Analisis Literasi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Self-Efficacy dan Habits of Mind

Rizki Alamudin, Nani Ratnaningsih, Sri Tirto Madawistama

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan literasi matematis peserta didik ditinjau dari self-efficacy dan habits of mind. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu think aloud methods, meliputi angket self-efficacy, angket habits of mind, tes literasi matematis dan wawancara tidak terstruktur. Intrumen penelitian meliputi peneliti, angket self-efficacy, angket habits of mind, dan soal tes literasi matematis. Pengambilan subjek penelitian dari masing-masing kategori self-efficacy dan habits of mind yang sama diambil 1 orang dengan pertimbangan yang dapat memberikan informasi lebih lengkap dan jelas. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa subjek self-efficacy tinggi dan habits of mind tinggi, memenuhi ketiga proses literasi matematis yaitu merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan. Subjek self-efficacy sedang dan habits of mind sedang memenuhi dua proses literasi matematis yaitu merumuskan dan menggunakan. Subjek self-efficacy rendah dan habits of mind rendah belum memenuhi ketiga aspek proses literasi matematis.


Keywords


habits of mind; literasi matematis; self-efficacy

References


Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Busnawir, B., Misu, L., Sudia, M., Idris, M., Sadikin, S. (2021). Analysis Of Mathematical Literacy Ability In Terms Of Self-Efficacy High And Low. International Journal of New Trends in Arts, Sports & Science Education. Vol 10 (5).

Farida, R. N., Qohar, A., Rahardjo, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5 (3).

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., Sumarmo, U. (2017) Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Indrawati, F. A., Wardono. (2019). Pengaruh Self-efficacyTerhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Jerau, E. E., Wardono., Dwidayanti, N. K. (2021). Mathematical Literacy Ability Viewed by Students’ Mathematical Habits of Mind Using Quick on the Draw Model With SPUR Approach. Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol 10 (1).

Lestari, D. I., Waluya, S. B., Mulyono. (2020). Mathematical Literacy Ability And Self-Efficacy Students In Search Solve Create And Share (SSCS) Learning With Contextual Approaches. Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol 9 (2).

Malasari, P. N., Herman, T., Jupri, A. (2019). Kontribusi Habits Of Mind Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2 (2).

Martalyna, W., Isnarto., Asikin, M. (2018). Students’ Mathematical Literacy Based on Self-Efficacy By Discovery Learning With Higher Order Thinking Skills-Oriented. Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol. 7 (1).

Masfufah, R., Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 10 (2).

Masjaya. Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Muhazir, A., Hidayati, K., Retnawati, H. (2020). Literasi matematis dan self-efficacy siswa ditinjau dari perbedaan kebijakan sistem zonasi. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 15 (2).

Nizham, H., & Suhendra, S. (2017). Improving ability mathematic literacy, self-efficacy and reducing mathematical anxiety with learning Treffinger model at senior high school students. International Journal of Science and Applied

Science: Conference Series (Vol. 2, No. 1, pp. 130-138).

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

Pamungkas, A. S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi pada Materi Bilangan Bagi Mahasiswa Calon Guru SD. JPSD. Vol. 3 (2).

Parastuti, N. E., Agustina, E. N. S., Mubarokah, L. (2018). Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Self-Efficacy.

Sari, D. Y., Sigit, D. V., Adisyahputra. (2018). The Effect of Self-efficacy, Gender, Habits of Mind to Cognitive Learning Outcomes of High School Student on Biology Subject. International Journal of Innovative Research & Development.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono., Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. UNNES.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.