Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematika Siswa pada Pembelajaran Daring

Rahma Faelasofi, Binti Anisaul Khasanah

Abstract


Pandemi Covid-19, tentunya membawa dampak perubahan pola tatanan kehidupan terutama terkait dengan pelaksanaan pendidikan mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, hingga pendidikan tinggi. Perubahan tatanan yang ada yaitu adanya kebijakan dilaksanakannya pembelajaran daring pada perguruan tinggi. Pelaksanaan pembelajaran daring pada perguruan tinggi tentunya membawa dampak bagi dosen dan mahasiswa. Salah satunya, pelaksanaan pembelajaran daring pada mata kuliah Kalkulus Lanjut, dimana pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis menjadi tolak ukur hasil belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengindentifikasikan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis matematika pada pembelajaran daring.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, subjek penelitian ini adalah mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus Lanjut. Hasil analisis kemampuan pemecahan masalah matematika, capaian persentase rata-rata pada aspek memahami mencapai 71,43%, aspek membuat rencana pemecahan mencapai 56,75%, aspek melakukan perhitungan mencapai 62,70, dan aspek memeriksa perhitungan mencapai 56,35%. Sedangkan pada kemampuan berpikir kritis matematika dalam penelitian ini diperoleh capaian persentase rata-rata kemampuan memfokuskan pertanyaan mencapai 55,16%, kemampuan mempertimbangkan kredibilitas suatu sumber mencapai 54,76%, kemampuan menganalisis argumen mencapai 44,84%, kemampuan mempertimbangkan hasil keputusan mencapai 44,44%, dan kemampuan memutuskan suatu tindakan mencapai 49,60%.


Keywords


kalkulus lanjut; kemampuan berpikir kritis matematika; kemampuan pemecahan masalah matematika; pembelajaran daring

References


Abdullah, I. H. (2013). Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 2, No. 1, April 2013 ISSN 2089-855X. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 66–75.

Adiya Iva, S., Suyitno, H., & Walid. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Pembelajaran Creative Problem Solving. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 449–458.

Ali, S., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK:Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20887

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 2(1), 39–46.

Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 6356(2), 195–201.

Enriquez, M. A. S. (2014). Students ’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress, 6–11. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Facione, P. A., & Facione, N. C. (2009). The Holistic Critical Thinking Scoring Rubric A Tool for Developing and Evaluating Critical Thinking, the California Academic Press.

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif. 3(2), 155–163.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile Computing Devices in Higher Education: Student Perspectives on Learning With Cellphones, Smartphones & Social media. Internet and Higher Education, 19, 18–26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 121–126.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Matematis dan Adversity Quotient Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118.

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika : Kajian Kualiatatif Deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.

http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/%0APEMBELAJARAN

Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 169. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504

Nurkanca, W., & Sunartana. (1986). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158.

Rahma Faelasofi, Risna Apriliano, W. N. (2020). Students ’ Mathematical Problem Solving Abilities : The Impact of The Cooperative Learning Model and Missouri. DESIMAL : JURNAL MATEMATIKA. 3(3), 279–286. https://doi.org/10.24042/djm

Rahmat, A., & Kadir, S. (2016). Manajemen Kepemimpinan dan Kemampuan Berkomunikasi Kepala Sekolah Pada Kinerja Pendidik. Jurnal Komunikasi Untar, 8(1), 1–11.

Shampa, I. (2016). Google classroom: What works and how? Journal of Education and Social Sciences, 3, 12–18.

Sicat, A. S. (2015). Enhancing College Students’ Proficiency in Business Writing Via Schoology. International Journal of Education and Research, Vol. 3 No.(1 January 2015), 159–178.

Simarmata, J., Djohar, A., Purba, J., & Juanda, E. A. (2018). Design of a Blended Learning Environment Based on Merrill’s Principles. Journal of Physics: Conference Series, 954(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/954/1/012005

Soemarmo, U., & Hendriana, H. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Suwarma, & Mayadiana, D. (2009). Kemampuan Berpikir Kritis matematisa. Jakarta: Cakrawala Maha Karya.

Yasin, M., Fakhri, J., Siswadi, Faelasofi, R., Safi’i, A., Supriadi, N.,

Syazali, M., & Wekke, I. S. (2020). The Effect of SSCS Learning Model on Reflective Thinking Skills and Problem Solving Ability. European Journal of Educational Research, 9(2), 743–752. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.743




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.3061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.