Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Interpolasi Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman

Erwan Setiawan, Nia Jusniani, Andi Sutandi

Abstract


Interpolasi merupakan salah satu metode numerik yang digunakan untuk memprediksi suatu nilai data yang tidak diketahui. Materi interpolasi sangat penting dikuasai dengan baik oleh mahasiswa, terutama untuk menunjang kegiatan penelitian dalam pengerjaan tugas akhir. Untuk mengetahui efektifitas dalam pembelajaran interpolasi di masa pandemi ini maka salah satu caranya perlu dilakukan analisis kesalahan. Melalui analisis kesalahan, dosen mengetahui bentuk-bentuk kesalahan yang paling sering dilakukan mahasiswa, sehingga dapat dijadikan pertimbangan untuk menerapkan strategi pembelajaran yang lebih efektif. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui analisis hasil jawaban mahasiswa terhadap soal Ujian Tengah Semester. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Suryakancana yang mengampu mata kuliah metode numerik tahun akademik 2020 - 2021. Jumlah mahasiswa yang menjadi subjek penelitian sebanyak 20 orang. Hasil dari penelitian ini adalah kesalahan keterampilan proses merupakan bentuk kesalahan yang paling sering dilakukan mencapai 71% berdasarkan tahap analisis kesalahan Newman. Pada kelompok yang memiliki kemampuan pemecahan masalah rendah bentuk kesalahan yang paling sering dilakukan adalah kesalahan memahami permasalahan, pada kelompok sedang adalah kesalahan keterampilan proses, dan pada kelompok tinggi adalah kesalahan penulisan jawaban.

Keywords


interpolasi; analisis kesalahan newman; kemampuan pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Darminto, B. P. (2019). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan non-linear berdasarkan teori newman. Prosiding Sendika, 5(1), 1–5.

Firdaus, H. P. E. (2017). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya belajar. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP) II, 501–511. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ganik Wahyuningtias Sunardiningsih, Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan analisis newman. Rainstek: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 1(2), 41–45.

Geetha, N. K., & Sekar, P. (2017). Numerical Methods – Engineering Applications. International Journal of ChemTech Research, 10(10).

Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh kemampuan pemahaman konsep, kemampuan komunikasi dan koneksi terhadap kemampuan pemecahan masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1).

Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2019). KEMAMPUAN komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal geometri kubus dan balok. PRISMA, 8(1), 68. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.648

Islamiyah, A. C., Prayitno, S., & Amrullah. (2018). Analisis kesalahan siswa SMP pada penyelesaian masalah sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 66–76.

Karnasih, I. (2015). Analisis kesalahan newman pada soal cerita matematis. Jurnal PARADIKMA, 8(April), 37–51.

Ketterlin-Geller, L. R., & Yovanoff, P. (2009). Diagnostic assessments in mathematics to support instructional decision making. In Practical Assessment, Research & Evaluation (Vol. 14).

Munir, R. (2015). Metode Numerik (Revisi 4). Bandung: INFORMATIKA.

Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis kesalahan siswa materi bilangan pecahan berdasarkan teori newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3). https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795

Prakitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of mathematics performance of grade five students in Thailand using newman procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1).

Rismawati, M., & Asnayani, M. (2019). Analisis kesalahan konsep siswa dalam menyelesaikan soal ulangan matematika dengan metode newman. J-PiMat, 1(2), 69–78.

Rohmah, W. N., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis materi bangun ruang ditinjau gaya kognitif siswa menengah pertama. PRISMA. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1043

Sari, L. N. I., Ferdiani, R. D., & Yuwono, T. (2018). Analisis kesalahan dalam menyelesaiakan soal cerita berdasarkan teori newman. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(3), 100–106.

Susiaty, U. D., & Haryadi, R. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan di kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(2), 239. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i2.1574

Suyitno, A., & Suyitno, H. (2015). Learning therapy for students in mathematics communication correctly based-on application of newman procedure (a case of Indonesian student). International Journal of Education and Research, 3(1).

Toha, M., Mirza, A., & Ahmad, D. (2018). Analisi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan di kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1).

Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMK pada materi trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28–39. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8566

Zuliyanti, P., & Pujiastuti, H. (2020). Model contextual teaching learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Prisma, 9(1), 98. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.899




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.