Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Berdasarkan Self-Confidence dan Gender

Ummi Athifah, Hikmatul Khusna

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis serta mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa berdasarkan self-confidence dan gender yang dimilikinya. Metode pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu  teknik tes dan teknik non tes berupa angket self-confidence, tes kemampuan berpikir kritis matematis, dan wawancara mendalam pada subjek penelitian. Dua instrumen yang sebelumnya telah divalidasi oleh dua ahli, yaitu dosen dan guru matematika. Subjek penelitian berasal dari satu kelas X SMAN Jakarta berdasarkan hasil pengolahan data angket dengan Rasch Model berbantu Software WinSteps, terpilih 2 orang subjek yaitu seorang dari siswa perempuan dan seorang lagi siswa laki-laki yang masing-masingnya memiliki kategori self-confidence yang sama. Selanjutnya subjek diberi tes berupa soal uraian tertulis, Kemudian jawaban tersebut dianalisis dan dilakukan wawancara. Dari Hasil penelitian ini didapatkan bahwa adalah (1) Self-confidence  pada siswa perempuan cenderung lebih tinggi dibanding siswa laki-laki, hal ini terlihat dari hasil angket oleh WinSteps  dimana tiga urutan teratas diduduki oleh siswa perempuan. (2) Dalam hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa perempuan dan siswa laki-laki tidak terdapat jauh perbedaaan dalam memenuhi setiap indikatornya. (3)  kemampuan berpikir kritis matematis yang dimiliki siswa perempuan dengan self-confidence sedang lebih baik ketimbang kemampuan kritis siswa laki-laki dengan self-confidence sedang.

Keywords


gender; kemampuan berpikir kritis matematis; self-confidence

References


Aizikovitsh-Udi, E., & Cheng, D. (2015). Developing Critical Thinking Skills from Dispositions to Abilities: Mathematics Education from Early Childhood to High School. Creative Education, 06(04), 455–462. https://doi.org/10.4236/ce.2015.64045

Andriawan, A., Setiawati, A. S., Sari, I. P., & Chotimah, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Pythagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 559. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p559-568

Budi, C. (2017). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 52.

Chukwuyenum, A. N. (2013). Impact of Critical thinking on Performance in Mathematics among Senior Secondary School Students in Lagos State. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 3(5), 18–25. https://doi.org/10.9790/7388-0351825

Denti, I., Nugraha, D. A., & Mansyur, M. Z. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Didactical Mathematics, 3(April), 33–40.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129.

https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.553

Faradillah, A., & Humaira, T. (2020). Mathematical Critical Thinking Skills Senior High School Student Based on Mathematical Resilience and Domicile. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1978–1991. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.682

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (N. Atif (ed.)). PT Refika Aditama.

Herdiman, I., Nurismadanti, I. F., Rengganis, P., & Maryani, N. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Pada Materi Lingkaran. Prisma, 7(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.213

Hidayah, F. N., Kusumaningsih, W., & Prasetyowati, D. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Belajar. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 329–338. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6477

Hidayanti, R., Alimuddin, & Syahri’, A. A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa Kelas VII.1 Smp Negeri 2 Labakkang. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(1), 71–80.

Hikmah, A., & Ardani, A. (2021). Ditinjau dari Gender Kelas V Sd Negeri Kaligiri 02 Sirampog Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dialektika P. Matematika, 8(2), 592–606.

Inayah, S., Septian, A., & Komala, E. (2021). Efektivitas Model Flipped Classroom Berbasis Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2), 138–144.

Isroila, A., Munawaroh, F., Rosidi, I., & Muharrami, L. K. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal of Natural Science Education Research, 1(1), 1–8.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157.

https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325

Junedi, B., & Sari, E. P. (2020). Penggunaan Multimedia Pembelajaran

Interaktif terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA. Prisma, 9(1), 87. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.915

Kaliky, S., & Juhaevah, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau dari Gender. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 111. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.663

Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 49–56. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2804

Men, F. E. (2017). Proses Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Pengajuan Soal Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 191–198. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.7192

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP melalui Pendekatan Open Ended. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Nugrahani, F. (2014). METODE PENELITIAN KUALITATIF.

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Kreano, 9(2), 139–148.

Nuraini, N. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi sebagai Upaya Mempersiapkan Generasi Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 89–96.

Pebianto, A., Gunawan, G., Yohana, R., & Nurjaman, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTsN Kota Cimahi pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kepercayaan Diri. Journal on Education, 1(3), 9–20.

Pebianto, A., Suhartina, R., Yohana, R., Mustaqimah, I. A., & Hidayat, W. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma Ditinjau Dari Gender. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 631. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p631-636

Peter A, F. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment. In Journal of Chemical Information and Modeling.

Priyadi, R., Mustajab, A., Tatsar, M. Z., & Kusairi, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X MIPA dalam Pembelajaran Fisika. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(1), 53. https://doi.org/10.22487/j25805924.2018.v6.i1.10020

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619

Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Pada Materi Barisan Dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1335

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif (Qualitative Data Analysis). Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81.

Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i1.282

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2(April), 1–7.

Sari, R. (2019). Matematis Siswa Dalam Model Pembelajaran Kooperatif. ResearchGate, December, 0–7.

Septian, A., Agustina, D., & Maghfirah, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 10–22. https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.652

Septian, A., Suwarman, R. F., Monariska, E., & Sugiarni, R. (2020). Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually Learning Assisted by Geogebra to Improve Student’s Mathematical Representation Skills. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012023

Sugilar, H., Farlina, E., Ariany, R. L., & Cipta, E. S. (2018). Membangun Matematika Sosial di Era Digital. PRISMA, 7(2), 177. https://doi.org/10.35194/jp.v7i2.425

Sukarno, A. P., & Mampouw, H. L. (2018). Profil Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe-Tipe Perkalian Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika Dan Gender. MATH DIDACTIC: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4(1), 34–46.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2013). Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial.

Supartinah, A., & Hidayat, W. (2021). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Prisma, 10(1), 54. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1266

Tresnawati, T., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 116–122. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.616

Utami, N. E. S., & Yonanda, D. A. (2020). Hubungan Gender Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, Smyth 2015, 144–149.

Yanti, O. F., & Prahmana, R. C. I. (2017). Model Problem Based Learning, Guided Inquiry, dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(2), 120–130. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.120-130

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif di Dalam Penelitian Agama. Jurnal, 4, 28–38.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.