk memperoleh data. Tes MANOVA Satu Arah dan ANOVA digunakan untuk menganalisis data pada tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen memiliki nilai post-test yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol dalam hal kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir kritis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa PBL efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa kelas lima.

Keywords


keterampilan berpikir kritis; matematika keterampilan pemecahan masalah; pembelajaran berbasis masalah; siswa sekolah dasar

References


Asari, T. R., Balkist, P. S., & Imswatama, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence. PRISMA, 11(2), 447-456. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2440

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209

Dharma, I. A., Suarjana, I., & Suartama, I. K. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2015 / 2016 Di Sd Negeri 1 Banjar Bali. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 3–10.

Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/MOSHARAFA.V9I1.562

Ikhsan, M., Munzir, S., & Fitria, L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika melalui Pendekatan Problem Solving. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 234. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.991

Inayah, S., Septian, A., & Komala, E. (2021). Efektivitas Model Flipped Classroom Berbasis Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2), 138–144.

Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 10(1), 17–29. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098

Kiranadewi, D. F., & Hardini, A. T. A. (2021). Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PPKn. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33860

Kusumastuti, A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif - Adhi Kusumastuti, Ph.D., Ahmad Mustamil Khoiron, M.Pd., Taofan Ali Achmadi, M.Pd, Deepublish - Google Buku.

Liska, L., Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156

Maharani, N. dkk. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Journal.Unj.Ac.Id, 3(1), 48–57.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The Effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375.

Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60-65. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279

Nurdiansyah, S., Sundayana, R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis serta Habits Of Mind Menggunakan Model Inquiry Learning dan Model Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95–106. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.861

Pramesti, P., Matematika, E. S.-C. J. P., & 2021, undefined. (2021). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. J-Cup.Org, 3(1), 48–57.

Prayoga, A., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2652–2665. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.938

Puspitawati, Y., & Mawardi, M. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning Ditinjau Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5247–5255. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1241

Rammadan, A. P., & Budiman, I. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Rawamerta Pada Materi Peluang. PRISMA, 11(1), 154-164. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2049

Ratana Subha Tusitadevi, & Suhandi Astuti. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V. INVENTA, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a3528

Ririn, R., Budiman, H., & Muhammad, G. M. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Solving. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(1), 1. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.772

Septian, A., Inayah, S., Suwarman, R. F., & Nugraha, R. (2019). GeoGebra-Assisted Problem Based Learning to Improve Mathematical Problem Solving Ability. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 467(Semantik), 67–71.

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813

Septian, A., Ramadhanty, C. L., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2021). Mathematical Problem Solving Ability and Student Interest in Learning using Google Classroom. Prosiding International Conference on Education of Suryakancana, 1(1), 155–161.

Setiani, A., Lukman, H. S., & Suningsih, S. (2020). Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. PRISMA, 9(2), 128–135. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.958

Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 48. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).48-58

Soleh, E. R. A., Setiawan, W., & Haqi, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning. PRISMA 9(1), 1-9. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.798

Unaradjan Dominikus. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif - Dominikus Dolet Unaradjan - Google Books. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

V. Herlina. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. In PT Elex Media Komputindo.

Wahyuni, R., Mariyam, M., & Sartika, D. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 26. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.520

Wardono, & Rachmantika, A. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis

Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439–443.

Widodo, S., Septianiady, & Rahayu, P. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Bermuatan Nilai Islam. PRISMA, 9(2), 192–195.

Wulandari, W. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas 4. Jurnal Sekolah Dasar, 8(1), 60.

Yaumil, S. S., Yuhana, Y., & Rafianti, I. (2020). Post Solution Posing dengan Cooperative Tipe Berkirim Salam dan Soal terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 9(1), 77–86. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.922

Zalukhu, D. S., Harefa, A. O., & Mendrofa, N. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 404–410. https://doi.org/10.56248/EDUCATIVO.V1I2.63

Zebua, N. S. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menyelesaikan Masalah Segi Empat dan Segitiga. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 1–16. https://doi.org/10.54367/cartesius.v2i2.602




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.3126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.