Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Menggunakan Soal Cerita Islami
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan ditinjau dari adversity quotient. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 199–210. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.29024
Diana, M., Netriwati, N., & Suri, F. I. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami dengan Pendekatan Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 7. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1906
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322.
Fatmala, R. R., Sariningsih, R., & Zhanty, S. L. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp kelas vii pada materi aritmetika sosial. 04(01), 227–236.
Fauza, A., Napitupulu, E. E., & Khairani, N. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa menggunakan Pembelajaran Penemuan Terbimbing dan Pembelajaran Ekspositori. 13(2), 61–67.
Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. JIPMat, 4(1).
Harahap, M. R., & Harahap, H. S. (2021). Implementasi Pemberian Cerita Islami Dalam upaya Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Anak di TK-IT Khairul Imam Kecamatan Medan Johor. Journal of Islamic
Early Chilhood Education. 2(1), 31–42.
Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar ? Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148.
Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Pengetahuan Awal, Apresiasi Matematika, dan Kecerdasan Logis Matematis. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 69–73.
Jatmiko. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Pemecahan Masalah Matematika. JIPMat, 3(1), 17–20.
Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 10(1), 17–29. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098
Nurfatanah, Rusmono, & Nurjannah. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 3(2), 546–551.
Parulian, R. A., Munandar, D. R., & Ruli, R. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Bulat pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 345–354.
Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 203–210. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.35
Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28–37.
Rohaendi, S., & Laelasari, N. I. (2020). Penerapan Teori Piaget dan Vygotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa Mts Plus Karangwangi. Prisma, 9(1), 65. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.886
Rosanti, A. S., Rizal, M., & Ismaimuza, D. (2014). Pengetahuan Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Matematika Non Geometri Berdasarkan Level 2 Perkembangan Berpikir Van Hiele. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1).
Rusdi, B., Hairun, Y., & Bani, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(1), 100–109.
Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163.
Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Mathematical Representation Ability through Geogebra-Assisted Project-Based Learning Models. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012019
Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813
Setiawan, E., Jusniani, N., & Sutandi, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. PRISMA, 1(2), 21–30. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.175
Sobarningsih, N., Juariah, J., Nurdiansyah, R., Purwanti, A. R., & Kariadinata, R. (2019). Pengembangan Soal Matematika Bernuansa Islami. Jurnal Analisa, 5(2), 109–123. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5895
Suhandri, & Sari, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 131–140.
https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8255
Timutius, F., Apriliani, N. R., & Bernard, M. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX-G di SMP Negeri 3 Cimahi dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik pada Materi Lingkaran. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 305–312. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.305-312
DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2438
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 PRISMA
Prisma Indexing :Â

PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.