Analisis Minat Belajar Siswa Kelas VIII pada Sub Materi Kubus dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan Software GeoGebra

Yashinta Ameliana, Tina Rosyana, Ratni Purwasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar siswa pada sub materi kubus menggunakan pendekatan saintifik berbantuan sofware GeoGebra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan sampel sebanyak 10 orang siswa kelas VIII. Teknik pengambilan data menggunakan Angket Skala Minat Belajar Siswa dengan 10 butir pernyataan terdiri dari pernyataan positif dan negatif dengan jumlah yang seimbang. Instumen tes yang digunakan adalah Lembar Kerja Peserta Didik dengan langkah-langkah saintifik. Hasil analisis data menunjukkan minat belajar siswa pada sub materi kubus menggunakan pendekatan saintifik berbantuan software GeoGebra memiliki hasil yang sangat positif dengan rata-rata respon siswa menunjukkan kategori sangat positif yaitu sebesar 82%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa pembelajaran matematika dengan berbantuan software GeoGebra memperoleh hasil positif dalam meningkatkan minat belajar siswa SMP Kelas VIII.


Keywords


bangun ruang sisi datar; GeoGebra; minat belajar; pendekatan saintifik

References


Chronika, A., Manalu, S., Jumiati, Y., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Persamaan Garis Lurus Berbantu Aplikasi Geogebra. Journal on Education, 02(01), 63–69.

Elvi, M., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Software Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 80–91. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.80-91

Fitriana, R., Rinaldi, A., & Suherman, S. (2021). Geogebra pada Aplikasi Sigil sebagai Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika. PRISMA, 10(1), 106–120. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1118

Hanipa, A., Misbahudin, A. R., Setiawan, W., & Barat, J. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Mts Kelas VIII dalam Pembelajaran Matematika melalui Aplikasi Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajarn Matematika Inovatif), 2(5), 315–322.

Harini, E., & Taufiq, I. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap Perkuliahan Online di Masa Pandemi Covid-19. PRISMA, 10(1), 44–53. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1121

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). hard skills dan soft skills matematik siswa (N. Atif (ed.)). PT Refika Aditama.

Herlina, N., Fitriah, A., & Setiawan, W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar melalui Aplikasi Geogebra Siswa SMP di Bandung Barat. Journal on Education, 1(3), 471–477.

Khoirunnisa, S., Sulhan, Kalsum, U., Timbu, D. L., Ngongo, O. B., & Ambarawati, M. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar. Prismatika,IKIP Budi Utomo,Malang, 2(2), 21–32.

Kurniawan, D. (2020). Pendekatan Scientific Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Mathematical Problem Solving. 1, 75.

Lestari, I., Khotimah, K., & Ningsih, E. F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Program Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 49.

https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5270

Mira, R., Saragih, B., Matondang, K., & Wati, N. (2021). Respon Siswa MTs Swasta Al-UMM terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Corona. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1729–1738.

Monariska, E., Jusniani, N., & Sapitri, N. H. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine. PRISMA, 10(1), 130. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1228

Muhammad, G. M., Septian, A., & Sofa, M. I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 315–326. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.140

Nurhayati, L., Setiawan, W., & Matematika, P. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa SMA pada Materi Program Linier Berbantuan Aplikasi Geogebra. Journal on Education, 2(1), 1–8.

Parlina, M., Septian, A., & Inayah, S. (2021). Students’ Mathematical Problem Solving Ability Using the Kaizala Application Assisted E-Learning Learning Model. Jurnal Padegogik, 4(2), 23–31. https://doi.org/https://doi.org/10.35974/jpd.v4i2.2528

Puspita, T., & Fauziah, I. R. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa SMP Kelas VIII di Kota Bandung terhadap Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 1(2), 174-178.

Putrawan, A., & Suharta, M. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Scientific Berbantuan Geogebra Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika Ganesha, 3(1), 103140.

Rahmawati, N. S., Bungsu, T. K., Islamiah, I. D., & Setiawan, W. (2015). Analisis Minat Belajar Siswa MA Al-Mubarok. Journal on Education, 1(3), 386–395.

Rizqi, M. (2019, February). Pengembangan Modul dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 330-336).

Rohmah, W. N., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Materi Bangun Ruang Ditinjau Gaya Kognitif Siswa Menengah Pertama. PRISMA. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1043

Ruseffendi, E. . T. . (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. 2001, 8410092.

Safitri, S., Nursyamsiah, G., Setiawan, W., & Belakang, L. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Mts dalam Geogebra. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 111–116.

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Geogebra in Integral Areas to Improve Mathematical Representation Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613, 012035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035

Septian, A., & Monariska, E. (2021). The Improvement of Mathematics Understanding Ability on System of Linear Equation Materials and Students Learning Motivation using Geogebra-Based Educational Games. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 371–384. https://doi.org/10.24042/ajpm.v12i2.9927

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika : Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. PRISMA, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929

Vermani, P. ., Arora, K., & Syamsuardi. (2019). MATEMATIKA untuk SMP Kelas VIII (L. D. Anggiruling (ed.); Pertama). Oktober 2019.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.