Literasi Matematika Berdasarkan Self Efficacy dengan Model Flipped Classroom Menggunakan Asesmen Dinamis

Ibnu Atho'illah, Kartono Kartono, Masrukan Masrukan

Abstract


Menghadapi pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 guru harus bisa menyesuaikan pembelajaran seefektif mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi matematika siswa yang Berdasarkan self-efficacy dengan model pembelajaran flipped classroom berbantuan asesmen dinamis. Metode dalam penelitian ini menggunakan mix method dengan menggunakan design embedded concurrent. Subjek penelitian adalah enam siswa di salah satu SMP yang berada di Kutai Timur Kalimantan Timur. Validasi instrumen dinilai oleh dosen ahli literasi matematika dan asesmen dinamis, beserta guru. Instrumen penelitian berupa lembar validasi materi, beserta angket uji coba penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran literasi matematika siswa dengan model pembelajaran flipped classroom berbantuan asesmen dinamis lebih baik dari pada siswa dengan model pembelajaran problem based learning dengan pemanfaatan teknologi. Self efficacy sangat berpengaruh terhadap literasi matematika sangat signifikan begitu pula pengelompokan self efficacy tinggi, self efficacy sedang dan self efficacy rendah sangat berpengaruh terhadap literasi matematika siswa.


Keywords


literasi matematika, self efficacy, flipped classroom, asesmen dinamis

References


Al-Hroub, Anies., Whitebread, David. (2019). Dynamic Assessment for Identification of Twice-Exceptional Learners Exhibiting Mathematical Giftedness and Specific Learning Disabilities. Roeper Review, 41(2), 129-142. https://doi.org/10.1080/02783193.2019.1585396

Anjarsari, W., Suchie, S., & Komaludin, D. (2021). Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. PRISMA, 10(2), 255-263. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1639

Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Abad 21. Jurnal Prisma, 1, 364–370.

Arnawa,. & Setiawan, Dedi. (2021). Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Tingkat Computer Self-Efficacy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 34–42.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/29737/18326.

Artika, T., & Karso. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps). Jurnal Prisma.

Atho’illah, Ibnu., Kartono, & Masrukan. (2020). Mobile Android App Inventor: Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana

UNNES. 3(1) 627-632 https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/657

Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. International Society for Technology in Education.

Cevikbas, Mustafa., Kaiser, Gabriele. (2020). Flipped Classroom Asfafreform-Oriented Approach Tofteaching Mathematics. ZDM Mathematics Education, 52, 1291–1305. https://doi.org/10.1007/s11858-020-01191-5.

Creswell, J. (2017). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar Fast.

Damayanti, Herry Novis., Sutama. Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap dan Ketrampilan Belajar Matematika di SMK. Jurnal Managemen Pendidikan. 11(2) 2-8. https://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/1799/1251

Fahmy, Ahmad Faridh R., Sukestiyarno, Mariani, Scolastika. (2019). Mathematical Literacy Based On Student’s Self-Regulated Learning by Flipped Classroom with Whatsapp Module. UJMER: Unnes Journal of Mathematics Education Research. UJMER 8 (2), 125-132. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398.

Hendikawati, P., Zahid, M. Z., & Arifudin, R. (2019). Keefektifitan Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 917-927. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29308.

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Matematik Siswa. Refika Aditama.

Hidayat, M. T., Hasim, W., & Hamzah, A. (2020). Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19: Solusi atau Masalah Baru dalam Pembelajaran?. Journal Civics & Social Studies, 4(2), 47-56.

Inayah, S., Septian, A., & Komala, E. (2021). Efektivitas Model Flipped Classroom Berbasis Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2), 138–144.

Kartono,. Winarti, Endang Retno. Masrukan. (2016). International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education. The Effect of Collaborative Assessment Implementation in Cooperative Learning to Improve The Students’ Mathematical Disposition and Self Regulated Learning. IJARIIE-ISSN(O). 2 (3) 2395-4396.

Kurt, G. (2017). Implementing the Flipped Classroom in Teacher Education: Evidence from Turkey. Educational T echnology & Society, 20 (1), 211–221.

Kuswidyanarko, Arief,. Wardono,. & Isnarto. (2017). The Analysis of Mathematical Literacy on Realistic Problem-Based Learning with E-Edmodo Based on Student’s Self Efficacy. Journal of Primary Education, 6(2), 103-113. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe.

Lai, C. L., & Hwang, G. J. (2016). A Self-Regulated Flipped Classroom Approach to Improving Students’ Learning Performance in A Mathematics Course. Computers & Education, 100, 126-140.

Lo, C.K., & Hew, K.F. (2017). A Critical Review of Fipped Classroom Challenges in K–12 Education: Possible Solutions and Recommendations for Future Research. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12 (4), 1–22.

OECD, (2020). PISA Result Seacrh 2000-2008. pisadataexplorer.oecd.org.

Safa, Mohammad Ahmadi., Bahesti, Shima. (2018). Interactionist and Interventionist Group Dynamic Assessment (GDA) and EFL Learners' Listening Comprehension Development. Irian Journal of Language Teaching Research, 8, 37-56

Septian, A., Komala, E., & Komara, K. A. (2019). Pembelajaran dengan Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana.

Septian, A., & Maghfirah, D. (2021). Mathematical Literacy Skills using Google Classroom on Trigonometry. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2515–2525. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4263

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929

Ulya, M. R., Isnarto, I., Rochmad, R., & Wardono, W. (2019). Efektivitas Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Representasi Ditinjau dari Self-Efficacy. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 116-123.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Yulianti, D., S. Khanafiyah,. & P. Dwijananti. (2015). Scientific Approach Based Worksheet for Physics Used to Develop Senior High School Students Characters. Unnes International Conference on Research Innovation & Commercialization for the Better Life, 3(6), 336-342

Zamnah, Lala Naila. (2019). Implementation of Peer Instruction Flipped Classroom to Improve Self-Efficacy of Underprivileged Students. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 52(2), 69-74.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.