Efektifitas Pendekatan Visual-Auditori-Kinestetik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggriani, A., & Septian, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kebiasaan Berpikir Siswa Melalui Model Pembelajaran IMPROVE. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(2), 105. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i2.4550
Auliana, N. (2017). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi statistika ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, kinestetik (VAK). Simki-Techsain, 01(06), 2–8.
Daimaturrohmatin, D., & Rufiana, I. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar Kolb. EDUPEDIA. https://doi.org/10.24269/ed.v3i1.232
Dewimarni, S. (2017). Kemampuan Komunikasi Dan Pemahaman Konsep Aljabar Linier Mahasiswa Universitas Putra Indonesia ‘YPTK’ Padang. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 53–62. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.763
F. Hermawan, E. R. W. (2015). Komparasi Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Antara Pembelajaran Savi Dan Vak Dengan Pendekatan Saintifik. Unnes Journal of Mathematics Education., 4(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i1.7440
Faturahman, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Penerapan Pendekatan Visual – Auditori – Kinestetik (VAK). 1(1), 57–63.
Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematik, Kemampuan dan Berpikir Kritis, serta Disposisi Matematik Eksperimen terhadap Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Hidayat, W., & Sumarmo, U. (2013). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Logis Matematik serta Kemandirian Belajar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1–14.
Husna, M. Ikhsan, S. F. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Peluang.
Komala, E., & Sarmini, S. (2020). Kemampuan Representasi Simbolik Matematik Siswa SMP Menggunakan Blended Learning. PRISMA, 9(2), 204. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1078
Maryati, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika.
Maulana, I. T., & Hary, R. D. (2019). Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Diklat Instalasi LAN Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. 2, 196–201.
Monariska, E., Jusniani, N., & Sapitri, N. H. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine. PRISMA, 10(1), 130. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1228
Nurhasanah, R. A., Waluya, & Kharisudin, I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Nuryanti, S., Saepudin, E., Hutajulu, M., & Herdiana, H. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. PRISMA, 8(1), 36. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.381
OECD. (2003). The PISA 2003 Assessment Framework: Mathematics, Reading, Science and Problem Solving Knowledge and Skills. Paris: Author.
Prayitno, S., Suwarsono, & Siswono, T. Y. (2013). Identifikasi Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang pada Tiap_Tiap Jenjangnya. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika V. Universitas Negeri Malang Tanggal 27-30 Juni 2013.
Rahmawati, A., & Nisak, Z. (2020). The Relationship of Student ’ s Algrebraic Thinking and Cognitive Learning Style. 3(2), 70–77.
Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1), 225–238.
Sari, I. P. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 6 Wajo Pada Materi Statistika Communication Ability of Mathematics Based on Differences Students Learnig Styles Class X Sma Negeri 6 Wajo on Statistics Subject. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(2), 86–92.
Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Mathematical Representation Ability through Geogebra-Assisted Project-Based Learning Models. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012019
Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. PRISMA, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438
Soleh, E. R. A., Setiawan, W., & Haqi, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning. PRISMA, 9(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.798
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Peoblematika Pembelajaran. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV. MAJU.
Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis
dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2
DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.1881
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 PRISMA
Prisma Indexing :Â

PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.