Efektifitas Pendekatan Visual-Auditori-Kinestetik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Dede Mulyani

Abstract


Pentingnya kemampuan komunikasi dalam era digitalisasi sekarang ini, menuntut semakin diperlukannya pembelajaran yang mampu memberikan peningkatan pada kemampuan tersebut, khususnya pada komunikasi matematis siswa. Melalui penerapan pendekatan Visual, Auditori, Kinestetik (VAK), siswa memiliki pengalaman untuk memaksimalkan potensi visualisasi, auditori, dan kinestetiknya. Adapun permasalahan yang dirumuskan pada riset ini yakni: a) Apakah pendekatan VAK dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, b) Bagaimanakah aktivitas siswa saat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan VAK, c) Bagaimanakah sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan VAK. Riset ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pendekatan Visual, Auditori, Kinestetik (VAK), pada pokok bahasan peluang serta guna melakukan peningkatan pada ketuntasan pada hasil belajar siswa. Riset ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siswa kelas XII TKJ 3 pada SMKN 1 Panyingkiran, Kab. Majalengka menjadi subjek dalam riset ini. Didasarkan hasil analisa data diperoleh: secara klasikalnya di siklus 1 ketuntasannya menyentuh angka 62,00%. Siklus 2 tercapai 80,00%, siklus 3 mencapai 82,50%, serta siklus 4 mencapai 92,5%. Hal tersebut mengartikan bahwa hasil belajar siswa meningkat 30,5%, yaitu pada hasil siklus 1 yang hanya  62,00% yang pada siklus 4 berhasil menyentuh angka 92,50%, berdasarkan hasil tersebut bisa dikatakan tuntas. b) hasil dari aktifitas siswa saat melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan VAK meningkat dan membaik. c) Hasil dari observasi sikap siswa dalam pembelajran dengan pendekatan VAK menunjukkan sikap yang cenderung lebih baik. Adapun kesimpulannya dalam riset ini yakni dengan diterapkannya pendekatan VAK, siswa mengalami peningkatan prestasi belajar matematika, aktifitas, dan sikap dalam melaksanakan pembelajaran sangat baik.

Keywords


Visualisasi, Auditori, Kinestetik, Komunikasi Matematis

References


Anggriani, A., & Septian, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kebiasaan Berpikir Siswa Melalui Model Pembelajaran IMPROVE. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(2), 105. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i2.4550

Auliana, N. (2017). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi statistika ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, kinestetik (VAK). Simki-Techsain, 01(06), 2–8.

Daimaturrohmatin, D., & Rufiana, I. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar Kolb. EDUPEDIA. https://doi.org/10.24269/ed.v3i1.232

Dewimarni, S. (2017). Kemampuan Komunikasi Dan Pemahaman Konsep Aljabar Linier Mahasiswa Universitas Putra Indonesia ‘YPTK’ Padang. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 53–62. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.763

F. Hermawan, E. R. W. (2015). Komparasi Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Antara Pembelajaran Savi Dan Vak Dengan Pendekatan Saintifik. Unnes Journal of Mathematics Education., 4(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i1.7440

Faturahman, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Penerapan Pendekatan Visual – Auditori – Kinestetik (VAK). 1(1), 57–63.

Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematik, Kemampuan dan Berpikir Kritis, serta Disposisi Matematik Eksperimen terhadap Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Hidayat, W., & Sumarmo, U. (2013). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Logis Matematik serta Kemandirian Belajar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1–14.

Husna, M. Ikhsan, S. F. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Peluang.

Komala, E., & Sarmini, S. (2020). Kemampuan Representasi Simbolik Matematik Siswa SMP Menggunakan Blended Learning. PRISMA, 9(2), 204. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1078

Maryati, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika.

Maulana, I. T., & Hary, R. D. (2019). Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Diklat Instalasi LAN Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. 2, 196–201.

Monariska, E., Jusniani, N., & Sapitri, N. H. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine. PRISMA, 10(1), 130. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1228

Nurhasanah, R. A., Waluya, & Kharisudin, I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Nuryanti, S., Saepudin, E., Hutajulu, M., & Herdiana, H. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. PRISMA, 8(1), 36. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.381

OECD. (2003). The PISA 2003 Assessment Framework: Mathematics, Reading, Science and Problem Solving Knowledge and Skills. Paris: Author.

Prayitno, S., Suwarsono, & Siswono, T. Y. (2013). Identifikasi Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang pada Tiap_Tiap Jenjangnya. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika V. Universitas Negeri Malang Tanggal 27-30 Juni 2013.

Rahmawati, A., & Nisak, Z. (2020). The Relationship of Student ’ s Algrebraic Thinking and Cognitive Learning Style. 3(2), 70–77.

Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1), 225–238.

Sari, I. P. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 6 Wajo Pada Materi Statistika Communication Ability of Mathematics Based on Differences Students Learnig Styles Class X Sma Negeri 6 Wajo on Statistics Subject. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(2), 86–92.

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Mathematical Representation Ability through Geogebra-Assisted Project-Based Learning Models. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012019

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. PRISMA, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438

Soleh, E. R. A., Setiawan, W., & Haqi, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning. PRISMA, 9(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.798

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Peoblematika Pembelajaran. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV. MAJU.

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis

dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.1881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.