Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Materi Relasi & Fungsi Kelas VIII

Palendra Palendra, Zetriuslita Zetriuslita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berdasarkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP N 5 Siak Hulu yang valid. Perangkat pembelajaran merupakan komponen dasar/panduan yang harus disiapkan oleh pendidik untuk melaksanakan pembelajaran. Perangkat yang dikembangkan berbentuk (RPP) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan (LKPD) Lembar Kerja Peserta Didik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borg & Gall (2003) yang di modifikasi menjadi tiga tahap yaitu: (1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) Perencanan (3) Pengembangan format produk awal. Pada model Borg & Gall (2003) peneliti tidak menggunakan tahapan lainnya dikarenakan pada saat sekarang masih dalam suasana pandemi Covid-19. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif yang mendeskripsikan data yang telah terkumpul akan diuji tingkat kevalidannya. Validasi perangkat pembelajaran dilakukan oleh 4 validator yang terdiri dari 2 orang dosen pendidikan matematika Universitas Islam Riau dan 2 orang guru mata pelajaran matematika SMP N 5 Siak Hulu. Hasil data yang didapat dari validasi perangkat pembelajaran dari validator kemudian dianalisis. Dari hasil penelitian diperoleh hasil validasi RPP rata-rata  83,57% termasuk kedalam kategori valid. Begitu juga dengan hasil validasi LKPD rata-rata dengan nilai 82,81% termasuk kategori valid. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat berdasarkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP N 5 Siak Hulu yang teruji kevalidannya dan layak diuji cobakan.

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI), RPP, dan LKPD.


Keywords


pengembangan perangkat

References


Agung Hartono, J. A. P. (2013). Pembelajaran Kooperatif GI ( Group Investigation ) Pada Standar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 653–659.

Borg & Gall. (2003). Education Research. New York : Allyn and Bacon.

Dedek Andrian, Astri Wahyuni, Syarul Ramadhan, Fini Rezy Enabela

Novilanti, & Zafrullah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil Belajar, Sikap Sosial, dan Motivasi Belajar. INOMATIKA, 2(1), 65–75. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i1.163

Defniati, H., Zetriuslita, Z., & Indriati, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII1 SMP Negeri 20 Pekanbaru. Instructional Development Journal, 2(1),

https://doi.org/10.24014/idj.v2i1.7871

Gaspersz, M., & Salamor, R. (2021). Pembelajaran Grup Investigasi Berbantuan SPSS Pada Mata Kuliah Statistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Concept Matematis Mahasiswa FKIP. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 26–34. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page26-34

Herlina, S., Zetriuslita, Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., Amelia, S., & Widiati, I. (2021). Pelatihan Desain LKPD dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter Positif Bagi Guru-guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal.

Herlina, S., Zetriuslita, Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., & Widiati, I. (2021). Community Education Engagement Journal. 2(2), 27–34.

Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus dan Balok. PRISMA, 8(1), 68. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.648

Nufus, H., & Ariawan, R. (2019). Relationship between Cognitive Style and Habits of Mind. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML). https://doi.org/10.29103/mjml.v2i1.2128

Putri, R. A., Istikomah, E., Sthephani, A., & Zetriuslita. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Problem Posing Model Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 8(1), 21–31.

Revita, R. (2017). VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 15. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i1.3425

Rizkiani, A., & Septian, A. (2019). Kemampuan Metakognitif Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ). UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275–284.

Sari, N., Rezeki, S., & Ariawan, R. (2019). Materi Himpunan Terintegrasi Keislaman : Sebuah Studi Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Model Problem Based Learning. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 53–60.

Septian, A., Inayah, S., & Pelani, J. I. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Bangun Datar. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 97–107. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.697

Setyosari, P. (2016). Educational Research & Development Methods (Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan). In Jakarta: Prenadamedia Group.

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning (Riset dan Praktik). In Nusa Media.

Subekti, H. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains SMP Berorientasi Pendidikan Berkarakter Dengan Model Kooperatif Pada Materi Sensitifitas Indera Peraba. Proceeding of The 4 Th International Confrence on Teacher Education, (November), 8–10.

Sugiarni, R., & Ifanda, A. R. (2020). Peningkatan Keaktifan Mahasiswa pada Perkuliahan Sejarah dan Filsafat Matematika melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. PRISMA, 9(1), 57. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.387

Sugiyono. (2017). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi. In Metodelogi Penelitian (pp. 147–148).

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. PRISMA, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929

Widyasari, I., Zetriuslita, Istikomah, E., & Herlina, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dikelas VIII SMP. 8(1), 61–71.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.