Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Materi Statistika

Isra Nurmai Yenti, Erwin Fernando, Dona Afriyani

Abstract


Seorang pemikir kreatif dapat menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi informasi untuk membangun ide baru. Namun, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa tidak terlalu terlihat dalam proses pembelajaran. Disamping itu, belum ada penelitian terdahulu yang membahas hal seperti ini. Oleh karena itu, pengkajian tentang kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada saat menyelesaikan soal HOTS perlu dilakukan, khususnya pada materi statistika. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas 8 di MTsS Thawalib Tanjung Limau Kabupaten Tanah Datar sebanyak 17 orang. Peneliti sebagai instrumen kunci, sedangkan tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang memuat 3 soal essay dan pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung. Analisis data diolah secara reduksi, disajikan dalam bentuk narasi, dan dilakukan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6) adalah cukup kreatif. Siswa hanya mampu menguasai indikator kebaruan atau fleksibilitas dengan baik.

Keywords


higher-order thinking skills; kemampuan berpikir kreatif matematis

References


Alfafah, A. N., Aniswita, A., & Firmanti, P. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas VIII.C di SMP Negeri 1 Bukittinggi. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), Article 3. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.8064

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Longman.

Asriningsih, T. M. (2014). Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Gamatika, 5(1), 19–28.

Cahyono, A. E. Y. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model PBL berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan inisiatif siswa. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14052

Damayanti, H. T., & Sumardi, S. (2018). Mathematical creative thinking ability of junior high school students in solving open-ended problem. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(1), 36–45.

Fatah, A., Suryadi, D., & Sabandar, J. (2016). Open-Ended Approach: An Effort in Cultivating Students’ Mathematical Creative Thinking Ability and Self-Esteem in Mathematics. Journal on Mathematics Education, 7(1), 11–20.

Flor, R. K., Bita, A., Monir, K. C., & Zohreh, Z. Z. (2013). The effect of teaching critical and creative thinking skills on the locus of control and psychological well-being in adolescents. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 82, 51–56.

Hidajat, F. A. (2021). Students Creative Thinking Profile as a High Order Thinking in the Improvement of Mathematics Learning. European Journal of Educational Research, 10(3), 1247–1258.

Intan, F. M., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2020). Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(1), 6–10.

Kivunja, C. (2015). Exploring the pedagogical meaning and implications of the 4Cs" super skills" for the 21st century through Bruner’s 5E lenses of knowledge construction to improve pedagogies of the new learning paradigm. Creative Education.

Krisdiana, I., Masfingatin, T., Murtafiah, W., & Widodo, S. A. (2019). Research-based Learning to Increase Creative Thinking Skill in Mathematical Statistic. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 012042.

Kurniawati, N. (2018). Mengakses dan memonitor kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas V sekolah dasar dalam pembelajaran matematika. Prisma, 7(1), 99–106.

Mufidah, I. (2014). Identifikasi kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika materi segiempat dan segitiga ditinjau dari kemampuan matematika siswa di kelas vii smpn 1 driyorejo. MATHEdunesa, 3(2).

Ndiung, S., Sennen, E., Helmon, A., & Jediut, M. (2020). Efektivitas model pembelajaran treffinger dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik sekolah dasar. Prisma, 9(2), 167–178.

Nurmasari, N., Kusmayadi, T. A., & Riyadi, R. (2014). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Peluang Ditinjau dari Gender Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(4), Article 4. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/4167

Pratama, G. S., & Retnawati, H. (2018). Urgency of higher order thinking skills (HOTS) content analysis in mathematics textbook. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 012147.

Ramos, J. L. S., Dolipas, B. B., & Villamor, B. B. (2013). Higher order thinking skills and academic performance in physics of college students: A regression analysis. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research, 4(1), 48–60.

Ritter, S. M., & Mostert, N. (2017). Enhancement of Creative Thinking Skills Using a Cognitive-Based Creativity Training. Journal of Cognitive Enhancement, 1(3), 243–253. https://doi.org/10.1007/s41465-016-0002-3

Rudyanto, H. E. (2016). Model discovery learning dengan pendekatan saintifik bermuatan karakter untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01).

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269.

Septian, A., Komala, E., & Komara, K. A. (2019). Pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Prisma, 8(2), 182–190.

Siswono, Y. E. S. (2011). Level of student’s creative thinking in classroom mathematics. Educational Research and Reviews, 6(7), 548–553.

Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction. International Education Studies, 10(11), 78–85.

Widiastuti, S., & Imami, A. I. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas XI. PRISMA, 11(1), 60–70.

Zaiyar, M., & Rusmar, I. (2020). Students’ creative thinking skill in solving higher order thinking skills (HOTS) problems. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 111–120.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.3034

Refbacks



Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.