Hubungan antara Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Keterampilan Komputasional pada Siswa Kelas 5 SDN Jelambar 01 Pagi

Nuha Nadidah, Budhi Akbar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara hasil belajar matematika dan keterampilan komputasional di kelas 5 SDN Jelambar 01 Pagi. Metode korelasi yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel yaitu hasil belajar dan keterampilan komputasional. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai raport dan skor tes yang dilakukan dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis data korelasi pearson product moment nilai r hitung =  0,872, r tabel = 0,3172, dengan df = 26 dan hasil uji regresi menunjukkan setiap penambahan 1 nilai hasil belajar, maka nilai keterampilan komputasional bertambah 1, 425.


Keywords


Computational Skills; Learning Outcome; Primary School

References


Ansori, Miksan. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Dirasah. 3(1), 111-126.

Angeli, C., Voogt, J., Fluck, A., Webb, M., Cox, M., Malyn-Smith, J., & Zagami, J. (2016). A K-6 computational thinking curriculum framework: Implications for teacher knowledge. Educational Technology and Society, 19(3), 47–57.

Anwar, Zul. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Relawan Indonesia, 5(2), 24-32.

Alfina, Azza. (2017). Berpikir Komputasional Siswa dalam Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gender. Simki-Techsain, 1(4), 1-6.

Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). Kemampuan Numerik dan Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3).

Arviana, A., Syahrilfuddin & Antosa, Z. (2020). Analisis Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IVB SD Negeri 147 Pekanbaru. Jurnal PSN PGSD, 28-34.

Cahdriyana, R., A. & Richardo, Rino. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Literasi, 11(1), 50-56.

Dwianika, A., Roseline, C., N., Priscilia, M. & Haya, P., A. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Computational Thinking Siswa di SMP Noah. Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah, 1(1), 60-68.

Faot, M. M., & Amin, S. M. (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Hasil Belajar Siswa. MATHEdunesa, 9(1), 55–60.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi. Jurnal at-Taqaddum, 8(1), 21-46.

Ihsan, H., Sutamrin & Arwadi, F. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Berpikir Komputasi Yang Valid dan Reliabel Pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 1767-1777.

Isnaini, M., Wigati, I., & Oktari, R. (2016). Penggunaan Angka Pada Hasil Tes Tertentu Dimaksudkan untuk Mengetahui Daya Serap Siswa Setelah Menerima Materi Pelajaran. Jurnal Biota, 2(1), 82–91.

Lestari, C., A., & Annizar, A., M.,. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46-55.

Maharani, S., Asari, R., A., Nusantara, T. & Qohar, A. (2020). Computational Thinking Pemecahan Masalah di Abad Ke-21. Madiun: Wade Grup.

Mansur, R. (2018). Belajar Jalan Perubahan Menuju Kemajuan. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).

Rahmadhani, L., I., P., & Mariani Scolastika. (2021). Kemampuan Komputasional Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika SMP melalui Digital Project Based Learning Ditinjau Dari Self Efficacy. Prisma, 4(2), 289-297.

Ricardo & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188-209.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sa’diyyah, F., N., Mania, S., & Suharti. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa. 4(1), 17-26.

Supiarmo, M., G., Turmudi, & Susanti, E,. Proses Berpikir Komputasional Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship berdasarkan Self-Regulated Learning. Jurnal Numeracy.,8(1), 58-75.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2014) . Statistika Untuk Penelitian, Penerbit CV. ALFA BETA Bandung

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susnariah, Uus. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Educatio FKIP Uhamka, 6(1), 162-170.

Susyanto, D., A., (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen pada Siswa Kelas V SDN 1 Jembangan Poncowarno Kebumen. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Undang-undang No. 20. (2003). Pasal 3 tentang Tujuan Pendidikan Nasional.

Winarni, E., W. (2011). Penelitian Pendidikan. Bengkulu: Putri Media. Bahan Ajar Statistik FKIP Universitas Bengkulu. Bengkulu.

Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(2), 1-8.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.