Pendekatan Pembelajaran Open Ended terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP

Giyarti Giyarti

Abstract


Kemampuan pemahaman matematis artinya materi yang diajarkan kepada siswa bukan hanya sebagai hapalan, namun lebih dari itu dengan pemahaman siswa dapat lebih mengerti akan konsep materi pelajaran itu sendiri. Dalam kenyataannya kemampuan pemahaman matematis ini kurang mampu dimaksimalkan dalam pencapaiannya di sekolah, termasuk di SMP Negeri 2 Mande. Salah satu pendekatan yang mampu mengoptimalkan kemampuan pemahaman matematis siswa adalah pendekatan open ended. Pendekatan open ended menyajikan problem yang diformulasikan memiliki multijawaban yang benar disebut juga problem tak lengkap atau soal terbuka. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa: terdapat pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang lebih baik dari siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan open ended  daripada siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan konvensional, hampir seluruhnya siswa memiliki sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan open ended, terdapat korelasi positif antara sikap sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan pendekatan open ended dengan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa. Berdasarkan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan pembelajaran open ended berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis.


Keywords


kemampuan pemahaman matematis; pendekatan open ended

Full Text:

PDF

References


Budiman, H. (2019). Mengukur kemampuan berpikir reflektif matematis mahasswa pada materi diferensiasi dan integrasi numerik. PRISMA, 8(1), 58–67. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.380

Dewi, P. S. (2018). Efektivitas pendekatan open ended ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis. PRISMA, 7(1), 11–19. https://doi.org/https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.340

Dini, M., Nuraeni, N., & Anita, I. W. (2018). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMK menggunakan pendekatan kontekstual pada materi SPLTV. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 49. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2218

Ekici, D. I. (2017). The use of Edmodo in creating an online learning community of practice for learning to teach science. Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 5(2), 91–106.

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan literasi matematis siswa melalui model pembelajaran problem based instruction. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398.

Komala Sari, F., Syazali, M., & Farida. (2016). Pengembangan media pembelajaran (modul) berbantuan Geogebra pokok bahasan turunan. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135–151.

Krawec, J. L. (2014). Problem representation and mathematical problem solving of students of varying math ability. Journal of Learning Disabilities, 47(2), 103–115. https://doi.org/10.1177/0022219412436976

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Monariska, E. (2017). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah kalkulus I. PRISMA, 6(1), 17–31. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.25

Muhammad, G. M. (2017). Analisis kemampuan penalaran matematis mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar II (teori gelanggang). PRISMA, 6(1). https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.29

Rahmi, M., Usman, & Subianto, M. (2020). First-grade junior high school students’ mathematical connection ability. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012003

Rizkiani, A., & Septian, A. (2019). Kemampuan metakognitif siswa SMP dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistic mathematics education ( rme ). UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275–284.

Rohaendi, S., & Laelasari, N. I. (2020). Penerapan teori piaget dan vygotsky ruang lingkup bilangan dan aljabar pada siswa Mts Plus Karangwangi. Prisma, 9(1), 65. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.886

Sari, J., & Hayati, F. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa smp pada materi kubus dan balok. Pi: Mathematics Education Journal, 2(1), 14–25. https://doi.org/10.21067/pmej.v2i1.2838

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Geogebra in integral areas to improve mathematical representation ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1), 012035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035

Sudiarta, I. G. P., Sukajaya, I. N., & Suharta, I. G. P. (2018). Investigation on students’ mathematical online discussion: A case study in grade 8 SMPN 1 Denpasar. Journal of Physics: Conference Series, 1040(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012031

Suwarman, R. F. (2018). Analisis tingkat kemampuan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah pemrograman komputer. PRISMA, VII(2), 227–237.

Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The ability of understanding mathematical concept and self-regulated learning using macromedia flash professional 8. Journal of Physics : Conference Series, 1657(1), 012074. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012074

Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMK pada materi trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28–39. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8566

Widodo, S., & Kartikasari, K. (2017). Pembelajaran pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar dengan model creative problem solving (CPS). PRISMA, 6(1), 57–65. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.28

Zengin, Y. (2019). Development of mathematical connection skills in a dynamic learning environment. Education and Information Technologies, 24(3), 2175–2194. https://doi.org/10.1007/s10639-019-09870-x




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.