Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Program Linear ditinjau berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMA

Aisyah Nurwulan Ekadiarsi, Hikmatul Khusna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi program linier ditinjau kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah di tingkat SMA. Deskriptif kualitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Instrumen pada penelitian ini adalah Angket Kemandirian belajar, Soal tes kemampuan pemecahan masalah materi Program linear, dan wawancara. Dengan 3 siswa sebagai subjek penelitian untuk mewakili siswa kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah. Pemilihan Subjek dengan kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan analisis tabel wright map menggunakan rasch model. Subjek terpilih diberikan soal tes kemampuan pemecahan masalah materi program linear dan wawancara untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh siswa yang memiliki kemandirian belajar yang tinggi lebih memiliki kemampuan pemecahan masalah yang paling baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemandirian belajar sedang, dan rendah. Pada siswa dengan kemandirian belajar tinggi dapat memenuhi 4 indikator kemampuan pemecahan masalah dengan sangat baik serta memperoleh skor maksimal. Sedangkan pada siswa dengan kemandirian belajar sedang dan rendah hanya memenuhi 3 indikator kemampuan pemecahan masalah serta skor yang diperoleh tidak maksimal.


Keywords


kemampuan pemecahan masalah; kemandirian belajar; program linear

References


Anjarsari, W., Suchie, S., & Komaludin, D. (2021). Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. PRISMA, 10(2), 255–263. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1639

Asih, N., & Ramadhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435–446.

Fauzi, A., & Widjajanti, D. B. (2018). Self-regulated learning: The effect on student’s mathematics achievement. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012139

Heni, N., Rusilowati, A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi Siswa Smp. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.15294/upej.v9i1.38274

Holidun, H., Masykur, R., Suherman, S., & Putra, F. G. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelompok Matematika Ilmu Alam dan Ilmu-Ilmu Sosial. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 29. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2022

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528

Kristofora, M., & Sujadi, A. A. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Menggunakan Langkah Poyla Siswa Kelas VII SMP. PRISMA, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.24

Masfingatin, T., Murtafiah, W., & Krisdiana, I. (2018). Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Pemecahan Masalah Pembuktian Teorema Geometri. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 41. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.272

Muhammad, G. M., Septian, A., & Sofa, M. I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 315–326. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.140

Nurfatanah, Rusmono, & Nurjannah. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2), 546–551. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807

Prismana, R. D. E., Kusmayadi, T. A., & Pramudya, I. (2018). Analysis of Difficulties in Mathematics Problem Solving Based on Revised Bloom’s Taxonomy Viewed from High Self-Efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012063

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Development of Project-Based Blended Learning Model to Support Student Creativity in Designing Mathematics Learning in Elementary School. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90.

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.

Retnaninggalih, P. D., Trapsilasiwi, D., & Putri, I. W. S. (2021). Profil

Pemecahan Masalah SPLDV Berdasarkan Kemampuan Metakognisi Siswa Ditinjau dari Self Regulated Learning. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(1), 20. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i1.24372

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rodliyah, S. A., Zainal, A., & Syaifuddin. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah berdasarkan Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Pada Materi Aritmatika Sosial Peserta Didik Kelas Vii SMPN 5 Karangploso. Jurnal Penelitian,Pendidikan, Dan Pembelajaran, 16(12), 163–175.

Septian, A. (2022). Student’s Mathematical Connection Ability through Geogebra Assisted Project-Based Learning Model. Jurnal Elemen, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4323

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813

Setiawan, E., Jusniani, N., & Sutandi, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. PRISMA, 1(2), 21–30. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.175

Sumarni, C., & Sumarmo, U. (2016). Penalaran Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa. Edusentris, 3(3), 290–299.

Sumartini, T. S. (2016). Analisis Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Ptik Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. 5.

Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262

Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The Ability of Understanding Mathematical Concept and Self-Regulated Learning using Macromedia Flash Professional 8. Journal of Physics : Conference Series, 1657(1), 012074. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012074

Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Wati, M., Mahtari, S., Hartini, S., & Amalia, H. (2019). A Rasch Model Analysis on Junior High School Students’ Scientific Reasoning Ability. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 13(7), 141–149. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i07.10760

Widodo, S., Septianiady, & Rahayu, P. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Bermuatan Nilai Islam. PRISMA, 9(2), 192–195.

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif di Dalam Penelitian Agama. Jurnal, 4, 28–38.

Zuliyanti, P., & Pujiastuti, H. (2020). Model Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. PRISMA, 9(1), 98. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.899




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.