Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Langkah Polya
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aminah, S. (2018). Efektifitas Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Indagril Jurnal.
Arafiq, Rasyid. (2014). Analisis Kesalahan Siswa MTS Dalam Memecahkan Soal Cerita Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Berdasarkan Gaya Belajar.Tesis. Surabaya: Pasca Sarjana Unesa.
Arif. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pytagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman Di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember.
Astutik. (2015). Analisis Kealahan Siswa Dalam Menyekesaikan Soal Cerita Aritmetika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematik STKIP PGRI Siduarjo.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dewi Dkk. (2014). Peningkatan Polya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Memecahkan Soal Cerita Matematika Kelas V. Jurnal PTK Khusus.
Dian, Rizky. Dkk (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Madrasah Dasar. 3(4).
Fitriani A. (2018). Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Pedagogy (Jurnal Pendidikan Matematika). FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo. 3,(1).h.138-147.
Karnasih, Ida. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis. Jurnal Paradikma FMIPA.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 81A Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 10(1), 17–29. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098
Masita. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmetika Sosial. Jambi: UIN Saifudin.
Monariska, E. (2014). Penggunaan Self Regulated Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri Dan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Siswa. Thesis. Bandung: Unpas.
Monariska, E., Jusniani, N., & Sapitri, N. H. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine. Prisma, 10(1), 130. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1228
NCTM. (2000). Principles And Standard For School Mathematichs. United States Of America: The National Council Of Teacher Of Mathematics . Inc
Nugroho, R.A (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Polya.
Nurul, Farida. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP.
OECD (2019). Programme For International Student Assesment (PISA).
Polya, G. (1985). How Solve It: New Aspect Of Matematical Methode. New Jersey: Princeton University Press.
Rabudianto, Fransiskus. (2015). Profil Berpikir Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Tesis. Surabaya: Pasca Sarjana Unesa.
Roebyanto & Harmini. (2017). Pemecahan Masalah Untuk PGSD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Russeffendi. (2014). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan Dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Septian, A., & Maghfirah, D. (2021). Mathematical Literacy Skills using Google Classroom on Trigonometry. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2515–2525. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4263
Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813
Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Solichan. (2000). Menteri Pembinaan Guru SD Di Daerah. Yogyakarta: PPPG Matematika.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Surat, I Made. (2016). Pembentukan Karakter dan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik. Jurnal EMASAINS, IKIP PGRI Bali. Volume V, Nomor 1, h.57-65.
Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929
Susanto, Herry Agus. (2011). Pemahaman Pemecahan Masalah Pembuktian Sebagai Sarana Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA,Universitas Negeri Yogyakarta, h.189-196.
Umam. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Operasi Hitungan Pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.
Widiharto, Christoporus Argo Dkk .(2008). Perilaku Bullying Ditinjau Dari Harga Diri Anak Dan Pemahaman Moral Anak.
Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK pada Materi Trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28–39. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8566
Widodo, S., Septianiady, & Rahayu, P. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Bermuatan Nilai Islam. Prisma, 9(2), 192–195.
Yaumil, S. S., Yuhana, Y., & Rafianti, I. (2020). Post Solution Posing dengan Cooperative Tipe Berkirim Salam dan Soal terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 9(1), 77–86. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.922
DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2530
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 PRISMA
Prisma Indexing :Â
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.