UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD ) PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI I CUGENANG

Cahya Sunarya

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja guru dan meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII A SMP Negeri I Cugenang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek penelitian adalah guru mata pelajaran matematika SMP Negeri I Cugenang, data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data melalui (1) mereduksi data (2) menyajikan data (3) menarik kesimpulan. keabshan data dilakukan dengan pemperpanjang waktu penelitian. Triangulasi data, dan member checking. Data dianalisis dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (a) supervisi akademik meliputi perencanaan pembelajaran; (b) prinsip-prinsip supervisi akademik meliputi; praktis, objektif, kooperatif dan komprehensif. Model pembelajaran yang digunakan yaitu Cooperative Learning tipe STAD. model Cooperative Learning muncul dari konsep bahwa siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep yang sulit jika mereka saling berdiskusi dengan temanya. Siswa secara rutin  bekerja dalam kelompok untuk saling membantu memecahkan masalah yang kompleks. Tipe STAD ini merupakan salah satu tipe dari model Cooperative Learning dengan mengunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang siswa secara hieterogin.

Kata Kunci; Hasil Belajar, Matematika Model Cooperative Learning Tipe Student  Team Achievement Division (STAD)

Full Text:

PDF

References


Johnson dan Rising. 1972. Guidelines for Teaching Mathematics. California: Wadsworth Publising Company, Inc

Kindsvatter, R., W. Wile, and M. Ishler. (1996). Dynamic of Effective Teaching. London: Longman Publisher.

Kosasih, Djahiri A. (1983). Pengajaran Studi Sosial IPS. Bandung: LPPP IPS IKIP.

Robert. E Slavin. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung:Nusa Media.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v7i2.235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.