Pengaruh Ketahanmalangan dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Pelajaran Matematika

Sarah Caesarani, Anton Nasrullah, Melinda Putri Mubarika

Abstract


Kesulitan belajar yang dilami siswa dalam mempelajari matematika disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep dasar matematika dan faktor internal: motivasi belaja dan ketahanmalangan. Tujuan penelitian; 1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh ketahanmalangan dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri di Jakarta; 2) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh ketahanmalangan terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri di Jakarta; 3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik sampling proportionate cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep dan angket dengan teknis analisis data uji korelasi dan regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri di Jakarta. Sampel terdiri dari tiga sekolah siswa SMP Negeri di Jakarta masing-masing berjumlah 19 siswa. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu Pemahaman Konsep Matematika (Y) dan dua variabel bebas, yaitu Ketahanmalangan (X1) dan Motivasi Belajar (X2). Hasil yang dicapai; 1) terdapat pengaruh ketahanmalangan dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri di Jakarta; 2) terdapat pengaruh ketahanmalangan terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri di Jakarta; 3) terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri di Jakarta.

Keywords


ketahanmalangan; motivasi belajar; pemahaman konsep; matematis

References


Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80-86.

Ardat, A. (2014). Penerapan Teori Bruner dan Peta Konsep dalam Meningkatkan Penalaran dan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Tarbiyah, 21(1).

Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Edupedia, 4(2), 172-180.

Dewi, M. (2017). Pengaruh kemandirian dan ketahanmalangan (adversity quotient) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87-100.

Halimah, S. (2019). Pengaruh Kemandirian Dan Ketahanmalangan (Adversity Quotient) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Belajar Matematika Pada Siswa Sma Muhammadiyah 18 Sunggal TP 2019/2020 (Doctoral dissertation).

Hari, N. P. K. (2020). Pengaruh Ketahanmalangan dan Regulasi Diri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 224-234.

Indriyani, A., Saefulloh, M., & Riono, S. B. (2020). Pengaruh diklat kependidikan dan kesejahteraan guru terhadap kualitas guru di sekolah dasar negeri di kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon. Syntax Idea, 2(7).

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2, 231-234.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 20(4), 441-451.

Juwana, I. D. P., & Wiguna, D. G. E. S. (2019). Determinasi Konsep Diri dan Ketahanmalangan (Adversity Quotient) terhadap Kreativitas Mahasiswa Jurusan S1 Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bali: Determination of Self-Concept and Adversity Quotient on Student Creativity in S1 Mathematics Education Department IKIP PGRI Bali. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 8(1), 112-121.

Octavia, S. A. (2020). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja. Deepublish.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal kependidikan, 5(2), 216-232.

Purba, F. J. (2015). Pengaruh model problem-based learning (PBL) dengan pemahaman konsep awal terhadap keterampilan proses sains (KPS) siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 8-13.

Ramdani, R. (2014). Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Metakognisi, dan Kecerdasan Ketahanmalangan Terhadap Prestasi Belajar Metamatika Siswa SMK Negeri di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Sihombing, S., Silalahi, H. R., Sitinjak, J. R., & Tambunan, H. (2021). Analisis minat dan motivasi belajar, pemahaman konsep dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar selama pembelajaran dalam jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 4(1), 41-55.

Siregar, N. (2011). Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural matematika siswa SMP. Jurnal Paradikma, 4(02), 185-201.

Sugiyono. (2010). MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta

Suhendri, H., & Ningsih, R. (2018). Peranan Ketahanmalangan dan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1).

Syaharani, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif dan kemandirian belajar terhadap penguasaan konsep Biologi (Studi Kasus Siswa SMP Negeri 1 Kota Tangerang). ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1).

Virgana, V., Samin, S., & Ningsih, R. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 95-108.

Wardana, D. S. (2013). Motivasi berprestasi dengan kinerja guru yang sudah disertifikasi. Jurnal ilmiah psikologi terapan, 1(1), 98-109.

Wiguna, D. G. S. (2020). Penguatan soft skill dan ketahanmalangan (adversity quotient) dengan pendekatan budaya lokal spiritual dalam pengembangan good character siswa. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(2), 529-543.

Yasa, I. K. R., Candiasa, D. I. M., Komp, M. I., Agustini, K., & Si, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Ketahanmalangan. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 7(1).

Yulistiana, Y. (2015). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Persepsi pada Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.