Analisis Numerasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal AKM

Ima Tresnasih, Nani Ratnaningsih, Diar Veni Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi peserta didik dalam menyelesaiakan soal Asesmen Kompetensi Minimum. Subjek penelitian dipilih berdasarkan kemampuan peserta didik kelas VIII SMPN 4 Ciamis yaitu terdiri dari 3 subjek dengan masing-masing 1 peserta didik untuk setiap kemampuan (tinggi, sedang, dan rendah). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal AKM dan pedoman wawancara. Tes disajikan dalam bentuk soal cerita sebanyak 1 nomor dan akan mengungkap 3 indikator Kamampuan numerasi. Teknis analisis data yang digunakan menurut Miles dan Hiberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu think aloud. Hasil Penelitian menunjukkan, Subjek kemampuan tinggi mampu mengungkap 3 indikator yaitu indicator ke-1, kedua dan indikator ke-3. Subjek kemampuan sedang mampu mengungkap 2 indikator yaitu indicator ke-1 dan ke-2, dan Subjek kemampuan rendah mampu hanya mengungkap 1 indikator yaitu hanya indicator yang ke-1. Adapun Indikator kemampuan numerasi yang dimaksud yaitu (1) mampu menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari, (2) Menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram dan lain sebagainya), dan (3) menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan.


Keywords


AKM; kemampuan numerasi; matematis

References


Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 80-90.

Aisah, H. dkk. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan.

Asrijanty, P. . (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.

Cahyanovianty, W. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Pendidikan Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planing, Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston, MA: Pearson.

De Lange, J. (2006). Mathematical Literacy For Living From OECD-PISA Perspective. Freudenthal Institute, Utrecht University. Netherlands.

Ekowati, D. W., dkk. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Han, W., Santoso, D., & dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Hartatik, S., & Nafiah. (2020). Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 32-42.

Johar, R. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 30-41

Kemdikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum 2020 1.

Kurniawati, I. (2019). Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk, Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 8: 2. 441-448.

Masitoh, T. (2019). Proses Berpikir Probabilistik Peserta DIdik dalam Menyelesaikan Permasalahan Probabilitas. Universitas Siliwangi: Skripr

Miles, M.B., dan Huberman, A.M. (1994). Qualitative Data Analysis: an expanded sourcebook (Second Edition). California, Amerika: SAGE Publications. Retrieved from https://vivauniversity.files.wordpress.com/2013/11/milesandhuberma

n1994.pdf

Mustagfiroh. (2020). Memanfaatkan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Untuk Mendesain Multimodal Learning. Jurnal Guru Inovatif. 2. 1. 48-62 Prosiding seminar Matematika Indonesia.

OECD. PISA. (2012). Assesment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publisher, 2013.

OECD. (2017). PISA for Development Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-for-development-assessment-and-analytical- framework_9789264305274-en

Panggabean, R. F. S. B., & Tamba, K. P. (2020). Kesulitan Belajar Matematika: Analisis Pengetahuan Awal [Difficulty in Learning Mathematics: Prior Knowledge Analysis]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 4(1), 17. https://doi.org/10.19166/johme.v4i1.2091

Pangesti, F.T. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika dengan Soal HOTS, Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education. 5: 9. 566-575.

Pendidikan, (2019). Merdeka Belajar. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–21.

Qasim, Kadir, & Awaludin. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri DiKabupaten Buton Utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume 3No 3 .

Sari, S. P. (2015). Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VII dalam Mengerjakan Soal Tipe PISA Materi Aljabar.Tesis. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Syawahid, M. (2019). Mathematical Literacy In Algebra Reasoning. 02(1), 33–46.

Wardhani, S., & Rumiati. (2011) Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Kemendikbud.

Wardono, & Mariani, S. (2017). “The analysis of mathematics literacy on PMRI learning with media schoology of junior high school studentsâ€. IOP Conf. Series: Journal of Physic. Series 983 (2018) 012107 doi :10.1088/1742-

/983/1/012107

Wigati, T. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SD Pada Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pendekatan PMRI. Tesis. Prodi Pendidikan Dasar. Pasca Sarjana. Universitas Negeri Semarang.

Wulandari, E., & Azka, R. (2018). Menyambut Pisa 2018 : Pengembangan Literasi Matematika Untuk. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.