Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended Problem berbantuan Software Geogebra

Tio Rosalina Siburian, Zetriuslita Zetriuslita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang dikategorikan ke dalam valid, praktis, dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika pada penelitian ini menggunakan model atau metode pengembangan ADDIE, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon, dan kisi-kisi soal. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil analisis kevalidan perangkat pembelajaran, yaitu silabus, memperoleh skor 83,33%, dikategorikan cukup valid, artinya dapat digunakan dan direvisi kecil. Skor rata-rata validasi RPP dan LKPD adalah 82,77% dan 83,44%, dikategorikan cukup valid, artinya dapat digunakan dan direvisi kecil. Hasil analisis data kepraktisan menunjukkan bahwa skor rata-rata angket respon guru yaitu 80% dan angket respon peserta didik yaitu 80%, yang termasuk ke dalam kategori praktis. Kemudian, hasil analisis data keefektifan memperoleh rerata sebesar 77,57%, dengan kategori efektif. Selanjutnya, perangkat pembelajaran direvisi sesuai saran validator, sehingga dihasilkan perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan open ended berbantuan software geogebra yang valid, praktis dan efektif, dimana perangkat pembelajaran layak dan dapat diaplikasikan dalam pembelajaran matematika.


Keywords


LKPD, pendekatan open ended problem, RPP, silabus, software Geogebra

References


Agistnie, R., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2022). Model Pembelajaran Kolb-Knisley Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA. PRISMA, 11(2), 395-405. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2414

Agustianingsih, A., Lusiana, & Kesumawati, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Materi Kubus berdasarkan Pendekatan Open Ended berbantuan Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1787–1796.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Rosdakarya.

Alvionita, E., Abdurrahman, & Herlina, S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Guided Discovery Learning pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa Kelas X SMA. Aksiomatik, 7(1), 48–55.

Aras, I. (2018). Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika. Edukasia: Jurnal Pendidikan, 5(2), 56–65.

Arbayanti, Sthephani, A., Abdurrahman, & Istikomah, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Group Investigation (GI) Pada Materi Bangun Datar Segiempat. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 6(Volume 6), 60–

Delyana, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended. Lemma, 2(1), 26–34.

Fahrurrozi, M., & Mohzana. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Tinjauan Teoretis dan Praktek. Nusa Tenggara Barat : Universitas Hamzanwadi Press.

Farrel, G., Ambiyar, & Simatupang, W. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Pada SMK Dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1185–1190.

Fitriana, R., Rinaldi, A., & Suherman, S. (2021). Geogebra pada Aplikasi Sigil sebagai Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika. PRISMA, 10(1), 106–120. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1118

Fitriasari, P. (2017). Pemanfaatan Software Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal UIN Raden Fatah, 57–69.

Inayah, S., Septian, A., & Komala, E. (2021). Efektivitas Model Flipped Classroom Berbasis Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2), 138–144.

Maharani, D., Abdurrahman, A., Andrian, D., & Istikomah, E. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Materi Dimensi Tiga pada Sekolah Menengah Pertama. Prisma, 11(2), 436.

Mahmudi, A. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, 469–477.

Monariska, E., Jusniani, N., & Sapitri, N. H. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine. PRISMA, 10(1), 130-140. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1228

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan : Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta : UNY Press.

Nikmah, L. (2021). Guru Pembelajar, Guru Ideal. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 1(2), 305–316.

Permana, E., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 10(2), 79–85.

Putrawan, A., Suharta, I., & Sariyasa. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Scientific Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Program Studi Matematika, 3.

Sadiyyah, R., Gustiana, M., Panuluh, S. D., & Sugiarni, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Berbasis Mobile Learning untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. PRISMA, 8(1), 80-95. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.616

Salsabila, G., Septian, A., Inayah, S., Hanifah, N., & Komala, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Visualization , Auditory , Kinesthetic ( VAK ) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Intellectual Mathematics Education (IME), 1(1), 33–39.

Septian, A. (2022). Student’s Mathematical Connection Ability through Geogebra Assisted Project-Based Learning Model. Jurnal Elemen, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4323

Septian, A., Fahrisyal, M. L., & Jusniani, N. (2022). Pengembangan GeoGebra Classroom Pada Materi Transformasi Geometri. PRISMA, 11(2), 504–514. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2483

Septian, A., Komala, E., & Komara, K. A. (2019). Pembelajaran dengan Model Creative Problem Solving (CPS)untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. PRISMA, 8(2), 182–190.

Setiani, A., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2022). Validitas Media Pembelajaran Matematika Berbentuk Video pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. PRISMA, 11(2), 538–547. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2523

Sugandi, A., Sofyan, D., & Maesaroh, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Deduktif Induktif Berbantuan Geogebra dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Masa Pandemi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 149–159.

Sugiarni, R., Septian, A., & Inayah, S. (2022). Lesson study: Improving The Quality of Learning through on Flipped Classroom Learning Model. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 6(2), 108–115. https://doi.org/10.17977/um076v6i22022p108-115

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung : Alfabeta.

Supriyadi, E., Septian, A., Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2022). GeoGebra Research in Indonesia: A Bibliometric Analysis. PRISMA, 11(2), 559–575. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2572

Syahbana, A. (2016). Belajar Menguasai GeoGebra (Program Aplikasi Pembelajaran Matematika). Palembang : Noer Fikri Offset.

Widyanti, Zetriuslita, Suripah, & Qudsi, R. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(03), 47–57.

Zetriuslita. (2020). The Effect Of Geogebra-Assisted Direct Instruction On Students ’ Self-Efficacy And Self-Regulation. Journal of Mathematics Education, 9(1), 41–48.

Zetriuslita, Nofriyandi, & Istikomah, E. (2020). The Increasing Self-Efficacy and Self-Regulated through GeoGebra Based Teaching reviewed from Initial Mathematical Ability (IMA) Level. International Journal of Instruction, 14(1), 587–598




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.