Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence

Tri Rahayu Asari, Pujia Siti Balkist, Aritsya Imswatama

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa. Hal itu dikarenakan kemampuan pemecahan masalah merupakan tujuan umum dari pembelajaran matematika, bahkan bisa disebut sebagai jatungnya matematika, pemecahan masalah juga merupakan proses inti dan dalam kurikulum matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskrisikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self confidence. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualiiatif yang bersifat deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini berjumlah 3 orang yang masing-masing diambil dari hasil angket self confidence pada kategori tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini, yaitu: 1) siswa yang memiliki self confidence tinggi berada pada kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi, 2) siswa yang memiliki self confidence sedang berada pada kemampuan pemecahan masalah kategori rendah, 3) siswa yang memiliki self confidence rendah berada pada kemampuan pemecahan masalah kategori rendah.

Keywords


kemampuan pemecahan masalah; self confidence

References


Aini, K. N. (2019). Proses Koneksi Matematis Mahasiswa Calon Guru Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 253–264.

Artika, T., & Karso, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps). Prisma, 8(2), 191–200. https://doi.org/10.35194/jp.v8i2.791

Hsu, T. C., Abelson, H., Lao, N., & Chen, S. C. (2021). Is It Possible for Young Students to Learn the AI-STEAM Application with Experiential Learning? Sustainability 2021, Vol. 13, Page 11114, 13(19), 11114. https://doi.org/10.3390/SU131911114

Inayah, S., Septian, A., & Suwarman, R. F. (2020). Student Procedural Fluency in Numerical Method Subjects. Desimal: Jurnal Matematika, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.24042/djm.v3i1.5316

Hotipah, P. (2020). Mathematical Representation Ability by Using Project Based Learning on the Topic of Statistics. Journal on Mathematics Education, 3(1), 69–79. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2535

Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 213. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2157

Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 10(1), 17–29. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, VI(2), 119–131.

Nuryanti, S., Saepudin, E., Hutajulu, M., & Herdiana, H. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Prisma, 8(1), 36. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.381

Pardimin, P. (2018). Self-Efficacy Matematika Dan Self-Efficacy Mengajar Matematika Guru Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 29. https://doi.org/10.17977/um048v24i1p29-37

Parlina, M., Septian, A., & Inayah, S. (2021). Students’ Mathematical Problem Solving Ability Using the Kaizala Application Assisted E-Learning Learning Model. Jurnal Padegogik, 4(2), 23–31. https://doi.org/https://doi.org/10.35974/jpd.v4i2.2528

Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1335

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813

Suyitno, A., & Suyitno, H. (2015). Learning Therapy For Students In Mathematics Communication Correctly Based-On Application Of Newman Procedure (A Case Of Indonesian Student). International Journal of Education and Research, 3(1).

Yaumil, S. S., Yuhana, Y., & Rafianti, I. (2020). Post Solution Posing dengan Cooperative Tipe Berkirim Salam dan Soal terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 9(1), 77–86. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.922




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.