Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP pada Materi Aritmatika Sosial

Merli Oktapiani, Laelasari Laelasari, M Dadan Sundawan

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan dalam menyelesaikan soal dengan cara memahami suatu masalah, menyusun rencana, menyelesaikan masalah dan membuat kesimpulan. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa SMP pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini siswa kelas VII di salah satu SMP yang berada di wilayah kabupaten Cirebon yang memiliki kemampuan awal matematis (KAM) tinggi, sedang dan rendah masing-masing berjumlah dua siswa yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis, wawancara, dan angket self-confidence. Selain itu, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan memberikan soal tes, angket, dan wawancara. Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan Kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematis (KAM) tinggi diperoleh kemampuan pemecahan masalah matematis dan  self-confidence sedang. Kemampuan awal matematis (KAM) sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis sedang dan rendah, self-confidence yang sedang dan rendah. Sedangkan siswa dengan kategeori kemampuan awal matematis (KAM) rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis rendah, self-confidence yang sedang dan rendah.


Keywords


aritmatika social; kemampuan pemecahan masalah; self-confidence

References


Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78

Andayani, F., Widodo, S. A., & Agustito, D. (2021). Perancangan Media Pembelajaran Berbentuk Pop Up Book untuk Pencapaian Kemampuan Memecahkan Masalah Matematis pada Materi Aritmatika Sosial. PRISMA, 10(2), 156-169. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1838

Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279

Asari, T. R., Balkist, P. S., & Imswatama, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence. PRISMA, 11(2), 447-456. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2440

Asri, E. W., Rinaldi, A., Putra, R. W. Y., Leni, N., & Sodiq, A. (2021). Efektivitas Model Reciprocal Teaching dengan Heuristik-KR: Pengaruh Terhadap Kemampuan Representasi dan Self Confidence. PRISMA, 10(2), 182-192. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1542

Desianty Nur Adilla, & Nurhabibah, R. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa SMP pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Equation Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2020), 172–181.

Dewi, S. N., & Minarti, E. D. (2018). Hubungan Antara Self-Confidence terhadap Matematika dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 189–198. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.37

Fadillah, S., & Ardiawan, Y. (2021). Pengaruh Model Problem Solving dan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Self Confidence. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1373-1383. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3664

Fitayanti, N., Rahmawati, A., & Asriningsih, T. M. (2022). Pengaruh Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. 5(2), 335–344. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.335-344

Gumanti, G., Maimunah, M., & Roza, Y. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kecamatan Bantan. PRISMA, 11(2), 310-319. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2301

Inggriyani, F.-, Hamdani, A. R., & Dahlan, T. (2019). Minat Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Blended Learning melalui Google Classroom pada Pembelajaran Konsep Dasar Bahasa Indonesia SD. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(1), 28. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i1.8649

Lailiyyah, S., Sunismi, & Fathani, A. H. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Melalui Strategi Formulate Share Listen Create dan Metode Suggestopedia pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 14(7), 69–76.

Muhammad, G. M., Septian, A., & Sofa, M. I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 315–326. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.140

Nurkhalipah, R., Ramlah, R., & Warmi, A. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Teori Polya ditinjau dari Self-Confidence Siswa SMP. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, 8(2), 145–156.

Putra, H. D., Putri, W. A. S., Fitriana, U., & Andayani, F. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 60–70. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1313

Rismen, S., Juwita, R., & Devinda, U. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 163–171. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.159

Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275–290. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1261

Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, C. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 61–68.

Septian, A. (2022). Student’s Mathematical Connection Ability through Geogebra Assisted Project-Based Learning Model. Jurnal Elemen, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4323

Septian, A., Muhammad, G. M., & Rahmah, I. Z. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Learning Cycle Berbantuan Google Classroom. Jurnal Padegogik, 5(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.35974/jpd.v5i1.2634

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813

Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan (Kedua). Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.