KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN

Indri Herdiman, Ilfa Febrina Nurismadanti, Pusparini Rengganis, Neni Maryani

Abstract


Kemampuan berpikir kritis matematik adalah keterampilan seseorang dalam  menentukan suatu keputusan atau memecahkan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal berpikir kritis matematik pada materi Lingkaran. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes berupa soal uraian, soal diberikan kepada siswa kelas IX di salah satu SMP Negeri yang berada di Kota Cimahi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebanyakan siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal nomor 2 dengan indikator  alasan dan soal nomor 5 dengan indikator tinjauan ulang dan kesimpulan. Setelah melakukan wawancara, siswa mengatakan tidak memahami konsep dan juga rumus apa yang harus digunakan dalam menyelesaikan soal. Disarankan proses pembelajaran hendaknya menggunakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, sehingga kemampuan berpikir kritis matematik dapat tercapai.

Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis matematik


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, R., & Herdiman, I. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual Ditinjau dari Gender. Jurnal Numeracy, 5(1), 19–28.

Herdiman, I. (2017). Peenerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Matematik Siswa SMP. JES-MAT, 3(2), 195–204.

Indarti, S. M. (2014). Peran Kemampuan komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung (Vol. 1, pp. 119-124).

Jayadipura, Y. (2014). Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematik. In Prosiding Seminar Nasional Matematika STKIP Siliwangi Bandung (Vol. 1, pp. 125-130).

Kurniawan, A. (2017). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Siswa SMP. Skripsi STKIP Siliwangi Bandung: tidak diterbitkan

Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 7(1), 52–56. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI

Sudiyasa, I. W. (2015). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung Vol. 1 Hlm. 157-160.

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, M., & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write). Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(1), 17–33. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v17i1.228

Sunaryo, Y. (2013). Tasikmalaya, Model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa sma di kota. (Doctoral dissertation, Universitas Terbuka).

Susilawati, W. (2014). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: Insan Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.