Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Animasi terhadap Hasil Belajar Matematika di SMPN 2 Rantau Selatan

Ernida Safitri Ritonga, Lily Rohanita Hasibuan

Abstract


Salah satu faktor keberhasilan dalam edukasi matematika adalah kemampuan anak didik dalam memecahkan masalah matematika. Situasi saat ini adalah bahwa anak didik masih belum mampu memecahkan masalah terkait matematika. Sistem pelaksanaan edukasi terpadu dengan media edukasi menuntut anak didik untuk mampu memecahkan masalah matematika. Tujuan dari riset ini ialah dalam rangka upaya mengidentifikasi dampak serta pengaruh dari penggunaan sistem pelaksanaan edukasi problem based learning (PBL) berbantuan media animasi terhadap pemecahan masalah numerik dan statistika dasar anak didik. Riset ini dilakukan di SMPN 2 Rantau Selatan. Metode riset yang dimanfaatkan adalah quasi experiment sedangkan desain riset yang dimanfaatkan adalah post-test only control group design. Subjek penelitian adalah seluruh anak didik kelas IX dan sampel yang dimanfaatkan adalah kelas IX2 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX3 sebagai kelas control. Teknik simple random sampling digunakan dalam pengambilan sample. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data statistik deskriptif dengan menggunakan instrumen angket dan tes. Berdasarkan hasil data riset diketahui bahwa rata-rata postes matematika di ruang eksperimen adalah 72,75 dan rata-rata postes matematika di ruang kontrol adalah 47,47. Anak didik menanggapi penerapan model pendidikan sebagai masalah dengan skor rata-rata 78,13. Sedangkan rata-rata respon anak didik terhadap media animasi adalah 78,7.


Keywords


media edukasi animasi; matematika; problem based learning

References


Adelia Rahmawita, Soewarno S, A. W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Melalui Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(2), 253–258.

Anggreini, E., Zulkarnain, & Ariawan, R. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X SMK Yabri Terpadu Pekanbaru Erna Anggreini. Aksiomatik, 7(1), 34–40.

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Febriasari, L. K., & Supriatna, N. (2017). Enhance Environmental Literacy through Problem Based Learning. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012163

Firdaus, M. K. Z. H., Komariah, M., & Che Hasan, M. K. (2022). The Use of Advanced Technology in Providing Chronic Care. International Journal of Care Scholars, 5(1), 1–2. https://doi.org/10.31436/ijcs.v5i1.239

Hamdani, Vitoria, L., & Israwati. (2018). Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Jaring-Jaring Bangun Ruang di Kelas V SDN Lam Ilie Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 3(2), 1–9.

Harini, E., & Taufiq, I. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap Perkuliahan Online di Masa Pandemi Covid-19. PRISMA, 10(1), 44–53. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1121

Hidayatullah, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Adobe Flash Pada Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Kelas XII SMA Negeri 16 Makassar.

Husnidar, & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72.

Lestari, D., Friansah, D., & Egok, A. S. (2021). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2231–2240.

Madyaratri, D. Y., Wardono, & Prasetyo, A. P. B. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. PRISMA, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 2, 648–658. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29213

Maryati, I., & Suryaningsih, F. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri. PRISMA, 10(2), 244–254. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1308

Qurohman, M. T., & Sungkar, M. S. (2018). Integrasi Pembelajaran Matematika Problem Based Learning dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 303–313. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.2908

Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Media Bangun Ruang dan Bangun Datar Pada Siswa Kelas V SDN Jomin Barat I. JPSD, 4(2), 204–215.

Ramadanti, F., Mutaqin, A., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Penyajian Data untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2733–2745. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.759

Reny, R. R., Hutapea, N. M., & Saragih, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 701–717. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.369

Rohmah, W. N., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. PRISMA, 9(2), 179–191.

Sari, R. K., Mudjiran, M., Fitria, Y., & Irsyad, I. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Berbantuan Permainan Edukatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5593–5600. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1735

Septian, A. (2022). Student’s Mathematical Connection Ability through Geogebra Assisted Project-Based Learning Model. Jurnal Elemen, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4323

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Mathematical Representation Ability through Geogebra-Assisted Project- Based Learning Models. Journal of Physics : Conference Series, 1657(1), 012019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012019

Setiani, A., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2022). Validitas Media Pembelajaran Matematika Berbentuk Video pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. PRISMA, 11(2), 538–547. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2523

Silvi, F., Witarsa, R., & Ananda, R. (2020). Kajian Literatur tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3360–3368.

Simatupang, I. N., Hasibuan, L. R., & Irmayanti. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Higher Order Thinking. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 5(2), 53–59.

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. PRISMA, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929

Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The Ability of Understanding Mathematical Concept and Self-Regulated Learning Using Macromedia Flash Professional 8. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012074




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.