Analisis Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik SMP Berdasarkan Self-Efficacy melalui Strategi Brain Based Learning

Siti Yuli Yanisa, Heru Sujiarto, Luki Luqmanul Hakim

Abstract


Hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 yang diterbitkan pada maret 2019 dalam kategori kemampuan matematika, Indonesia berada di peringkat ke-7 dari bawah (73) dengan skor rata-rata 379 khususnya pada peserta didik SMP. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan matematika di Indonesia berada pada kuadran low performance. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan matematika yang kuat. Salah satu kemampuan matematika tersebut ialah kemampuan literasi matematis Selain kemampuan kognitif perlu di imbangi dengan kemampuan afektif salah satunya yaitu Self-Efficacy. Sehingga kedua kemampuan tersebut memiliki keterkaitan dalam meningkatkan kemampuan matematika peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematis peserta didik SMP berdasarkan klasifikasi tingkat Self-Efficacy pada kategori sangat tinggi, tinggi, sedang dan rendah melalui strategi Brain Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP kelas VIII.3 berjumlah 39 oranng yang dilakukan di salah satu SMP di Jakarta Barat yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini diperoleh beberapa literatur yang relevan seperti artikel/jurnal yang dapat menjelaskan tentang literasi matematis, Self-Efficacy dan model pembelajaran Brain Based Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data dengan angket dilakukan untuk mengetahui klasifikasi tingkat Self-Efficacy peserta didik SMP. Sedangkan pengumpulan data dengan tes dilakukan untuk mengetahui, mendeskripsikan serta menganalisis kemampuan literasi matematis peserta didik SMP berdasarkan Self-Efficacy. Dalam penelitian ini, pengolahan data dilakukan dengan cara yaitu pengarsipan data, membuat daftar data serta pengumpulan dan pengelompokkan data. Adapun teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif menurut John W. Creswell dengan langkah-langkah yaitu: 1) Mengorganisasikan dan Menyiapkan Data yang akan Dianalisis, 2) Baca dan Lihat Seluruh Data, 3) Membuat Koding Seluruh Data, 4) Menggunakan Koding sebagai Bahan untuk Membuat Deskripsi, 5) Menghubungkan Antar Tema, 6) Memberi Interpretasi dan Makna Tentang Tema. Adapun hasil analisis jawaban tes kemampuan literasi matematis menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis peserta didik yang memiliki tingkat Self-Efficacy tinggi dapat mencapai indikator PISA dengan sangat baik. Kemampuan literasi matematis peserta didik yang memiliki tingkat Self-Efficacy sedang dapat mencapai beberapa indikator PISA dengan baik. Kemampuan literasi matematis peserta didik yang memiliki tingkat Self-Efficacy rendah tidak dapat mencapai indikator PISA.


Keywords


brain based learning; kemampuan literasi matematis; self-efficacy

References


Agustina, L., Roesdiana, L., & Imami, A.I. (2019). Implementasi model brain-based learning dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa sma. Prosiding Sesiomadika, 1(1a).

Bandura, A. (1994). Self-Efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of Human Behavior (Vol. 4, pp. 71-81). New York: Academic Press. (Reprinted in H. Friedman (Ed.) (1998). Encyclopediaof Mental Health. San Diego: Academic Press).

Bandura. (1997). Self-efficacy (The Exercise Of Control). New York: W.H. Freeman and Company.

Deilami, D.M.J., Abbasian, H., & Kazemipour, S.A. (2022). The effectiveness of brain-based mathematics teaching on academic procrastination, comprehension, and learning rate of students with Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Journal of Psychology and Psychiatry. 8 (6): 125-137.

Jensen, E. (2011). Pembelajaran Berbasis Otak (Edisi Kedua). Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media

Katrancı, Y. & Şengül, S. (2019). The relationship between mathematical literacy and visual math literacy self-efficacy perceptions of middle school students. Pegem Eğitim ve Öğretim Dergisi, 9(4), 1113-1138.

Maddux, J. E. (2013). Self-Efficacy, Adaptation, and Adjustment: Theory, Research, and Application. Jerman: Springer US.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?. Journal of Mathematics Education. Vol 4, No. 1, p 89-100, 2011.

Rulyansah, A., Hasanah, U., & Wardana, L.A. (2017). Model Brain Based Learning (Multiple Intelligences): Penunjang Pembelajaran 4.0. (n.p.): LPPM IAI Ibrahimy Genteng Press Editor: Rima Trianingsih M.Pd., Erisy SyawiriL Ammah, M.Pd.

Sahid, N.A., Tayeb, T., Asnita, A U., & Majid, A.F. (2020). The Effectiveness of Learning with a Brain Based Learning Approach to Understanding Mathematical Concepts of Junior High School. Mathematics Education, 2(1), 71-80.

Sari, R.H.N. (2015). Literasi matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, UNY (pp. 713-720).

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: PT Kanisius

Stacey, K., & Turner, R. (2014). Assessing Mathematical Literacy: The PISA Experience. Jerman: Springer International Publishing.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.