Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa

Laili Nurul Hidayah, Widya Kusumaningsih, Nurina Happy

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SMP Negeri 6 Pati pada Semester Genap TA 2021/2022. Subjek penelitian diambil dari kelas VIIIB dan secara purposive terpilih delapan subjek yang memiliki karakteristik cara berpikir tipe Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Acak Konkret (AK), dan Acak Abstrak (AA). Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode angket, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dengan menguji kredibilitas data yang didapatkan melalui beberapa sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) subjek tipe SK mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah, (2) subjek tipe SA mampu memenuhi indikator memahami dan merencanakan penyelesaian, (3) subjek tipe AK hanya mampu memenuhi indikator memahami masalah, dan (4) subjek tipe AA belum mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah.


Keywords


karakteristik cara berpikir; kemampuan pemecahan masalah

References


Ainnur, D. F., Triyanto & Pambudi, D., (2017). Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Menyeleaikan Soal Peluang Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematik UNS.

Amalia, A., Happy, N., & Purwosetiyono, F. D. (2021). Profil Kemampuan Representasi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 15-28.

Annisa, R., Roza, Y & Maimunah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 481-490.

BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan

Menengah: Jakarta: BSNP, p. 139.

Fatimah, R. N., Kariadinata, R., Susilawati, W., Jihad, A., Fauziah, I. N., Solihatunnisa, L., ... & Sugilar, H. (2019). Teknik Probing-Promting Scaffolding Pada Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 8(2), 146-159. https://doi.org/10.35194/jp.v8i2.584

Geary, D.C. (2004). Mathematics and learning disabilities. Jurnal of Learning Disabilities, 37(1), 4-15.

Hadi, S. & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1).

Happy, N., Alfin, Z. F., & Handayanto, A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dengan Gaya Kognitiff Reflektif Pada Materi Segiempat Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2), 129-140.

Happy, N., Endahwuri, D., & Chakim, M. M. L. (2020). Mathematics critical and creative thinking skill of student to solve Numerical Methods problems based on strength typology. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1663, No. 1, p. 012022). IOP Publishing.

In'am, A. (2014). The Implementation of the Polya Method in Solving Education Geometry Problem. International Education Studies, 7(7): 149-159.

Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 10(1), 17-29. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098

Lambertus. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi dan Representasi Matematis Siswa SMP. Disertasi. Bandung: FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Masrifah, M., Happy, N., & Setyowati, R. D. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Visual. Euclid, 7.1: 1-11.

Muhtarom, M., Happy, N., Nursyahidah, F., & Casanova, A. (2019). Pre-Service Teacher’s Beliefs and Knowledge about Mathematics. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 101-110.

Nihayah, E. F. K. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 80–94.

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rambah Samo pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 14-31.

Parlina, M., Septian, A., & Inayah, S. (2021). Students’ Mathematical Problem Solving Ability Using the Kaizala Application Assisted E-Learning Learning Model. Jurnal Padegogik, 4(2), 23–31. https://doi.org/https://doi.org/10.35974/jpd.v4i2.2528

Polya, G. (1973). How to Solve it. New Jersey: Princeton University Press.

Porter, D. & Hernacki, M. (2004). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Santi, A. N. (2010). Karakteristik Cara Berpikir Matematika SMA Menurut De Porter dan Hernacki pada Materi Bentuk Akar dan Pangkat Pecahan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Sari, R., & Wijaya, A. (2017). Mathematical literacy of senior high school students in Yogyakarta. Jurnal Riset Penidikan Matematika, 4(1), 100-107.

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. PRISMA, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438

Setiani, A., Lukman, H. S., & Suningsih. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. PRISMA, 9(2), 128-135. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.958

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suningsih, A., Kusmayadi, T. A. & Riyadi. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW dan TPS pada Persamaan Garis Lurus ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Pringsewu. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika.

Utami, R. W. & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.

Vendiageys, L., Junaedi, I. & Masrukan. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe TIMSS Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research.

Zuliyanti, P., & Pujiastuti, H. (2020). Model Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. PRISMA, 9(1), 98-107. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.899




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.