Respon Mahasiswa terhadap Perkuliahan Berbasis Projek dalam Upaya Penguatan Program Kewirausahaan

Aan Hasanah, Dadang Juandi, Cece Kustiawan

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap perkuliahan kewirausahaan berbasis projek. Metode deskriptif kuantitatif digunakan pada data hasil survey  terhadap mahasiswa yang pernah mengikuti perkuliahan kewirausahaan  di FPMIPA UPI  pada tahun 2021 yang terdiri dari 35 responden laki-laki dan perempuan, diambil dengan cara penyampelaan bertahap (multi-stage sampling). Instrumen berupa angket terdiri dari 50 pernyataan, 19 pernyataan digunakan untuk mengungkap respon yang berkaitan dengan aspek proses perkuliahan dan 31 pernyataan digunakan untuk mengungap respon terkait aspek sikap mahasiswa. Hasil studi menunjukkan bahwa secara umum respon mahasiswa dalam aspek proses dan aspek sikap terhadap perkuliahan kewirausahaan berbasis projek berada dalam kategori memuaskan. Mahasiswa laki-laki dan perempuan memberikan respon dalam kategori yang tidak berbeda. Respon terhadap pernyataan yang berkaitan dengan proses perkuliahan berbasis projek adalah sangat memuaskan, dan lebih baik daripada respon terhadap pernyataan yang berkaitan dengan sikap yang berada dalam kategori memuaskan. Respon paling buruk diberikan terhadap pernyataan yang berkaitan dengan keberlanjutan projek kewirausahaan. Respon terbaik diberikan pada pernyataan bahwa pengembangan kewirausahaan dalam dunia pendidikan memiliki banyak tantangan.


Keywords


Kewirausahaan; proyek; respon; proses; sikap

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2020. Keadaan Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2020. Tersedia: https://www.bps.go.id/pressrelease/ Agustus 2020

Borg, W.R., & Gall, M.D., (1989), Education Research: An Introduction (Fifth ed.). New York: Longman.

Buchholz, R. A., et al, 2005, The Spirit of Entrepreneurship and The Qualities of Moral Decision Making: Toward A Unifying Framework, Journal of Business Ethics, 60:307—315, DOI 10.1007/s10551-005-0137-0.

Crea, E., A., Mc., 2010, Integrating Service-Learning Into an Introduction to Entrepreneurship Course, Journal of Management Education, Vol. 34, Iss.1, pp. 39—61.

Direktorat Tenaga Kependidikan, Ditjen peningkatan Mutu, 2008, Penulisan Modul, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2009. Pedoman Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Dikti. Jakarta: Direktorat Kelembagaan.

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat. 2020. Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi. Jakarta : Dirjenristekdikti.

Gay, L.R., 1981, Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Colombus, OH: Charles E. Merill.

Ilmu Ekonomi. (2016, 6 October). Pengertian dan Tujuan SDGs (Sustainable Development Goals). Retrieved January 6, 2019. From https://www.ilmu-ekonomi-id.com/2016/10/pengertian-dan-tujuan-sdgs-sustainable-development-goals.html

Ihsan, M. (2018, 1 November). Bisnis Ingin Moncer, Ikuti SDGs. Retrieved January 6, 2019. From https://www.wartaekonomi.co.id/read201743/bisnis-ingin-moncer-ikuti-sdgs.html

Jehanzeb, 2013, Training and Development Program and Its Benefits to Employee and Organization: A Conceptual Study, European Journal of Business and Management, Vol. 5, no. 2, pp. 243—252.

Kasih, Y. 2013. Mewujudkan Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi Melalui Proses Pembelajaran yang Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah MDP. Vol 2. No. 2 Maret 2013.

Meredith, G. G. 1993. Kewirausahaan Teori dan Praktik, Seri Manajemen No. 97. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Murdjianto & Wahid, A. 2006. Membangun Karakter dan Kepribadian Kewirausahaan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Rencana Strategis UPI 2021-2025

Salim, S. 1995. Kewirausahaan Indonesia Dengan Semangat 17-08-45. Jakarta: Puslatpenkop Departemen Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil.

Siswo,W. 2012. Pelaksanaan Pendidikan Kewirausahan di Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 18 No. 4 tahun 2012.

United Nations. (2018, September 5). Why the SDGs Matter. Retrieved January 6, 2019. From https://www.un.org/sustainabledevelopment/why-the-sdgs-matter/

United Nations. (2017). Making Global Goals Local Business: A New Era for Responsible Business. Retrieved January 6, 2019. From https://www.unglobalcompact.org/library/4321

United Nations. (2015). Sustainable Development Goals. Retrieved January 6, 2019. From https://sustainabledevelopment.un.org/sdgs

United Nations – Industrial Development Organization. (2015). WEIF 2017 – Entrepreneurship and innovation are essential to achieve the Sustainable Development Goals. Retrieved January 6, 2019. From https://www.unido.org/news/weif-2017-entrepreneurship-and-innovation-are-essential-achieve-sustainable-development-goals




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.